Skip to main content

Siap-Siap! Huawei Mate 20 Series Akan Segera Hadir di Indonesia

Setelah diperkenalkan secara internasional di London pada Oktober kemarin, Huawei Mate 20 series akan segera hadir di pasar smartphone tanah air. Acara peluncurannya direncanakan akan diadakan pada 19 Desember besok. Belum diketahui secara pasti seri Mate apa saja yang akan masuk ke Indonesia, namun dari desas-desus yang beredar, Huawei rencananya akan membawa Mate 20 dan Mate 20 Pro.

Review Honor 7S: Layar FullView Bikin Asyik Main Game Dan Nonton Film

Pasar smartphone kelas pemula yang memiliki banderol harga di bawah dua juta rupiah mungkin sudah tidak terlalu dilirik oleh para pengguna gadget. Seiring meningkatnya daya beli, rata-rata orang saat ini lebih memilih untuk membeli smartphone kelas menengah yang lebih mumpuni di kelas harga dua hingga tiga juta rupiah. Namun bukan berarti tidak ada yang seru dari kelas pemula lho. Buktinya masih banyak produsen yang meluncurkan produk baru di kelas terjangkau ini. Salah satunya adalah Honor yang belum lama ini meluncurkan Honor 7S.

review honor 7s

Secara spesifikasi, Honor 7S bisa dibilang tidak terlalu istimewa. Berbekal chipset kelas bawah MediaTek MT6739, smartphone ini memiliki tenaga yang lumayan untuk menunjang aktivitas penulis sehari-hari. Tentunya kita akan menemui sedikit lag, terutama jika sedang melakukan multitasking yang cukup intens ataupun menjalankan aplikasi yang cukup menguras tenaga. Tapi hal tersebut masih di dalam batas wajar mengingat smartphone ini berada di kelas harga yang terjangkau.

Dari segi desain, Honor 7S ini terlihat generik. Jika dijejerkan dengan smartphone dari produsen lain, mungkin tidak ada perbedaan desain yang berarti. Satu hal yang patut diacungi jempol adalah build quality-nya. Walaupun masih menggunakan bahan plastik polikarbonat, namun ponsel ini terasa kokoh dan solid ketika berada di dalam genggaman tangan. Tombol-tombol seperti tombol power maupun volume pun mantap untuk dipencet, tidak terkesan murahan. Karena seperti yang kita tahu, ada beberapa ponsel lain di rentang harga serupa yang memiliki build quality cenderung "murah".

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

Di sisi depan kita disuguhkan oleh layar FullView berjenis LCD dengan ukuran 5,45 inci. Resolusi layar tersebut masih HD+ 720 x 1440 piksel. Meskipun resolusinya belum Full HD, namun tidak mengurangi kenikmatan penulis pada saat menggunakan Honor 7S sehari-hari. Buat baca artikel berita ataupun manga bisa dibilang cukup nyaman. Dipakai main game ataupun menonton film serial dari Netflix pun masih asyik. Di bawah sinar matahari yang cukup terik, layar smartphone ini masih cukup terlihat jelas meskipun kita harus menggeser tingkat kecerahan layar ke titik tertinggi.

Sebuah audio jack 3,5mm dapat kamu temui di sisi atas Honor 7S. Berpindah ke sisi kanan, terdapat sebuah tombol power yang berdampingan dengan sepasang tombol volume up dan down. Di sisi seberangnya, kamu akan mendapati slot kartu SIM dan microSD. Ponsel ini memiliki fitur dual SIM yang jenisnya dedicated. Jadi kamu bisa menggunakan dua buah kartu SIM sekaligus dengan satu buah microSD hingga kapasitas 256GB. Lalu bagaimana dengan sisi belakangnya? Smartphone ini memiliki sisi belakang yang cukup sederhana. Hanya ada sebuah kamera yang ditemani oleh lampu kilat LED yang terletak di pojok kiri atas, sedangkan di tengah terdapat logo Honor. Kamu tidak akan menemukan pemindai sidik jari pada ponsel ini, karena memang gak ada guys. Untuk membuka maupun mengunci layar kita hanya bisa mengandalkan cara tradisional, yakni dengan PIN, password, ataupun pattern.

Honor 7S menggunakan antarmuka EMUI 8.0 berbasis Android 8.1 Oreo. Dalam pengoperasiannya sehari-hari, antarmuka ini berjalan cukup mulus tanpa kendala yang berarti. Berpindah-pindah home screen, membuka control center, serta membuka notification bar cukup lancar dan intuitif. Meskipun penulis merasakan sesekali terjadi lag, namun masih dalam batas wajar mengingat spesifikasinya yang tidak "wah". Aplikasi bawaan yang sudah terpasang pada smartphone ini cukup membantu penulis untuk pengoperasian ponsel sehari-hari. Beberapa diantaranya: Phone Manager yang memastikan ponsel dalam kondisi prima, HiCare yang dapat membantu kamu jika terjadi kerusakan pada ponsel, serta File Manager yang sesuai namanya yakni berfungsi untuk membuka, memindahkan, ataupun menghapus file yang kamu miliki.

