Skip to main content

Siap-Siap! Huawei Mate 20 Series Akan Segera Hadir di Indonesia

Setelah diperkenalkan secara internasional di London pada Oktober kemarin, Huawei Mate 20 series akan segera hadir di pasar smartphone tanah air. Acara peluncurannya direncanakan akan diadakan pada 19 Desember besok. Belum diketahui secara pasti seri Mate apa saja yang akan masuk ke Indonesia, namun dari desas-desus yang beredar, Huawei rencananya akan membawa Mate 20 dan Mate 20 Pro.

Moto Z3: Flagship 2018, Spesifikasi 2017

Motorola baru saja meluncurkan Moto Z3, sebuah smartphone yang menjadi flagship mereka di tahun 2018 ini. Melalui acara spesial di Chicago, Amerika Serikat, perangkat yang menjadi kakak tertua dari Z3 Play ini memiliki model yang mirip dengan adiknya tersebut. Hanya tentu saja, Motorola memberikan peningkatan di sektor kamera belakang dan tentunya chipset yang lebih kuat.

Gambar dari gsmarena.com.

Moto Z3 memiliki body yang tahan akan cipratan air. Tombol power dapat ditemukan pada sisi kiri ponsel ini, sedangkan di sisi kanan kita akan menemui sebuah pemindai sidik jari. Sama dengan smartphone Motorola lainnya, ponsel ini menggunakan antarmuka Moto yang identik dengan Android vanilla dengan tampilan yang mirip dengan Android P versi beta. Sistem operasinya sendiri sudah berbasis Android 8.1 Oreo. Untuk layarnya sendiri, smartphone ini memiliki layar seluas 6 inci berjenis Super AMOLED. Layar tersebut memiliki rasio aspek 18:9 yang kekinian, serta resolusi Full HD+ 1.080 x 2.160 piksel.

Beralih ke sektor kamera, Moto Z3 memiliki kamera belakang dengan konfigurasi ganda. Kamera yatamnya memiliki sensor warna dengan ukuran 12 megapiksel, aperture f/2.0, dan ukuran piksel 1.25um. Sedangkan kamera sekundernya memiliki sensor monokrom dengan ukuran 12 megapiksel. Kamera tersebut sudah dilengkapi dengan lampu kilat LED ganda. Pada kamera depannya, terdapat sebuah sensor 8 megapiksel dengan aperture f/2.0, ukuran piksel 1.12um, serta sudut lebar 84 derajat untuk jangkauan swafoto yang lebih luas.

Gambar dari gsmarena.com

Dapur pacu yang tertanam di dalam Moto Z3 menjadi hal yang cukup dikecewakan oleh banyak pihak. Setelah banyak orang berharap smartphone ini akan menggunakan chipset terbaru seperti Snapdragon 845, rupanya Motorola memutuskan untuk menggunakan Snapdragon 835 yang notabene adalah chipset tahun lalu. Maka dari itu, tidak sedikit orang terutama para netizen yang memberikan julukan "flagship 2018, spesifikasi 2017" pada smartphone ini. Chipset anyar di tahun lalu tersebut ditandem dengan RAM sebesar 4GB dan internal storage seluas 64GB. Tidak istimewa memang, mengingat saat ini banyak smartphone kelas menengah yang menawarkan konfigurasi RAM dan internal storage serupa.

Baca juga: Review Moto Z2 Play: Unik dan Menyenangkan

Satu hal yang cukup menarik dari Moto Z3 adalah Motorola menyediakan 5G MotoMod yang nantinya akan mendukung konektivitas jaringan 5G di masa yang akan datang. Mod tersebut memiliki modem Qualcomm X50 dan baterai tambahan berdaya 2.000mAh. Hal lain yang sangat disayangkan adalah smartphone ini hanya dijual secara ekslusif di Verizon dengan harga ritel USD 480 atau sekitar 6,9 juta rupiah. Tidak diketahui apakah nantinya ponsel ini akan dijual secara global atau tidak.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.