Langsung ke konten utama

Google Chrome Rayakan Ulang Tahun ke-10 dengan Update Fitur

Peramban favorit banyak netizen, Google Chrome, baru saja merayakan hari jadinya yang ke-10 pada 2 September kemarin. Sejak menjamurnya perangkat Android dan menurunnya pamor pesaing seperti Mozilla dan Opera, Chrome menjadi peramban utama yang digunakan untuk berselancar di internet. Google pun sepertinya puas dengan performa dari peramban racikan mereka tersebut.

google chrome 10th anniversary
Gambar dari androidauthority.com.

Untuk merayakan ualng tahun ke-10 tersebut, Google meluncurkan sejumlah update fitur yang dibawa pada Chrome versi 69. Berbeda dengan update Chrome yang biasanya muncul tiap 6 minggu, update ini membawa sejumlah fitur baru yang membuatnya semakin nyaman untuk digunakan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Antarmuka material design
Google akhirnya membawa tampilan antarmuka material design yang lebih sleek dan modern. Meninggalkan bentuk tab yang trapezoid dan bersisi tajam, kini Chrome memiliki tab berbentuk kotak dengan sudut membulat. Selain desain tab tersebut, elemen-elemen lainnya seperti text box dan icon juga memiliki sentuhan material design.

  • Password manager yang lebih pintar
Siapa yang selama ini memanfaatkan fitur password manager yang dimiliki oleh Chrome? Penulis sih senang banget pakai fitur ini, soalnya bikin gak perlu lagi repot-repot menghapal password satu-satu. Apalagi pas ingin login ke suatu situs, tinggal ketik huruf awal username, langsung di autofill deh beserta password-nya. Nah pada update Chrome versi 69 ini, fitur yang sangat berguna ini bisa melakukan hal yang lebih pintar. Ketika kamu sedang membuat akun di sebuah situs, Chrome dapat membuat sebuah password dengan kombinasi acak yang kuat untuk dapat kamu gunakan. Password tersebut nantinya akan tersimpan dalam akun Google kamu, sehingga kamu tidak perlu menghapalnya lagi. Jika ingin menggantinya, kamu juga bisa mengubahnya melalui pengaturan akun di situs tersebut dan tentunya Chrome akan memberikan notifikasi untuk update perubahan password tersebut.

  • Omnibox yang lebih canggih
Omnibox adalah sebuah ubahan yang sangat berguna ketika Google Chrome menawarkan fitur ini 10 tahun yang lalu. Dengan Omnibox, kamu tidak perlu lagi melakukan pencarian secara manual dengan membuka aplikasi pencari (Google). Pada Chrome versi 69, kamu dapat melakukan pencarian sederhana langsung menggunakan Omnibox tanpa harus meninggalkan tab yang sedang dibuka. Contohnya adalah ketika kamu sedang mencari definisi dari sebuah kata ataupun menerjemahkan suatu kata ke bahasa Inggris. Bahkan Omnibox dapat menjawab pertanyaan kamu dengan jawaban yang cukup akurat.

Itu dia beberapa update yang bisa kamu nikmati pada Chrome versi 69. Jika Chrome kamu belum ter-update secara otomatis, kamu dapat melakukan pemuktahiran dengan melakukan klik pada tiga titik di ujung kanan atas, lalu pilih Help/Bantuan, lalu pilih About Google Chrome. Nantinya peramban tersebut akan melakukan update secara otomatis dan kamu bisa menikmati berbagai fitur canggih yang hadir pada update versi 69 tersebut.


Komentar

  1. mudah mudahan tidak tambah lemot dengan update ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya rasakan sih lebih ringan sedikit, tidak terlalu liar pemakaian memory RAM nya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.