Rekomendasi Smartphone Flagship Second Di Bawah Sejuta

Harga smartphone saat ini memang semakin terjangkau. Jika dahulu kita harus menyiapkan kocek lebih dari 5 juta rupiah untuk mendapatkan hape yang keren, sekarang sudah banyak pilihan ponsel bagus cukup dengan dana 2 jutaan. Dengan budget tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah smartphone dengan chipset kelas menengah yang bertenaga, kamera dengan konfigurasi lensa ganda, hingga layar full view dengan resolusi full HD. Namun bagaimana jika kamu bisa membeli smartphone second dengan spesifikasi flagship masa lampau dengan harga di bawah sejuta?

Ya, jika kamu mencari dengan seksama di beberapa toko daring nasional, saat ini ada banyak "mantan flagship" yang dijual dalam kondisi second dan memiliki banderol harga yang miring. Bahkan sebagian dari ponsel tersebut dijual seharga ratusan ribu saja. Hal ini tentunya sangat menarik bukan, apalagi untuk kamu yang hanya memiliki budget cekak namun mendambakan sebuah hape berkinerja tinggi. Penasaran smartphone apa sajakah? Simak rekomendasinya di bawah ini!


  • Sony Xperia Z3 Compact
Gambar dari sonymobile.com.

Rekomendasi pertama adalah Sony Xperia Z3 Compact. Flagship yang hadir dalam ukuran kecil ini memiliki spesifikasi kelas atas saat pelucurannya. Sebut saja chipset Qualcomm Snapdragon 801, RAM 2 GB, serta kamera belakang 20,7 megapiksel. Layarnya hanya berukuran 4,6 inci, lebih ringkas jika dibandingkan dengan standar flagship saat itu yang sudah berada di atas 5 inci. Resolusinya memang masih 720 x 1.280 piksel atau HD, tapi dengan hadirnya teknologi Triluminos Display dan X-Reality Engine membuatnya tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan layar kompetitornya. Hal menarik lainnya yang bisa didapatkan dari ponsel mungil ini adalah kemampuannya untuk digunakan di dalam air maksimal kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Saat ini, Sony Xperia Z3 Compact second yang berasal dari Jepang (ex-Docomo atau AU) dapat kamu temui di marketplace daring dengan harga berkisar antara 650 - 700 ribu rupiah.


  • Sony Xperia Z3
Gambar dari gsmarena.com.

Tidak lengkap rasanya jika sudah merekomendasikan Z3 Compact namun tidak melirik varian besarnya, yakni Sony Xperia Z3. Spesifikasinya sih mirip dengan saudara kecilnya, namun terdapat perbedaan yang membuat Xperia Z3 lebih menarik. Misalnya, RAM 3 GB yang lebih besar dan internal storage 32 GB yang lebih luas. Untuk kamu yang memerlukan layar lebih besar, ponsel ini juga memiliki layar seluas 5,2 inci dengan resolusi full HD. Sama seperti Z3 Compact, smartphone ini juga bisa diajak berenang karena memiliki sertifikasi IP68. Saat ini, Sony Xperia Z3 second yang berasal dari Jepang (ex-Docomo atau AU) dapat kamu temui di marketplace daring dengan harga berkisar antara 800-900 ribu rupiah.



  • Sony Xperia Z3+/Z4
Gambar dari gsmarena.com.

Jika kamu memiliki budget lebih, kamu juga dapat melirik Sony Xperia Z3+ (atau Z4 di pasar domestik Jepang). Desain dan ukuran layar dari smartphone ini masih sama dengan pendahulunya. Namun, Z3+ diperkuat oleh Qualcomm Snapdragon 810 yang lebih bertenaga. Modul kamera belakangnya juga masih sama dengan Z3, namun kamera depannya sudah mendapatkan upgrade ke sensor 5 megapiksel. Jika kamu menginginkan mantan flagship yang cukup bertenaga, kamu dapat menebus Sony Xperia Z3+ second Jepang (ex-Docomo atau AU) hanya dengan merogoh kocek 950 ribu - 1 juta rupiah.


  • Sony Xperia X Performance
Gambar dari sonymobile.com.

Smartphone yang satu ini memang banderol harganya di atas sejuta sih, namun melihat rasio harga/spesifikasinya yang cukup istimewa rasanya kurang afdhol jika tidak memasukkan Sony Xperia X Performance ke dalam daftar rekomendasi. Dengan banderol sekitar 1,2 juta rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah ponsel berspesifikasi tinggi. Sebut saja chipset Qualcomm Snapdragon 820, RAM 3GB, internal storage 32GB, serta kamera belakang 23 megapiksel dan kamera depan 13 megapiksel.

Itulah empat rekomendasi smartphone second yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau saat ini. Tiga diantaranya bahkan bisa kamu tebus di bawah sejuta! Namun ada beberapa catatan yang perlu kamu ingat:
  1. Smartphone second dari luar negeri biasanya hanya dijual secara batangan tanpa kelengkapan apapun, sehingga kamu mungkin perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli charger, kabel USB, dan headset.
  2. Produk tersebut juga biasanya tidak memiliki garansi, atau hanya diberikan garansi sekitar 3-7 hari dari toko yang menjual. Jadi kalau kamu beli hape ini, anggap aja beli putus.
  3. Perbedaan sistem operasi antar negara (region based) akan mempengaruhi sebuah fitur dari smartphone, tidak terkecuali fitur-fitur yang ada pada smartphone second yang penulis rekomendasikan. Fitur seperti NFC kemungkinan tidak dapat berfungsi, kecuali sudah melakukan modifikasi sistem operasi.

Buy it on your own risk!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?