Apple iPhone XR: Varian Termurah yang Tidak Murah?

Melengkapi iPhone XS dan XS Max, Apple juga meluncurkan iPhone XR. Varian yang satu ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari kedua saudaranya tersebut. Dengan begitu, harga dari iPhone XR menjadi jauh lebih murah dan terjangkau. Apa iya benar seperti itu?

iphone xr
Gambar dari gsmarena.com.

Sebagai pembuka, sebagai keturunan seri X, iPhone XR memiliki desain yang lebih kurang sama dengan XS dan XS Max. Dengan layar berukuran 6,1 inci, XR memiliki dimensi yang mirip dengan XS. Hanya saja, XR masih menggunakan layar IPS LCD yang diberi nama Liquid Retina oleh Apple, mungkin biar terlihat lebih keren. Layar tersebut memiliki resolusi 822 x 1.792 piksel dengan kerapatan piksel 326 ppi. Panel LCD tersebut juga memiliki teknologi 120 Hz touch sensing dan color gamut yang lebih kaya seperti kedua saudara kandungnya.

Penggunaan kamera tunggal pada kamera belakang membuat iPhone XR menjadi suksesor dari iPhone 8. Kamera belakang tersebut memiliki modul kamera yang sama dengan kamera utama pada iPhone XS. Hadir dengan ukuran piksel 1.4µm yang lebih besar dengan beragam fitur canggih seperti Smart HDR dan adjustable bokeh, rasanya ponsel ini memiliki kamera yang lebih canggih jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk kamera depannya sendiri, masih menggunakan kamera 7 megapiksel yang memiliki kemampuan untuk Face ID. Sekadar informasi, pada smartphone ini Apple juga meninggalkan Touch ID sehingga kamu tidak bisa lagi menggunakan pemindai sidik jari sebagai kunci layar.

Bicara mengenai dapur pacu, iPhone XR menggunakan chipset yang sama dengan XS dan XS Max yakni Apple A12 Bionix hexa-core. RAM sebesar 3 GB dan pilihan internal storage seluas 64, 128, dan 256 GB yang membuatnya beda dengan kedua saudaranya.


Dengan pengurangan spesifikasi dari XS dan XS Max tersebut, lantas apakah iPhone XR memiliki harga termurah? Jawabannya, tentu saya lebih murah dibandingkan dengan kedua seri X lainnya. Namun sejatinya, dengan banderol harga mulai dari US$750 atau sekitar 11 juta rupiah menjadikannya tidak terlalu murah sih. Terutama di pasar Indonesia yang konsumennya lebih menyukai ponsel dengan spesifikasi tinggi dan harga murah.

Spesifikasi teknis dari iPhone XR bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Layar
6,1 inci dengan resolusi 828 x 1.792 piksel, rasio 19:5,9, IPS LCD capacitive touchscreen.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
150,9 x 75,7 x 8,3 mm, 194 g.
Prosesor
Apple A12 Bionic.
GPU
Apple GPU (quad-core graphics).
RAM
3 GB.
Internal Storage
64/128/256 GB.
External Storage
Tidak ada.
Kamera Belakang
12 megapiksel dengan bukaan f/1.8, 28mm, ukuran piksel 1.4µm, OIS, PDAF, empat lampu kilat dual tone.

Kamera Depan
7 megapiksel dengan bukaan f/2.2, 32mm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS, USB 2.0 Lightning Connector.
Baterai
Li-Ion battery.
Sistem Operasi
iOS 12.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!