Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

iPhone XS dan XS Max: Babak Baru iPhone Berlayar Besar

Setelah ditunggu-tunggu oleh para warganet, khususnya para Apple fans, akhirnya iPhone terbaru di tahun 2018 ini telah diluncurkan semalam. Apple menghadirkan tiga varian sekaligus, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR. Ketiga iPhone ini telah meninggalkan bahasa desain iPhone sebelumnya yang dipertahankan semenjak iPhone 6 dan mulai berpaling dengan desain layar luas seperti yang diperkenalkan pada iPhone X. Pada artikel kali ini, penulis akan membahas dua varian pertama terlebih dahulu, yakni iPhone XS dan XS Max yang menjadi jagoan utama Apple untuk melawan serbuan flagship Android.

iphone 2018 terbaru
Gambar dari theverge.com.

iPhone XS Max

Ini adalah iPhone yang memiliki layar terluas dalam sejarah dengan ukuran layar 6,5 inci berjenis AMOLED. Bezel yang berada di sisi kaann dan kiri diminimalkan, membuatnya memiliki rasio aspek 19,5:9 dan tentunya menghadirkan sebuah notch di sisi atas. Lebar layarnya masih sama dengan panel 5,5 inci yang terdapat pada iPhone 8 Plus, namun tinggi layar yang lebih panjang memungkinkan iPhone XS Max memuat konten lebih banyak.

iphone xs max
Gambar dari gsmarena.com.

Layar Super Retina milik iPhone XS Max tetap memiliki tingkat kerapatan piksel 458ppi dengan menaikan resolusi hingga 1.242 x 2.688 piksel. Untuk pengoperasian yang lebih lancar, touch sensing layer pada layar ini berjalan pada refresh rate 120Hz, namun antarmukanya tetap masih berjalan pada 60fps. Layar tersebut telah mendukung fitur HDR10 dan Dolby Vision.

Apple telah mematikan fitur pemindai sidik jari yang biasa disebut TouchID pada iPhone, dan tentunya meneruskan fitur Face ID yang sebelumnya dipopulerkan pada iPhone X. Ntah mengapa perusahaan asal Amerika Serikat ini enggan untuk memindahkan sensor sidik jari ke sisi belakang seperti layaknya smartphone lain. Namun Apple menjamin jika metode kemanan ini memiliki kecepatan pemindaian muka yang lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

iphone xs max
Gambar dari gsmarena.com.

Sektor kamera pada iPhone XS Max mendapatkan peningkatan jika dibandingkan dengan iPhone generasi sebelumnya. Konfigurasi kamera belakang ganda beresolusi 12 megapiksel tetap dipertahankan, namun dengan menggunakan lensa wide-angle dengan sensor terbaru yang memiliki ukuran piksel lebih besar, yakni 1.4µm dan bukaan f/1.8. Sedangkan untuk sensor telephoto-nya, menggunakan lensa bukaan f/2.4 dengan kemampuan 2x optical zoom dan dilengkapi dengan optical image stabilization.

Kamera depannya juga mendapatkan peningkatan. Meskipun masih menggunakan sensor 7 megapiksel, namun kecepatan penangkapan gambar telah ditingkatkan. Hal yang mungkin paling ditonjolkan dari peningkatan kamera pada iPhone XS Max ini adalah hadirnya fitur pengaturan depth of field dan Smart HDR. Fitur lainnya yang cukup menarik adalah mode perekaman video yang mampu untuk merekam suara stereo. Sayangnya, ketiga fitur tersebut sudah hadir terlebih dahulu di dunia Android. Well, tidak ada kata terlambat sih.

