Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Qualcomm Luncurkan Snapdragon 675, Chipset Istimewa Untuk Gaming Smartphone

Qualcomm baru saja meluncurkan chipset terbaru mereka, yakni Snapdragon 675. Chipset ini merupakan pengembangan dari Snapdragon 670 yang belum lama ini diperkenalkan. Dengan beberapa optimalisasi gaming, chipset ini akan mendukung berbagai game engine populer yang ada di smartphone. Selain itu, chipset ini juga akan menggunakan prosesor yang lebih kencang dari yang ada pada Snapdragon 670.

Gambar dari gsmarena.com.

Snapdragon 675 memiliki prosesor delapan inti yang bernama Kryo 460. Prosesor ini terdiri atas dua inti yang berbasis Cortex-A76 untuk performa tinggi dengan kecepatan hingga 2 GHz, serta enam inti lainnya yang berbasis Cortex-A55 untuk efisiensi daya. Sedangkan untuk ISP dan GPU-nya, chipset ini masih diperkuat oleh Spectra 250 dan Adreno 612 yang ada pada Snapdragon 670. Seperti yang sudah tertulis pada paragraf pertama, Snapdragon 675 akan mendukung berbagai optimalisasi gaming untuk beberapa game engine seperti Unity, Unreal, Messiah, dan NeoX. Selain itu, akan ada dukungan untuk tools dan API populer seperti Vulkan, OpenGL 3.2, OpenCL, dan Snapdragon profiler. Dengan optimalisasi tersebut, diharapkan pengguna dapat merasakan pengalaman mobile game yang lebih lancar.

Pada sektor kamera, chipset ini mendukung konfigurasi triple camera hingga 16 megapiksel untuk masing-masing kamera (atau 25 megapiksel jika hanya menggunakan konfigurasi single camera). Dengan Spectra 250, pengguna juga dapat mendapatkan hasil foto yang lebih baik hingga 50% dengan multi-core AI Engine terbaru.

Gambar dari gsmarena.com.

Snapdragon 675 akan mendukung pengisian daya cepat dengan teknologi Quick Charge 4+. Tentunya, kehadiran teknologi ini akan bergantung kepada produsen, apakah mereka ingin mengimplementasikannya atau tidak. Di sisi konektivitas, chipset ini juga sudah memiliki dukungan Bluetooth 5.0, Dual VoLTE, Wi-Fi 802.11 ac dual-band dengan MIMO 2x2, serta 4G LTE Cat.12 dengan kecepatan unduh hingga 600 Mbps. Chipset ini sudah tersedia untuk digunakan oleh produsen dan kemungkinan akan hadir dalam wujud smartphone di awal 2019. Nampaknya kuartal pertama atau kedua 2019 nanti, kita akan melihat beragam produk kelas menengah yang akan memanfaatkan chipset ini.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.