Aplikasi Notepad di Windows Dapatkan Major Update

Secara mengejutkan, Microsoft akan meluncurkan update untuk aplikasi Notepad mereka yang ada di Windows. Aplikasi sederhana yang biasa kita gunakan untuk mencatat cepat tersebut akan mendapatkan beragam pemuktahiran yang membuatnya memiliki lebih banyak fungsi dibanding sekadar mencatat saja. Hal ini didasari oleh curhatan para pengguna Windows 10 yang menginginkan aplikasi pencatat tersebut dapat digunakan untuk pengembangan, mencatat log, ataupun melakukan manipulasi teks sederhana.

notepad windows
Gambar dari dokumen pribadi.

Beberapa hal yang akan hadir dari update Notepad tersebut antara lain:
  • Melakukan zoom in/out teks yang diketik pada aplikasi menggunakan tuts CTRL dan mouse wheel.
  • Menambahkan line ending support sehingga Unix/Linux line endings (LF) dan Macintosh line endings (CR) dapat didukung oleh Notepad.
  • Status bar akan hadir secara default, termasuk kemampuan untuk menampilkan nomor baris dan kolom ketika word-wrap diaktifkan.
  • Kamu juga bisa menggunakan CTRL + Backspace untuk menghilangkan kata sebelumnya.
  • Peningkatan performa untuk file berukuran besar.
  • Pencarian kata menggunakan Bing dengan cara klik kanan + opsi baru pencarian.
Fitur-fitur Notepad di atas akan hadir pada update dengan nama kode Redstone 5. Kemungkinan besar akan berbarengan dengan update Windows Console dan penambahan command line Linux. Bagaimana menurut kalian upgrade Notepad ini? Penulis yakin sih, sebagian besar pengguna kasual mungkin tidak akan terlalu memanfaatkan fitur-fitur baru tersebut. Tapi mungkin bagi yang sering bermain dengan command line akan sangat terbantu tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga lain seperti Notepad++.

Comments