Skip to main content

Review Realme 2 Pro: Paket Lengkap Harga Hemat!

Setelah sukses di India, Realme akhirnya mulai melakukan penetrasi di pasar Indonesia. Hal ini ditandai dengan rilisnya tiga jagoan mereka, yakni Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1. Masing-masing dari tipe tersebut sudah siap berjibaku melawan kompetitor yang cukup agresif di tanah air. Berada di kelas menengah, Realme 2 Pro membawa amunisi yang begitu menarik bagi para pecinta gadget dari Sabang hingga Merauke. Sebut saja: chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE, konfigurasi RAM + internal raksasa 8 + 128 GB, kamera belakang ganda dengan fitur AI, hingga layar full view dengan resolusi full HD+ yang cantik dengan notch berbentuk waterdrop. Seperti apakah pengalaman penulis menggunakan smartphone ini?

Review Acer Swift 3: Si Tipis yang Bertenaga

Bagi eksekutif muda masa kini, laptop menjadi salah satu alat penunjang kerja yang wajib dimiliki. Hampir semua lini pekerjaan, baik kerja kantoran hingga kerja lapangan, membutuhkan komputer jinjing ini agar semua kerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Kebutuhannya pun bermacam-macam, namun ada baiknya jika kamu sebagai eksekutif muda membeli sebuah laptop  dengan tenaga lebih sehingga kerjaan kamu juga bisa dikerjakan dengan lancar tanpa kendala.

review acer swift 3
Acer Swift 3.

Salah satu yang menjadi momok ketika ingin membeli laptop bertenaga adalah bobot dan ukuran. Biasanya, sebuah laptop yang menggunakan prosesor kencang dan kartu grafis bertenaga memiliki bobot yang cukup besar dengan ketebalan yang cukup tebal. Hal ini yang menjadikan sebagian dari kamu mungkin memilih untuk membeli laptop dengan "jeroan" pas-pasan namun berukuran yang lebih ringkas. Jangan khawatir, sebagai salah satu produsen komputer jinjing ternama, Acer siap memberikan solusi bagi para eksekutif muda dengan produk Acer Swift 3. Laptop yang ditunjang oleh prosesor AMD Ryzen dan kartu grafis Radeon Vega ini siap untuk menunjang berbagai kerjaan kamu namun tidak membebankan punggung ketika kamu membawanya pada saat beraktivitas sehari-hari.

Acer Swift 3 yang diuji oleh penulis memiliki nomor model SF315-41. Jika dilihat sepintas, desainnya memang terlihat sederhana, namun cukup stylish dan modern untuk laptop masa kini. Body-nya terbuat dari aluminium yang membuatnya terlihat kokoh dan solid. Tebalnya pun bisa dikatakan cukup tipis, hanya sekitar 18,9 mm saja. Ditambah bobot yang hanya sekitar 2,1 kg dengan baterai, membawa laptop ini di dalam tas pun tidak menjadi masalah. Hanya saja dengan ukuran layar 15,6 inci, pilihan tas laptop yang bisa kamu beli mungkin akan lebih terbatas jika dibandingkan dengan ukuran laptop dengan ukuran layar yang lebih kecil.

Meskipun memiliki body yang cukup tipis, namun Acer Swift 3 tidak pelit dalam urusan konektivitas fisik. Di sisi kiri kamu bisa menemukan sebuah charging port, HDMI, dua buah USB 3.0, sebuah USB Type-C, serta jack audio 3,5 mm. Sedangkan di sisi kanan kamu bisa mendapatkan sebuah SD card reader, USB 2.0, dan security lock. Perlu diketahui, laptop ini tidak memiliki port RJ-45, sehingga kamu yang terbiasa mencolok kabel LAN seperti penulis harus mau tak mau mengandalan koneksi WiFi saja. Laptop ini juga tidak memiliki optical drive, jadi kamu tidak bisa memutar media piringan seperti CD maupun DVD. Yah, zaman sekarang media tersebut mungkin jarang digunakan juga ya karena semuanya sudah lebih sering berbagi menggunakan media penyimpanan awan alias cloud storage.

review acer swift 3
Sisi kiri Acer Swift 3.

review acer swift 3
Sisi kanan Acer Swift 3.

