Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro Resmi Diluncurkan, Andalkan Tiga Kamera Belakang dan Kirin 980

Huawei baru saja meluncurkan Mate 20 dan Mate 20 Pro kemarin. Dalam acara yang diselenggarakan di London tersebut, perusahaan asal Tiongkok ini memperkenalkan berbagai teknologi canggih terkini yang mereka buat dalam balutan body aluminium. Beberapa diantaraya adalah konfigurasi triple camera pada kamera belakang, chipset Kirin 980 yang dibuat pada fabrikasi 7 nm, serta teknologi wireless reverse charging.

huawei mate 20 pro
Gambar dari huawei.com.

Huawei Mate 20 Pro

Flagship terbaru dari Huawei ini bisa dibilang perangkat yang paling canggih yang pernah dibuat oleh mereka. Dimulai dari penggunaan layar OLED seluas 6,39 inci yang memiliki resolusi 3.120 x 1.440. Dibalik layar tersebut, terdapat sensor pemindai sidik jari yang dapat digunakan untuk membuka kunci layar ataupun melakukan otorisasi untuk aplikasi finansial. 

Gambar dari gsmarena.com.

Konfigurasi triple camera menjadi salah satu fitur yang diunggulkan pada Huawei Mate 20 Pro. Berbeda dengan konfigurasi pada P20 Pro, triple camera Mate 20 Pro terdiri atas kamera primer 40 megapiksel dengan lensa wide angle, kamera sekunder 20 megapiksel dengan lensa ultra wide angle, serta kamera tersier 8 megapiksel lensa 3x telephoto. Dengan konfigurasi tersebut, smartphone ini mampu untuk melakukan foto makro dengan jarak perangkat ke objek hanya 2,5 cm. Sedangkan untuk modus video, Huawei membenamkan AI Cinema Mode. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur color tint, saturation, dan brightness dari sebuah klip video. Kamu juga bisa membuat foto dengan objek orang yang berwarna dengan backgroud hitam putih dengan fitur Selective Desaturation.

Selain kamera yang canggih, Huawei juga memperkenalkan teknologi baru dari SuperCharge. Teknologi tersebut mampu untuk mengisi daya perangkat dengan kekuatan daya 40 W hingga 70% dari kapasitas baterai yang berdaya 4.200 mAh hanya dalam waktu 30 menit. Kamu juga tidak perlu khawatir soal keamanannya, sebab teknologi ini sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland. Tidak sampai di situ, Huawei juga menghadirkan pengisian daya nirkabel dengan kekuatan 15 W yang mampu mengisi daya baterai hingga 30% dalam waktu 30 menit. Dan satu kejutan paling menarik, yakni Wireless Reverse Charging! Ya, smartphone ini mampu mengisi daya baterai perangkat lainnya hanya dengan menempelkannya ke sisi belakang perangkat. Tentunya perangkat yang ingin diisi harus mendukung fitur wireless charging juga.

Huawei Mate 20

Berbeda dengan versi Pro yang penuh teknologi canggih, Huawei Mate 20 hadir dengan lebih sederhana. Namun bukan berarti tidak menarik lho. Smartphone ini memiliki layar 6,53 inci berjenis IPS LCD dan resolusi 1080p. Dibalik layar tersebut tidak ada sensor pemindai sidik jari, sebab sensornya ditempatkan di sisi belakang smartphone ini, tepatnya di bawah modul kamera.

Gambar dari gsmarena.com.

Huawei Mate 20 juga hadir dengan konfigurasi triple camera. Hanya saja lensa yang digunakan memiliki kelas di bawah versi Pro. Smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama 16 megapiksel lensa ultra wide angle, kamera sekunder 12 megapiksel lensa wide angle, serta kamera tersier 8 megapiksel lensa 2x telephoto. Fitur pemotretan makro dengan jarak 2,5 cm dan AI Cinema Mode juga dapat dijumpai pada smartphone ini.

Untuk urusan baterai, Mate 20 diperkuat oleh baterai berdaya 4.000 mAh yang dilengkapi fitur pengisian daya cepat Huawei SuperCharge 22.5 W. Satu hal yang hilang dari versi Pro pada smartphone ini adalah kemampuan pengisian daya nirkabel baik untuk pengisian daya perangkat ini maupun perangkat lain.

Baik Huawei Mate 20 maupun Mate 20 Pro dipersenjatai dengan chipset terbaru Kirin 980. Chipset racikan Huawei sendiri itu diproduksi dengan proses fabrikasi 7 nm dan menggunakan core Cortex-A76 terbaru dari ARM. Dengan rancangan terbaru, chipset ini akan memiliki performa 75% lebih cepat dan 58% lebih efisien untuk penggunaan daya jika dibandingkan dengan Kirin 970. Tidak hanya itu, Huawei juga menyemakan dual NPU yang didesain untuk mengerjakan segala aktivitas AI, yang tentunya akan menjamin pengoperasian smartphone ini akan lebih lancar tanpa kendala.

Huawei Mate 20 memiliki dua varian, yakni RAM 4 GB dan internal storage 128 GB serta RAM 6 GB dan internal storage 128 GB. Sedangkan Mate 20 Pro hanya memiliki satu varian, yakni RAM 6 GB dan internal storage 128 GB. Kedua smartphone tersebut akan berjalan dengan antarmuka EMUI 9.0 terbaru yang berbasis sistem operasi Android 9.0 Pie. Satu hal yang tidak kalah penting, keduanya juga memiliki slot media penyimpanan eksternal. Hanya saja medianya bukan microSD lagi lho, namun Huawei bekerja sama dengan Toshiba untuk memperkenalkan standar media penyimpanan baru bernama Nano Memory Card. Mungkin akan butuh waktu bagi memory card jenis terbaru tersebut untuk dapat menjamur di pasaran.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.