review honor 7sreview honor 7sreview honor 7s

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honor 7S dibekali oleh chipset MediaTek MT6739 yang terdiri dari prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,5GHz dan kartu grafis PowerVR GE8100. Kombinasi antara keduanya bisa menjalankan game kasual seperti Cooking Mama Let's Cook! atau Major Mayhem 2 dengan lancar. Sedangkan untuk game yang cukup berat, seperti Arena of Valor atau PUBG masih dapat dijalankan dengan pengaturan grafis "rata kiri" meskipun akan sering mengalami frame drop.

review honor 7s
Antutu Benchmark 7.1.0

review honor 7s
Geekbench 4.2.3 Pro

review honor 7s
3D Mark

Honor 7S memiliki konfigurasi single camera pada kamera belakang maupun depan. Kamera belakangnya memiliki sensor 13 megapiksel yang dilengkapi oleh phase detection autofocus dan lampu kilat LED tunggal. Untuk hasil fotonya sendiri cukup baik dengan detail yang oke. Hanya saja memang ada penurunan kualitas ketika berada di kondisi low light. Sedangkan kamera depannya, ponsel ini memiliki sensor 5 megapiksel dan juga dilengkapi dengan lampu kilat LED tunggal.

Berikut adalah beberapa hasil tangkapan dari kamera belakang dan depan Honor 7S. Semuanya menggunakan modus otomatis kecuali diberikan keterangan oleh penulis. Olah digital yang dilakukan hanyalah untuk mengubah ukuran dan kompresi ukuran file agar lebih nyaman untuk dilihat oleh pembaca.

Kamera Belakang - Siang

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

Kamera Belakang - Indoor

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

Kamera Belakang - Malam

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

Kamera Depan - Siang, Indoor, Malam

review honor 7s

review honor 7s

review honor 7s

Baterai tanam berkapasitas 3.020mAh menjadi penopang kehidupan ponsel ini. Dengan pola pemakaian ala penulis yang mayoritas online di media sosial, sering mendengarkan musik via Spotify, sesekali menonton via Netflix, dan sesekali bermain game (Major Mayhem 2), baterai tersebut tahan seharian dari waktu penulis bangun (06.00, daya 100%) hingga waktu sore hari (16.00, daya sisa 10%). Daya tahan ini bisa dibilang cukup baik, jika melihat kapasitas baterainya yang bisa dibilang tidak istimewa untuk standar baterai saat ini. Untuk waktu pengisian daya menggunakan charger bawaannya,  dari 10% hingga 100% hanya memakan waktu lebih kurang dua jam.

Di kelas harga resminya. yakni Rp 1.599.000, Honor 7S harus berusaha cukup keras untuk dapat menarik minat para calon pembeli. Sebab, tidak sedikit kompetitor dengan spesifikasi serupa lebih berani menawarkan banderol harga yang lebih terjangkau, ataupun memiliki fitur yang lebih lengkap. Salah satu kelemahan yang cukup vital dimiliki oleh smartphone ini adalah minimnya sensor yang tersedia. Selain itu, antarmuka EMUI 8.0 yang berjalan pada ponsel ini juga penulis rasa kurang cukup smooth. Namun penulis yakin, Honor bisa mengatasi masalah ini melalui firmware update.

review honor 7s
Sensor Honor 7S

review honor 7s
Storage awal Honor 7S

Dengan berbagai keunggulan serta kelemahan yang dimiliki, Honor 7S bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi smartphone sekunder (jika sudah punya smartphone utama kelas atas) ataupun smartphone hadiah untuk adik maupun orang tua. Smartphone ini bisa dibeli secara online maupun offline melalui toko favorit kamu. Bagaimana penilaian penulis untuk Honor 7S? Cek skornya di bawah ini!

Desain
4
Performa
3.5
Kamera
4
Baterai
4
Harga
3
Total
3.7

Baca juga: Ini Dia 3 Hal yang Memikat dari Honor 9 Lite

Untuk spesifikasi teknis dari Honor 7S yang diulas oleh penulis bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Layar
5,45 inci dengan resolusi 720 x 1.440 piksel, rasio 18:9, LCD capacitive touchscreen.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
146,5 x 70,9 x 8,3 mm, 142 g.
Prosesor
MediaTek dengan prosesor quad-core (4 x 1,5GHz Cortex-A53).
GPU
PowerVR GE8100.
RAM
2GB.
Internal Storage
16GB.
External Storage
MicroSD hingga kapasitas 256GB, slot terpisah dari kartu SIM kedua.
Kamera Belakang
13 megapiksel dengan phase detection autofocus dan lampu kilat LED tunggal.
Kamera Depan
5 megapiksel dengan lampu kilat LED tunggal.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, BDS, microUSB 2.0.
Baterai
3.020mAh Li-Ion.
Sistem Operasi
Android 8.1 dengan antarmuka EMUI 8.0.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.