Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Review Infinix Hot S3X: Hape Berdaya Baterai Besar dan Kamera Depan 20 Megapiksel

Smartphone kelas pemula - menengah memang masih menjadi primadona di pasar Indonesia. Apalagi saat ini semakin banyak merek yang menawarkan produk dengan performa tinggi, kamera bagus, dan baterai berdaya besar namun dengan banderol 2 jutaan aja. Infinix sebagai salah satu spesialis hape kelas pemula - menengah pun tidak mau ketinggalan. Meneruskan kesuksesan Infinix Hot 3S, perusahaan asal Hongkong tersebut meluncurkan penerusnya yang diberi nama Infinix Hot S3X... bukan, bukan s*ks ya bacanya, tapi es-tiga-eks.

ulasan infinix hot s3x

Secara spesifikasi, Infinix Hot S3X membawa sejumlah fitur yang cukup menarik. Seperti baterai berdaya besar 4.000 mAh, kamera depan 20 megapiksel, kamera belakang 13 + 2 megapiksel, serta layar seluas 6,2 inci full view dengan resolusi 720 x 1.500 piksel. Berbekal chipset kelas pemula Qualcomm Snapdragon 430, smartphone ini memiliki tenaga yang cukup untuk menunjang aktivitas penulis sehari-hari. Tidak hanya itu, ponsel selfie ini juga menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan menggunakan XOS Hummingbird 3.0 yang berbasis sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Dari segi desain, jujur saja Infinix Hot S3X memang terlihat seperi smartphone kelas pemula - menengah pada umumnya. Penulis tidak menemukan keunikan yang bisa membedakannya dengan ponsel lain. Namun hal ini bukan berarti tidak bagus. Desain generik seperti ini sudah terbukti kenyamanannya ketika digenggam. Hot S3X masih menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan finishing mengkilap di bagian belakang, namun ponsel ini masih cukup terasa kokoh dan solid. Tombol-tombol seperti tombol power maupun volume pun mantap untuk dipencet, tidak terkesan ringkih.

review infinix hot s3x
Sisi belakang bawah Infinix Hot S3X.

review infinix hot s3x
Kamera belakang dan sensor sidik jari Infinix Hot S3X.

review infinix hot s3x
Port microUSB Infinix Hot S3X.

review infinix hot s3x
Tombol power dan volume Infinix Hot S3X.

review infinix s3x
Audio jack 3,5 mm dan slot kartu SIM serta microSD.

Di sisi depan kita disuguhkan oleh layar fill view berjenis IPS LCD dengan ukuran 6,2 inci. Resolusi layar tersebut masih HD+ 720 x 1.500 piksel. Meskipun resolusinya belum full HD, namun tidak mengurangi kenikmatan penulis pada saat menggunakan Infinix Hot S3X sehari-hari. Buat baca artikel berita ataupun manga bisa dibilang cukup nyaman. Diajak buat main game ataupun nonton film juga masih oke. Di bawah sinar matahari yang cukup terik, layar smartphone ini boleh dikasih jempol, sebab jika kita menggunakan brightness pada tingkat paling tinggi layar masih terlihat cukup jelas.

Sebuah audio jack 3,5 mm bisa kita temui di sisi atas Infinix Hot S3X. Berpindah ke sisi kanan, terdapat sebuah tombol power yang berdampingan dengan sepasang tombol volume up dan down. Di sisi seberangnya, kamu akan mendapati dua buah slot kartu SIM dan sebuah slot microSD. Dengan konfigurasi tersebut, kita bisa menggunakan dua buah kartu SIM sekaligus dengan satu buah microSD jika diperlukan. Lalu bagaimana dengan sisi belakangnya? Terdapat dua buah kamera yang ditemani oleh lampu kilat LED ganda yang terletak di pojok kiri atas, sedangkan di tengah terdapat sebuah pemindai sidik jari dan logo Infinix.

Infinix Hot S3X menggunakan antarmuka XOS Hummingbird 3.0 berbasis Android 8.1 Oreo. Dalam pengoperasiannya sehari-hari, antarmuka ini berjalan cukup mulus tanpa kendala yang berarti. Berpindah-pindah home screen, membuka control center, serta membuka notification bar cukup lancar dan intuitif. Aplikasi bawaan yang sudah terpasang pada smartphone ini cukup membantu penulis untuk pengoperasian ponsel sehari-hari. Beberapa diantaranya: XHide yang berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi ataupun file untuk keamanan privasi kamu, XShare untuk memindahkan file ke smartphone lain tanpa koneksi internet, serta XTheme untuk mengganti tampilan antarmuka ponsel ketika penulis sudah jenuh dengan tema yang digunakan.


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Infinix Hot S3X dibekali oleh chipset Qualcomm Snapdragon 430 yang terdiri dari prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,5GHz dan quad-core Cortex-A53 lainnya berkecepatan 1 GHz. Prosesor tersebut dikombinasikan dengan kartu grafis Adreno 505. Sesuai prediksi, performa dari smartphone ini bisa dibilang sama dengan smartphone lainnya yang menggunakan chipset serupa. Beragam aplikasi dan game dapat dijalankan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Namun jika kamu memainkan game yang cukup berat seperti PUBG, maka kamu hanya bisa menikmatinya dengan pengaturan grafis rata kiri (low).

review infinix hot s3x
AnTuTu Benchmark v7.1.0.

review infinix hot s3x
Geekbench 4.3.0.

review infinix hot s3x
3DMark dengan modus Sling Shot.

