Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Oppo Find X: Kembalinya Flagship Tiongkok dengan Desain Cantik

Setelah menjadi pembicaraan sana-sini di dunia per-gadget-an, akhirnya Oppo secara resmi meluncurkan Oppo Find X. Flagship smartphone yang diluncurkan pada 19 Juni 2018 kemarin di Paris, Perancis ini membawa sejumlah kejutan yang sebelumnya kita tidak temui di Oppo seri lainnya. Tidak hanya membawa spesifikasi kelas atas dan pengisian daya super cepat VOOC, Oppo juga menghadirkan smartphone ini dengan desain yang cantik dan mekanisme kamera yang unik.

Gambar dari theverge.com.

Sebagai pembuka, Oppo Find X memiliki mekanisme kamera belakang dan depan yang unik. Jika Vivo Nex S memiliki kamera depan yang keluar dari sisi atas perangkat secara mekanik, maka Find X datang dengan mekanisme slider, yakni modul kamera belakang maupun depan akan keluar dari sisi atas secara mekanik menyerupai sebuah ponsel yang dikeluarkan dari "sarung"-nya. Hal ini dibuat secara sengaja, agar bagian layar seluas 6,4 inci berjenis OLED beresolusi Full HD+ pada sisi depan perangkat ini memiliki rasio screen-to-body yang tinggi, yakni 92,25%. Bisa dibilang bezel-nya  begitu tipis, bahkan bagian "dagu" yang biasanya terdapat di bawah layar juga terlihat sangat tipis.

Mekanisme slider ini juga membuat sisi belakang dari Oppo Find X terlihat sangat minimalis. Hanya ada sebuah logo "OPPO" saja yang terlihat pada body seksi terbuat dari kaca itu. Kamera depan yang tersembunyi tersebut memiliki fitur 3D facial scanning, yang menjadi kunci untuk membuka layar ketika ponsel sedang terkunci. Disebabkan oleh desainnya yang cantik dan unik ini, sensor pemindai sidik jari tidak tersedia pada Find X. Kamera mekanik pada ponsel ini sanggup naik turun hingga 300.000 kali. Jikalau kamu membuka kunci layar dan menggunakan aplikasi kamera sebanyak 100-150 kali tiap harinya, maka slider tersebut akan tahan hingga 5 tahun. Well, bukan hal yang buruk bukan? Mengingat kebiasaan pengguna saat ini yang mengganti "hape"-nya setiap 2-3 tahun pemakaian.

Gambar dari theverge.com.

Jika dilihat sekilas, Oppo Find X mirip dengan Samsung Galaxy S9+ dari sisi depannya. Sama dengan perangkat Oppo lainnya, ponsel ini menggunakan ColorOS 5.1 berbasis Android Oreo 8.1. Spesifikasi teknisnya bisa dibilang setara dengan flagship lainnya, sebut saja chipset Qualcomm Snapdragon 845, RAM 8GB, internal storage 256GB, dan baterai berdaya 3.730mAh. Terlihat kecil? Tenang saja, Oppo sudah menyematkan teknologi VOOC terkini yang memungkinkan kamu melakukan pengisian daya jauh lebih cepat.

Oh ya, hampir lupa untuk membahas kameranya. Oppo Find X dengan kamera slider ini memiliki dua buah kamera pada sisi belakang dan sebuah kamera depan untuk menunjang kebutuhan swafoto kamu. Kamera ganda tersebut memiliki konfigurasi 16 + 20 megapiksel yang dilengkapi dengan phase detection autofocus, optical image stabilization, dan tidak ketinggalan lampu kilat LED ganda. Sedangkan kamera depannya menggunakan sensor 25 megapiksel yang dilengkapi dengan 3D AI selfies, yang sepertinya versi lebih canggih dari AI beauty selfies yang lebih dahulu hadir pada Oppo F7.

Dari kabar yang beredar, Oppo Find X akan hadir di Indonesia pada bulan Agustus 2018 mendatang. Akan dibuka sesi pre-order yang dilakukan mulai akhir Juli. Untuk banderol harganya sendiri, pihak Oppo Indonesia belum memberikan bocoran. Namun sekadar info, flagship cantik ini dibanderol EUR 999 atau sekitar 16 juta rupiah di daratan Eropa. Harga yang cukup tinggi bukan? Bahkan mendekati banderol resmi iPhone X. Semoga saja di Indonesia banderol harganya dapat jauh lebih terjangkau, mengingat ponsel ini akan dirakit secara lokal dan menggunakan beberapa komponen dalam negeri yang semestinya bisa menekan harga produksi.

Jika harganya lebih terjangkau dari harga resmi di Eropa, apakah kamu mau untuk membeli Oppo Find X? Sampaikan yuk pendapatmu di kolom komentar!

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.