Layar seluas 15,6 inci yang ada pada Acer Swift 3 memiliki resolusi Full HD 1.920 x 1.080. Menggunakan panel bejernis IPS LCD, layar tersebut dapat dilihat secara jelas dari berbagai sudut. Tidak hanya itu, layarnya juga dilapisi oleh lapisan pelindung Corning Gorilla Glass sehingga lebih aman dari goresan. Buat kamu yang suka iseng, layarnya bisa dibentangkan hingga 180 derajat lho!

Buat kamu yang sering mengetik, maka kemungkinan besar kamu akan menyukai keyboard pada Acer Swift 3. Feel pengetikan ketika digunakan terasa empuk dan nyaman. Apalagi keyboard-nya memiliki tombol numpad di bagian kanan sehingga dapat memudahkan kita untuk mengetik angka. Jarak antar tuts juga cukup renggang sehingga kemungkinan untuk typo juga lebih kecil. Sayangnya, keyboard dari laptop ini belum dilengkapi dengan backlight sehingga kamu akan cukup sulit menggunakannya di tempat yang gelap. Di sisi kanan bawah keyboard terdapat sebuah pemindai sidik jari yang dapat digunakan untuk membuka kunci Windows.

review acer swift 3
Keyboard Acer Swift 3.

review acer swift 3
Trackpad Acer Swift 3.

Trackpad mungkin bukan pilihan utama buat kamu yang suka bernavigasi lebih luwes menggunakan mouse. Namun mungkin kamu akan cukup senang dengan trackpad yang ada pada Acer Swift 3. Areanya cukup luas dengan respon sentuhan yang cepat dan smooth. Kamu bisa menggunakan beberapa gesture navigasi seperti scroll dengan dua jari serta pinch zoom in/out. Jika kamu harus pekerja secara mobile di dalam perjalanan, maka trackpad yang tersedia cukup memadai untuk memudahkan navigasi ketika bekerja.

Berbicara mengenai performa, Acer Swift 3 yang diuji oleh penulis dipersenjatai AMD Ryzen 5 2500U yang memiliki empat inti dan delapan thread. Prosesor tersebut berjalan dalam kecepatan 2 GHz serta dapat di-boost lagi hingga 3,6 GHz. Sedangkan untuk kartu grafisnya diperkuat oleh Radeon Vega 8 yang lebih kurang setara MX150 dari kubu seberang. RAM sebesar 8GB DDR4 dan harddisk berkapasitas 1TB turut menemani dapur pacu yang ada pada laptop ini. Bagaimana dengan performanya? Digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, seperti membuka Chrome dengan banyak tab, mengolah dokumen dengan Microsoft Office, editing foto dengan Adobe Photoshop, sembari mendengarkan musik via aplikasi Spotify dapat dijalankan tanpa kendala yang berarti. Perpindahan aplikasi menggunakan kombinasi Alt+Tab pun cukup lancar, yang tentunya didukung oleh RAM besar yang dimiliki oleh laptop ini.

review acer swift 3
CPU-Z Acer Swift 3.

review acer swift 3
GPU-Z Acer Swift 3.

review acer swift 3
Hasil pengujian Cinebench R15 pada Acer Swift 3.

review acer swift 3
Hasil pengujian 3DMark Sky Diver pada Acer Swift 3.

review acer swift 3
Pengaturan Heaven Benchmark pada Acer Swift 3.

review acer swift 3
Hasil pengujian Heaven Benchmark pada Acer Swift 3.

review acer swift 3
Hasil pengujian Crystal Disk Mark pada Acer Swift 3.