Infinix Hot S3X memiliki konfigurasi kamera ganda kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 megapiksel dan kamera sekunder 2 megapiksel. Kamera tersebut ditemani oleh sebuah lampu kilat LED ganda. Untuk hasil fotonya sendiri cukup baik dengan detail yang lumayan. Hanya saja memang ada penurunan kualitas ketika berada di kondisi kurang cahaya. Oh ya, smartphone ini juga bisa mengatur tingkat bokeh setelah foto diambil lho. Sedangkan kamera depannya, ponsel ini cukup diunggulkan karena memiliki sensor 20 megapiksel dan dilengkapi dengan AI Beauty Selfie untuk modus pengambilan swafoto yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa hasil tangkapan dari kamera belakang dan depan Infinix Hot S3X. Semuanya menggunakan modus otomatis kecuali diberikan keterangan oleh penulis. Olah digital yang dilakukan hanyalah untuk mengubah ukuran dan kompresi ukuran file agar lebih nyaman untuk dilihat oleh pembaca.

Kamera Belakang - Luar Ruangan Siang

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x
Hasil modus Potrait.

Kamera Belakang - Dalam Ruangan

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x
Hasil modus Potrait.

Kamera Belakang - Luar Ruangan Malam

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

Kamera Depan - Luar Ruangan Siang, Dalam Ruangan

review infinix hot s3x

review infinix hot s3x

Baterai tanam berkapasitas 4.000 mAh menjadi penopang utama dari hidup ponsel ini. Dengan pola pemakaian ala penulis yang mayoritas online di media sosial, sering mendengarkan musik via Spotify, sesekali menonton via Netflix, dan sesekali bermain game (Sega Pocket Football Manager), baterai tersebut tahan seharian dari waktu penulis bangun (06.00, daya 100%) hingga waktu penulis pulang kerja (18.00, daya sisa 10%). Daya tahan ini bisa dibilang cukup awet dan tahan lama. Untuk waktu pengisian daya menggunakan charger bawaannya, dari 10% hingga 100% hanya memakan waktu lebih kurang 1 jam 40 menit. Cukup cepat karena smartphone ini sudah mendukung pengisian daya cepat QuickCharge 2.0.

Di kelas harga resminya. yakni Rp2.299.000, saat ini Infinix Hot S3X memang harus berusaha cukup keras untuk dapat menarik minat para calon pembeli. Sebab, tidak sedikit kompetitor dengan harga serupa lebih berani menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi dengan fitur berlimpah yang tidak kalah menarik. Salah satu kelemahan menurut penulis yang dimiliki oleh smartphone ini adalah penggunaan chipset yang sudah cukup ketinggalan. Jika saja Infinix memberikan chipset yang lebih baru, seperti Snapdragon 450 ataupun 636, mungkin daya tarik dari smartphone ini akan jauh lebih tinggi.

review infinix hot s3x
Media penyimpanan internal Infinix Hot S3X ketika baru pertama kali dinyalakan.

review infinix hot s3x
Sensor yang terdapat pada Infinix Hot S3X.

Dengan berbagai keunggulan serta kelemahan yang dimiliki, Infinix Hot S3X bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi smartphone  kerja sehari-hari dengan daya tahan baterainya yang cukup awet dan performa lugas. Smartphone ini bisa dibeli secara daring maupun luring melalui toko favorit kamu yang terkadang memiliki harga lebih murah dari harga banderol resmi. Bagaimana penilaian penulis untuk Infinix Hot S3X? Cek skornya di bawah ini!

Desain
3.5
Performa
4
Kamera
3.5
Baterai
5
Harga
3
Total
3.8


Untuk spesifikasi teknis dari Infinix Hot S3X yang diulas oleh penulis bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Layar
6,2 inci dengan resolusi 720 x 1.500 piksel, rasio 18:9, IPS LCD capacitive touchscreen.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
156,7 x 75,3 x 8,3 mm, 150 g.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 430 dengan prosesor octa-core (4 x 1,5 GHz Cortex-A53 dan 4 x 1 GHz Cortex A53).
GPU
Adreno 505.
RAM
3 GB.
Internal Storage
32 GB.
External Storage
MicroSD hingga kapasitas 128 GB, slot terpisah dari kartu SIM kedua.
Kamera Belakang
Kamera utama: 13 megapiksel dengan bukaan f/2.0.

Kamera sekunder: 2 megapiksel

Lampu kilat LED ganda.
Kamera Depan
20 megapiksel dengan AI Beauty Selfie.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, GPS, microUSB 2.0.
Baterai
4.000 mAh Li-Ion dengan QuickCharge 2.0.
Sistem Operasi
Android 8.1 dengan antarmuka XOS Hummingbird 3.0.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.