Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Review Realme 2 Pro: Paket Lengkap Harga Hemat!

Setelah sukses di India, Realme akhirnya mulai melakukan penetrasi di pasar Indonesia. Hal ini ditandai dengan rilisnya tiga jagoan mereka, yakni Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1. Masing-masing dari tipe tersebut sudah siap berjibaku melawan kompetitor yang cukup agresif di tanah air. Berada di kelas menengah, Realme 2 Pro membawa amunisi yang begitu menarik bagi para pecinta gadget dari Sabang hingga Merauke. Sebut saja: chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE, konfigurasi RAM + internal raksasa 8 + 128 GB, kamera belakang ganda dengan fitur AI, hingga layar full view dengan resolusi full HD+ yang cantik dengan notch berbentuk waterdrop. Seperti apakah pengalaman penulis menggunakan smartphone ini?

review realme 2 pro


Meskipun waktunya cukup singkat, yakni sekitar 5 hari, namun penulis sudah bisa merasakan bagaimana pewe-nya menggunakan Realme 2 Pro sebagai daily driver penunjang pekerjaan sehari-hari. Dimulai dari faktor layar yang luas dan lega membuatnya sangat nyaman untuk dilihat. Layar berjenis IPS LCD tersebut memiliki bentang luas 6,3 inci dengan rasio layar hingga 90,8%. Memiliki resolusi 1.080 x 2.340, layar smartphone ini terlihat tajam dan eye candy. Digunakan untuk melakukan aktivitas apapun, baik membaca artikel, menonton film, bermain game, hingga editing beberapa dokumen pekerjaan sangat nyaman pada Realme 2 Pro. Layar tersebut juga dilindungi oleh lapisan pelindung Gorilla Glass 3, jadi lebih aman terhadap goresan yang tidak kita inginkan. Waterdrop notch yang terdapat pada sisi tengah atas layarnya pun menambah kecantikan dari smartphone ini.

Realme 2 Pro memiliki rangka yang terbuat dari plastik polikarbonat. Sedangkan untuk sisi belakangnya, terbuat dari plastik yang dipoles sedemikian rupa sehingga terlihat seperti kaca. Kalau bahasa Realme-nya sih, hal tersebut adalah desain dewdrop yang dibuat dengan 15 lapis teknologi laminasi, membuat smartphone ini memiliki efek visual yang berkilau. Tidak hanya secara visual, tapi juga body dari smartphone ini begitu kokoh dan mantap saat berada digenggaman tangan penulis. Pada bagian atas dari sisi belakang perangkat, terdapat dua buah kamera yang dilengkapi dengan sebuah lampu kilat LED tunggal. Di bawahnya, sebuah pemindai sidik jari siap untuk kita gunakan untuk membuka kunci layar ataupun melakukan otorisasi pada aplikasi tertentu, seperti aplikasi perbankan ataupun pembayaran.

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

Jika boleh sedikit memberikan keluhan, penulis akan mengeluhkan penempatan tombol fungsional pada Realme 2 Pro. Smartphone ini memiliki sebuah tombol power yang terletak di sisi kanan, dan dua buah tombol volume di sisi kiri, tepat disamping slot kartu SIM dan microSD. Penempatan ini tidak seperti penempatan tombol smartphone Android pada umumnya. Guess what? Penempatan ini sama persis dengan penempatan tombol yang dimiliki oleh perangkat iPhone. Ya sebenarnya gak salah sih, hanya saja penulis lebih menyukai jika semua tombol berada sebaris di sisi kanan. Untuk tombol-tombolnya sendiri terasa mantap dan tidak "oblak" ketika dipencet. Hanya mungkin butuh sedikit penyesuaian saja untuk pengoperasiannya, karena sebelumnya jika kamu cukup menggunakan jempol kanan untuk mengakses semua tombol, kali ini harus minta bantuan ke jari telunjuk ataupun tengah.

Buat kamu yang menggunakan lebih dari satu nomor ponsel, Realme 2 Pro sangat mengkomodir kebutuhan tersebut. Smartphone ini memiliki sistem triple slots, di mana terdapat dua buah slot kartu SIM berjenis nano yang bisa digunakan untuk dua buah nomor ponsel yang kamu miliki. Sedangkan satu slot lagi bisa digunakan untuk kartu microSD dengan kapasitas hingga 256 GB... itupun mungkin baru kamu pakai kalau internal storage seluas 128 GB yang ada pada smartphone ini habis kali ya.