Jenuh dengan kerjaan dan ingin santai sejenak? Tenang saja, Acer Swift 3 masih mampu jika diajak bermain game kasual masa kini kok. FIFA 18 ataupun Pro Evolution 2018 dapat berjalan lancar dengan setting rata kanan. Sedangkan untuk game yang lebih berat seperti PUBG ataupun Fortnite, masih bisa dijalankan dengan baik namun setting grafisnya harus disesuaikan ke low-medium saja.

Fitur hiburan untuk mendengarkan musik dan menonton film adalah salah satu aktivitas yang dapat dinikmati dengan cukup nyaman menggunakan Acer Swift 3. Meskipun tidak menanamkan embel-embel audio khusus, namun suara yang dihasilkan oleh speaker laptop ini bisa dibilang cukup baik. Penulis mencoba untuk menikmati musik dan film seri favorit via Spotify dan Netflix. Hasilnya, suara vokal dan instrumen cukup terdengar jelas, meskipun bass-nya sedikit kurang tenaga. Kedua buah speaker yang berada di sisi bawah depan laptop ini mampu mengeluarkan suara yang cukup kencang dan tidak pecah. Meskipun mungkin kamu akan lebih mempertimbangkan untuk menggunakan headset saja.

review acer swift 3
Dua buah speaker stereo pada Acer Swift 3.

Suhu dan daya tahan baterai merupakan salah satu pertimbangan ketika ingin membeli laptop, tidak terkecuali jika kamu ingin membeli Acer Swift 3. Tenang saja, suhu laptop ini ketika sedang idle atau melakukan pekerjaan ringan seperti mengolah dokumen, browsing internet dengan sedikit tab, ataupun mendengarkan musik menggunakan Spotify hanya sekitar 44-51 derajat celcius saja kok. Sedangkan jika laptop ini digunakan untuk pekerjaan yang lebih berat seperti bermain game, mengolah video, ataupun membuka lebih banyak tab pada browser, suhu bisa mencapai 73 derajat celcius. Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Acer mengklaim bahwa Swift 3 mampu bertahan hingga 10 jam. Namun pada kenyataannya, jika digunakan untuk pemakaian ringan pada dengan modus balance, laptop ini bertahan hingga 5-6 jam. Sedangkan untuk pemakaian berat dengan modus high performance, laptop ini bertahan sekitar 2-3 jam saja. Memang sih tidak selama yang di klaim oleh Acer, tapi daya tahan baterainya cukup baik untuk sebuah laptop dengan performa yang cukup kencang.

review acer swift 3
Suhu idle Acer Swift 3.

review acer swift 3
Suhu full load Acer Swift 3.

Acer Swift 3 merupakan salah satu laptop kelas menengah yang penulis rekomendasikan untuk kamu beli di pertengahan 2018 ini. Datang dengan spesifikasi yang cukup tinggi, fitur yang lengkap, dan bobot yang cukup ringkas, laptop ini bisa kamu gunakan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, terutama bagi kamu yang sering berpindah-pindah tempat. Dengan harga sekitar 9 jutaan untuk varian yang diuji oleh penulis, segala kebutuhan pekerjaan kamu bisa dikerjakan dengan lancar dan nyaman dengan Acer Swift 3. Satu-satunya kekurangan yang mungkin dirasakan adalah absennya sistem operasi Windows pada laptop ini, sehingga kamu harus merogoh kocek lebih untuk membeli Windows original.

Spesifikasi teknis dari Acer Swift 3 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Prosesor
AMD Ryzen 5 2500U Quad-core 2GHZ, boost up to 3,6GHz.
GPU
AMD Radeon Vega 8.
Memory RAM
8GB DDR4.
Storage
1TB HDD.
Layar
15 inci berjenis IPS LCD dengan resolusi 1.920 x 1.080, Corning Gorilla Glass.
Sistem Operasi
Tidak tersedia.
Optical Drive
Tidak tersedia.
Konektivitas
1 x COMBO audio jack 
1 x USB Type-C
2 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI

Integrated 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth 4.1
2-in-1 card reader (SD/SDHC)
Dimensi (Panjang x Lebar x Tebal)
37,5 x 25,5 x 1,89 cm
Bobot
2,1 kg dengan baterai

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.