Untuk spesifikasi lainnya, iPhone XS Max diperkuat oleh chipset terbaru Apple 12 Bionic hexa-core dengan RAM sebesar 4 GB. Tersedia tiga pilihan storage, yakni 64, 256, dan 512 GB.

iPhone XS

Secara spesifikasi, sebenarnya varian ini bisa dibilang sama persis dengan varian Max. Hanya saja, iPhone XS memiliki ukuran yang lebih "normal" untuk sebuah iPhone. Varian ini memiliki layar seluas 5,8 inci berjenis AMOLED dengan resolusi 1.125 x 2436 piksel. Selebihnya, iPhone XS dan XS Max memiliki spesifikasi serupa bak pinang dibelah dua.

iphone xs
Gambar dari gsmarena.com.

Selaras dengan gosip yang beredar, iPhone XS dan XS Max akan mendukung fitur kartu SIM ganda seperti layaknya smartphone Android. Hanya saja, ada dua varian yang akan beredar. Untuk varian di negara barat, Apple memberikan konfigurasi eSIM + nano SIM, sedangkan khusus di Tiongok, Apple memberikan konfigurasi nano SIM + nano SIM. Belum diketahui varian mana yang akan masuk secara resmi ke Indonesia. Namun mengingat Indonesia belum mengadopsi eSIM, kemungkinan besar varian Tiongkok lah yang akan dibawa ke pasar nasional.

Baca juga: Tips Membeli iPhone Bekas Secara Online Yang Aman

Banderol harga menjadi hal yang ditunggu para warganet, termasuk penulis. Sama seperti iPhone generasi sebelumnya, Apple membanderol iPhone XS dan XS Max dengan harga yang premium. iPhone XS berkapasitas 64 GB dibanderol seharga US$999 atau sekitar 14,8 juta rupiah. Sedangkan untuk iPhone XS Max berkapasitas 64 GB dibanderol seharga US$1.099 atau sekitar 16,3 juta rupiah. Melihat sejarahnya, harga ini tentunya akan cukup melambung ke atas ketika keduanya sudah beredar resmi di Indonesia.

Spesifikasi teknis dari iPhone XS dan XS Max bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

iPhone XS


Layar
5,8 inci dengan resolusi 1.125 x 2.436 piksel, rasio 19:5,9, Super AMOLED capacitive touchscreen.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
143,6 x 70,9 x 7,7 mm, 177 g.
Prosesor
Apple A12 Bionic.
GPU
Apple GPU (quad-core graphics).
RAM
4 GB.
Internal Storage
64/256/512 GB.
External Storage
Tidak ada.
Kamera Belakang
Kamera ganda dengan konfigurasi:

Kamera utama: 12 megapiksel dengan bukaan f/1.8, 28mm, ukuran piksel 1.4µm, OIS, PDAF.

Kamera sekunder: 12 megapiksel dengan bukaan f/2.4, 52mm, OIS, PDAF, 2x optical zoom.

Empat lampu kilat dual tone.

Kamera Depan
7 megapiksel dengan bukaan f/2.2, 32mm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS, USB 2.0 Lightning Connector.
Baterai
Li-Ion battery.
Sistem Operasi
iOS 12.

iPhone XS Max

Layar
6,5 inci dengan resolusi 1.242 x 2.688 piksel, rasio 19:5,9, Super AMOLED capacitive touchscreen.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
143,6 x 70,9 x 7,7 mm, 177 g.
Prosesor
Apple A12 Bionic.
GPU
Apple GPU (quad-core graphics).
RAM
4 GB.
Internal Storage
64/256/512 GB.
External Storage
Tidak ada.
Kamera Belakang
Kamera ganda dengan konfigurasi:

Kamera utama: 12 megapiksel dengan bukaan f/1.8, 28mm, ukuran piksel 1.4µm, OIS, PDAF.

Kamera sekunder: 12 megapiksel dengan bukaan f/2.4, 52mm, OIS, PDAF, 2x optical zoom.

Empat lampu kilat dual tone.

Kamera Depan
7 megapiksel dengan bukaan f/2.2, 32mm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS, USB 2.0 Lightning Connector.
Baterai
Li-Ion battery.
Sistem Operasi
iOS 12.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.