Untuk sisi bawah dari Realme 2 Pro, terdapat sebuah speaker, port microUSB, serta audio jack 3,5 mm. Penempatan audio jack ini merupakan favorit penulis, sebab sudah menjadi kebiasaan penulis menaruh smartphone di kantong celana dengan sisi atas menghadap ke bawah. Penulis juga yakin kebanyakan dari kamu pasti begitu juga kan? Dengan audio jack  terletak di sisi bawah, tentunya dapat memudahkan kita ketika ingin mendengarkan lagi menggunakan headphone ketika mengantongi perangkat. Satu hal yang mungkin bisa membuat kecewa, yaitu penggunaan microUSB 2.0. Akan lebih kece kalau hape ini menggunakan USB Type-C, setuju gak? Walaupun ya bukan dealbreaker sih.

Realme 2 Pro menggunakan antarmuka Color OS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Jika kamu sudah sering menggunakan perangkat besutan Oppo, maka seharusnya kamu akan sangat familiar jika menggunakan smartphone ini. Bisa dibilang, antarmuka Realme dan Oppo memang sama persis. Ya maklum sih, namanya juga sister company. Dalam pengoperasiannya sehari-hari, smartphone ini terasa sangat gegas dan hampir tidak ditemukan kendala sama sekali. Berpindah-pindah aplikasi, melihat dan membuka notifikasi, membuka kunci layar, semua dilakukan secara cepat. Mungkin juga karena RAM sebesar 8 GB pada smartphone ini kali ya, jadinya mau multitasking kayak apapun hape ini gak akan berkendala.

review realme 2 proreview realme 2 proreview realme 2 pro

Ada tiga metode keamanan yang bisa kamu gunakan untuk membuka kunci layar lho. Pertama itu pin, password, pattern. Ini sih di semua smartphone sudah menjadi standar ya. Kedua, menggunakan pemindai sidik jari. Kamu cukup menempelkan jari kamu yang sudah didaftarkan sebelumnya pada smartphone ini. Ketiga, menggunakan pemindai wajah. Metode yang terakhir ini cukup menjadi favorit penulis selama menggunakan hape ini. Sebab, ternyata kamera depannya cukup handal untuk mengidentifikasi wajah penulis, termasuk di tempat yang kurang cahaya lho. Hanya saja ada sedikit perbedaan untuk metode pembukaan kunci layar menggunakan pemindai wajah. Jika biasanya setelah memindai wajah, kunci layar langsung terbuka, di hape ini setelah memindai wajah, kamu harus melakukan sapuan layar ke arah atas. Well, ini mirip dengan metode yang terdapat pada iPhone sih.

Realme 2 Pro dibekali oleh chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang terdiri dari prosesor quad-core Kryo 260 berkecepatan 2 GHz dan quad-core Kryo 260 berkecepatan 1,8 GHz serta kartu grafis Adreno 512. Kombinasi antara keduanya memungkinkan smartphone ini menjalankan mobile game kelas AAA dengan perfoma yang sangat lancar. Arena of Valor dan PUBG dapat dijalankan dengan pengaturan grafis rata kanan. Tidak hanya itu, ponsel ini juga ditunjang oleh memory RAM 8 GB yang sangat besar. Multitasking seberat apapun dapat dilahap oleh smartphone ini tanpa kendala yang berarti. Dalam pemakaian sehari-hari penulis, smartphone ini terasa sangat gegas.

review realme 2 pro
Hasil pengujian AnTuTu v7.1.0.

review realme 2 pro
Hasil pengujian Geekbench 4.3.0.

review realme 2 pro
Hasil pengujian 3DMark dengan modus Sling Shot.


Kamera dengan konfigurasi ganda sudah menjadi fitur yang harus ada pada smartphone kekinian, termasuk pada Realme 2 Pro. Berbekal kamera belakang berkonfigurasi ganda yang terdiri dari kamera utama 16 megapiksel yang dilengkapi dengan bukaan f/1.7, phase detection auto focus, serta kamera sekunder 2 megapiksel yang bertugas sebagai mengukur kedalaman bidang ketika kita menggunakan modus Potrait. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan foto yang memuaskan pada kondisi cahaya yang terang. Hasil foto bokeh bisa dibilang cukup rapi. Sedangkan pada kondisi cahaya yang agak kurang, kualitas fotonya sedikit menurun namun hasilnya tetap memuaskan untuk smartphone di kelasnya.

Untuk kamera depannya sendiri, ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas cukup prima untuk dibagikan ke media sosial. Hasil swafotonya cukup jernih dan tentunya dilengkapi dengan fitur AI Beautify yang lumrah ditemui pada smartphone dengan antarmuka Color OS.

Berikut adalah beberapa hasil tangkapan dari kamera belakang dan depan Realme 2 Pro. Semuanya menggunakan modus otomatis kecuali diberikan keterangan oleh penulis. Olah digital yang dilakukan hanyalah untuk mengubah ukuran dan kompresi ukuran file agar lebih nyaman untuk dilihat oleh pembaca.

Kamera Belakang - Luar Ruangan Siang

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro
Foto menggunakan modus Potrait.

