Ini Dia 5 Fitur Menarik yang Hadir di Android 9.0 Pie

Google baru saja merilis versi final dari Android P. Sistem operasi mobile anyar tersebut sebelumnya sudah diperkenalkan terlebih dahulu pada pagelaran Google I/O. Setelah melalui debat dan spekulasi dari para netizen, akhirnya Google juga mengumumkan kepanjangan dari Android P. Masih melanjutkan tradisi nama berdasarkan makanan penutup, Android P secara resmi bernama Android 9.0 Pie.

Gambar dari wired.com.

Android 9.0 Pie adalah sebuah update yang cukup major dari Android 8.0 Oreo. Di dalamnya kita akan menemukan beberapa pemuktahiran, seperti perubahan sistem navigasi, kontrol screen-time, optimasi daya baterai, serta beberapa fitur lainnya yang memanfaatkan machine learning untuk membuat smartphone kita semakin pintar. Adapun 5 fitur menarik yang hadir di Android 9.0 Pie antara lain:

  • Adaptive Battery dan Adaptive Brightness
Adaptive Battery membuat perangkat kamu mempelajari aplikasi apa saja yang kamu jarang gunakan dan memangkas resource yang digunakan untuk mereka agar dapat menghemat baterai. Sedangkan Adaptive Brightness memungkinkan perangkat kamu untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan kondisi di sekitar kamu layaknya fitur auto brightness yang lazim ditemui pada antarmuka pabrikan Android.
  • Slice
Machine learning yang dihadirkan pada Android 9.0 Pie dapat mempelajari kebiasaan kamu dalam melakukan suatu hal yang disisipkan ke dalam Google app. Dengan fitur ini, kamu dapat melakukan hal tersebut lebih cepat dan efisien. Misalnya, ketika kamu mencari aplikasi ojek daring melalui Google App, aplikasi tersebut akan memunculkan Slice yang berisi opsi untuk pergi ke rumah atau kantor dan kamu dapat mengetuk Slice tersebut untuk langsung memesan ojek daring ke lokasi yang kamu inginkan.
  • App Actions
Hal pintar lainnya yang dapat membuat hidupmu lebih mudah saat menggunakan smartphone adalah App Actions. Dengan fitur ini, smartphone kamu dapat menyisipkan beberapa aksi cepat pada waktu tertentu sesuai dengan aktivitas kamu. Misalnya, ketika kamu menancapkan headphone, maka perangkat akan menyisipkan opsi playlist dari aplikasi pemutar musik yang biasa kamu dengarkan. Semakin sering kamu menggunakan smartphone dengan pola tertentu, maka akan semakin akurat fitur ini bekerja.
  • Overview
Sistem navigasi Android akhirnya berubah pada Android 9.0 Pie. Jika sebelumnya Android terkenal dengan tiga tombol yang berada di sisi bawah layar, maka di update terbaru ini kamu akan hanya menemui dua tombol yang disertai modus Overview. Modus ini sebenarnya mirip dengan task manager pada umumnya,  hanya saja pada modus ini kamu dapat berinteraksi dengan aplikasi tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Termasuk untuk melakukan copy tulisan yang ada dan paste di aplikasi lainnya dengan fitur Smart Text Selection.
  • Digital Wellbeing
Jika kamu selama ini memiliki kecenderungan sulit untuk berhenti bermain smartphone, Google sudah menyiapkan solusinya dengan menghadirkan fitur Digital Wellbeing. Fitur ini memiliki sebuah dashboard yang dapat melacak penggunaan aplikasi kamu sehari-hari dan menentukan App Timers yang dapat membatasi waktu bermain smartphone kamu serta Wind Down yang dapat menyalakan Night Light dan Do Not Disturb. Bahkan, fitur ini juga dapat mengubah warna layar menjadi grayscale yang tentunya untuk mengingatkan kamu jika sudah waktunya tidur (kayak pacar ya? hehehe). Fitur ini dapat diunduh untuk semua perangkat Pixel dan perangkat lainnya akan segera menyusul ketika sudah mendapatkan update Android 9.0 Pie.


Itulah 5 fitur menarik yang hadir di Android 9.0 Pie. Untuk kamu pengguna perangkat Pixel maupun Essential Phone, update sistem operasi ini sudah bisa dijumpai pada opsi pengaturan ataupun opsi pemuktahiran. Bagaimana nasib kamu pengguna perangkat lainnya? Berdoa saja agar pabrikan favorit kamu dapat menghadirkan update ini tidak lama lagi.

Comments