Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Asus Luncurkan ROG Strix GL504 Scar II, Gaming Laptop Terbaik Untuk Gamer FPS

Asus baru saja meluncurkan dua buah gaming laptop terbaru dari lini ROG Strix. Salah satu modelnya adalah Asus ROG Strix GL504 Scar II yang didesain khusus untuk mengakomodir kebutuhan para gamer FPS (first person shooter). Laptop ini memiliki layar berteknologi refresh rate tinggi 144Hz 3ms yang biasa ditemukan pada panel layar yang memang difokuskan untuk gaming dan pada umumnya dimiliki oleh panel display kelas premium. Tidak hanya itu, gaming laptop ini juga membawa spesifikasi mumpuni sehingga gamer FPS dapat memainkan game kesayangan mereka dengan pengaturan grafis tertinggi.

asus gaming laptop
Gambar dari dokumen Asus.

Demi menawarkan pengalaman gaming yang maksimal dalam game FPS, Asus ROG Strix GL504 Scar II ini selain memiliki refresh rate tinggi, juga menggunakan frame layar yang super tipis. Sehingga kamu tidak merasa terganggu dengan bezel hitam di sekeliling layar yang mungkin dapat memecah konsentrasi saat bermain game. Tidak hanya itu, frame yang super tipis tersebut juga membuat dimensi chassis dari laptop ini lebih ringkas dengan bobot keseluruhan hanya 2,4kg. Bobot tersebut tentunya lebih ringan jika dibandingkan pada gaming laptop pada umumnya. Tersedia bingkai karet yang unik mengelilingi layar yang berfungsi untuk melindungi dari kerusakan saat laptop dalam keadaan tertutup.

Sebagai gaming laptop, tentunya Asus menunjang ROG Strix GL504 Scar II dengan komponen terbaik di kelasnya. Dibalik desain yang kental dengan aura game, laptop ini memiliki performa yang sangat gahar dengan penggunaan prosesor Intel Core i7-8750H dengan enam inti dan 12 thread berkecepatan 2,2GHz. Jika diperlukan, kecepatan tersebut dapat dimaksimalkan hingga 4,1GHz. Prosesor yang bertenaga tersebut disandingkan dengan kartu grafis besutan Nvidia, yakni GeForce GTX 1070 yang memiliki memory 8GB GDDR5. Kartu grafis mobile kelas atas ini siap menyajikan performa yang mulus dan tajam di layar 144Hz 3ms yang terpasang pada laptop ini. Untuk keperluan multitasking, RAM sebesar 8/16GB DDR4 dengan kecepatan hingga 2.666MHz siap melayani kamu.

Sektor media penyimpanan tidak kalah penting dengan komponen lainnya. Maka dari itu, Asus membekali Scar II dengan SSHD berkapasitas 1TB dan SSD 256GB berjenis NVME M.2 yang mampu membuat loading time aplikasi maupun game lebih cepat dibandingkan dengan harddisk konvensional. Jika kapasitas tersebut dirasa kurang, kamu bisa memanfaatkan media penyimpanan eksternal seperti external harddisk ataupun penyimpanan awan.

Salah satu hal lainnya yang menjadi elemen penting dalam sebuah gaming laptop adalah sistem pendinginan. Asus ROG Strix GL504 Scar II menggunakan sistem pendinginan HyperCool Pro yang mampu menyediakan kinerja pendinginan maksimal. Pelat pendingin yang digunakan pada laptop ini diperpanjang, sehingga dapat menyerap panas yang lebih baik dari prosesor maupun kartu grafis. Tidak hanya itu, pelat tersebut juga dapat menyebar suhu panas lebih merata sehingga kamu dapat terhindar dari throttling yang dapat mengganggu performa saat bermain game. Teknologi Anti-Dust Cooling yang juga terpasang pada laptop ini mencegah penumpukan debu pada sirip heatsink.

Untuk pengalaman bermain game FPS yang lebih baik, Asus juga menyematkan keyboard serta audio yang lebih mantap pada ROG Strix GL504 Scar II. Keyboard-nya memiliki teknologi HyperStrike Pro untuk kontrol dan perintah yang lebih presisi. Tata letaknya pun sudah didesain sedemikian rupa untuk dapat mengakomodir gamer FPS, terlihat pada penonjolan karakter WASD yang menjadi tombol utama para gamer FPS. Teknologi RGB backlight empat zona yang kompatibel dengan AuraSync juga dapat menambah nilai estetika pada keyboard tersebut. Sedangkan pada sektor audionya, Asus menyematkan speaker aktif di bagian sisi yang mampu memberikan tata suara imersif. Speaker tersebut didukung oleh teknologi Smart-amplifier dan Sonic Studio III.


Di Indonesia, Asus ROG Strix GL504 Scar II hadir dalam beberapa varian. Untuk varian termurahnya, gaming laptop keren ini dibanderol mulai dari Rp30.299.000. Sudah siapkah kamu untuk "Winner Winner Chicken Dinner" dengan gaming laptop ini?

Spesifikasi teknis dari Asus ROG Strix GL504 Scar II dapat kamu lihat di bawah ini.

Main Spec.
ROG Strix GL504GS Scar II
CPU
i7-8750H 2.2 GHz (9M Cache, up to 4.1 GHz)
Memory
16GB/8GB DDR4 2666MHz Memory
Storage
1TB SSHD+256GB PCIE Gen 3 x4 NVME M.2 SSD
Display
Layar 15.6” Wide View Anti Glare (1920x1080) 144Hz 3ms, IPS-Level panel Slim bezel Pertama di Dunia
Graphics
Nvidia GeForce GTX 1070 8GB / GTX1060 6GB GDDR5
Input/Output
2x USB 3.1 Gen1, 2x USB 3.1 Gen2 Type-C & Type-A, 1x HDMI port, 1x Mini-DP port, 3-in-1 cardreader (SD/SDXC), RJ45, Audio Combo port
Camera
Built-in HD Camera and array mic
Connectivity
802.11ac Quad Antena Wave 2Bluetooth 5.0
Audio
2 x speaker with Smart AMP technology
Array microphones
Weight 
2,4 Kg
Dimension
(W)36.1cm x (D)26.2cm x (H)2.61cm
Keyboard
Backlit chiclet keyboard, RGB 4 zone, Aura Sync, Marked ASDW keys, Hot keys: Volume up / Volume down / Mute / ROG Gaming Center, 1.8mm travel distance, 0.25mm keycap curve
Special Design
ROG Gaming Center 2.5, GameFirst V, Splendid, Sonic Studio & Sonic Radar III, Aura Core 2.5, XSplit Gamecaster (free), Android / iOS App
Power adapter
180 Watt
OS
Microsoft Windows 10
Warranty
2 years full global warranty

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.