Kamera Belakang - Dalam Ruangan

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

Kamera Belakang - Luar Ruangan Malam

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

review realme 2 pro

Kamera Depan - Luar Ruangan Siang dan Malam (AI Beautify On)

review realme 2 pro

review realme 2 pro

Baterai tanam berkapasitas 3.500 mAh menjadi jantung dari hidup smartphone ini. Dengan pola pemakaian ala penulis yang mayoritas online di media sosial, sering mendengarkan musik via Spotify, sesekali menonton via Netflix, dan sesekali bermain game (Sega Pocket Football Manager), baterai tersebut memiliki daya tahan yang cukup baik, yakni dari waktu penulis bangun (06.00, daya 100%) hingga memasuki waktu "gabut" di tempat kerja (17.00, daya sisa 10%). Untuk waktu pengisian daya menggunakan charger bawaannya, dari 10% hingga 100% memakan waktu lebih kurang 2 jam. Terasa agak lama? Wajar saja, sebab smartphone ini tidak didukung oleh fitur pengisian daya cepat.

Di kelas harga resminya. yakni Rp3.699.000, Realme 2 Pro varian 8/128 GB memang sangat menarik untuk dimiliki. Kelengkapan fitur yang dibarengi oleh performa kencang dan kamera superior menjadi daya tarik utama dari smartphone ini. Namun seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak. Smartphone ini juga memiliki sedikit kekurangan. Pertama yang mungkin dirasakan oleh penulis adalah ketidakhadiran fitur NFC. Mungkin untuk kalian yang tinggal di luar Jabodetabek, fitur ini terasa tidak terlalu penting. Namun untuk penulis yang sehari-harinya menggunakan angkutan umum ataupun membawa kendaraan pribadi di Jakarta, fitur ini menjadi penting untuk memudahkan pengisian uang elektronik (e-money). Kedua, absennya fitur pengisian daya cepat juga menjadi hal yang sangat disayangkan. Untuk penulis yang cukup mobile, fitur ini sangat membantu ketika ingin mengisi daya baterai di luar kantor dengan waktu yang relatif singkat. Ketiga, smartphone ini masih menggunakan microUSB 2.0 yang kurang kekinian. Meskipun port tersebut memiliki keunggulan dalam kemudahan pinjam-meminjam charger milik orang lain (pasti kamu sering kan, hayo?), namun tetap saja akan lebih oke jika sudah menggunakan USB Type-C.

review realme 2 pro
Sisa internal storage saat perangkat baru pertama kali dihidupkan.

review realme 2 pro
Sensor yang ada pada Realme 2 Pro.

Meskipun memiliki kekurangan, harus diakui jika pesona Realme 2 Pro memang sangat kuat. Untuk kamu yang mengidam-idamkan sebuah smartphone dengan performa kencang, kamera kece, dan layar eye candy, Realme 2 Pro sangat pantas menjadi pilihan utama kamu. Sekadar info, smartphone ini hanya bisa dibeli secara daring melalui sistem flash sale di Lazada Indonesia pada tanggal 23 Oktober 2018 mendatang. Jadi buat kamu yang sudah naksir berat dan ingin memilikinya, yuk siapin koneksi internet kencang dan jangan lupa berdoa agar bisa mendapatkannya pada hari H nanti. Bagaimana penilaian penulis untuk Realme 2 Pro? Cek skornya di bawah ini!

Desain
4
Performa
5
Kamera
4.5
Baterai
4
Harga
5
Total
4.5


Untuk spesifikasi teknis dari Realme 2 Pro yang diulas oleh penulis bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Layar
6,3 inci dengan resolusi 1.080 x 2.340 piksel, rasio aspek 19,5:9, IPS LCD capacitive touchscreen. Dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 3.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
156,7 x 74 x 8,5 mm, 174 g.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 660 AIE dengan prosesor octa-core (4 x 2 GHz Kryo 260 dan 4 x 1,8 GHz Kryo 260).
GPU
Adreno 512.
RAM
8 GB.
Internal Storage
128 GB.
External Storage
MicroSD hingga kapasitas 256 GB, slot terpisah dari kartu SIM kedua.
Kamera Belakang
Kamera utama: 16 megapiksel dengan bukaan f/1.7, phase detection auto focus.

Kamera sekunder: 2 megapiksel

Lampu kilat LED ganda.
Kamera Depan
16 megapiksel dengan AI Beauty Selfie.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, microUSB 2.0.
Baterai
3.500 mAh Li-Ion.
Sistem Operasi
Android 8.1 dengan antarmuka Color OS 5.2.

Comments

  1. Tinggal di Kreo Larangany ternyata, dulu saya juga pernah disini, jalan pemuda 3

    ReplyDelete
  2. Leh uga nih hape... Aku belum dapat jatah review *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering main-main ke Jakarta aja om, ntar dapet deh :p

      Delete
  3. Bodi dan interface mirip sebelah ya. Xxxx

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.