Skip to main content

Inikah Penampakan dari Redmi Note 8 Pro?

Redmi, sub-brand dari Xiaomi saat ini sedang sibuk mempersiapkan generasi terbaru dari ponsel kelas menengah mereka. Ponsel yang akan memasuki seri ke-8 tersebut akan hadir dalam varian Redmi dan Redmi Note. Baru-baru ini, sebuah bocoran beredar dari akun Twitter @xiaomishka. Dalam cuitannya, akun tersebut mengunggah sebuah foto yang menunjukkan seseorang sedang memegang perangkat seri Redmi. Perangkat tersebut diduga sebagai Redmi Note 8 Pro.

Hands-On Asus Zenfone Max Pro M2: Impresi Pertama yang Membuat Penasaran

Asus baru saja meluncurkan seri Zenfone Max terbaru, yakni Asus Zenfone Max Pro M2 pada Selasa (11/12) kemarin. Smartphone penerus Max Pro M1 tersebut membawa sejumlah peningkatan di spesifikasi teknis serta sedikit ubahan pada desain fisik. Satu yang paling terlihat secara jelas adalah hadirnya notch di sisi atas layar. Sisi belakangnya pun terlihat berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jika Max Pro M1 menggunakan matte finishing, Max Pro M2 menggunakan glossy finishing yang berbahan plastik polikarbonat dan mampu menampilkan efek kilauan cahaya yang membuatnya terlihat seksi nan memukau.

hands on asus zenfone max pro m2
Sisi depan Asus Zenfone Max Pro M2.

Secara garis besar, desain keseluruhan dari Zenfone Max Pro M2 masih sama dengan Max Pro M1. Tombol power dan volume masih bisa dijumpai di sisi kanan smartphone ini, sedangkan sebuah slot yang terdiri dari dua slot nano SIM dan satu slot micro SD masih berada di sisi kiri. Di sisi bawah, ada sebuah audio jack 3,5 mm, port micro USB 2.0 (ya, belum pakai USB Type-C), serta speaker grille. Pada sisi atas, terdapat sebuah lubang yang sepertinya berfungsi sebagai mic.

Melihat pada sisi depan, terdapat sebuah layar seluas 6,3 inci berjenis IPS LCD. Layar tersebut memiliki resolusi 1.080 x 2..280 dengan rasio aspek 19,5:9. Sekilas pandangan mata penulis, layarnya cukup eye candy dan nyaman untuk dipandang. Satu hal yang perlu kamu tahu adalah layar ini sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 6. Ya, kamu tidak salah dengar. Asus memberikan proteksi layar yang biasa digunakan oleh para flagship ke Max Pro M2. Mungkin smartphone ini adalah satu-satunya yang menggunakan perlindungan tersebut di kelas menengah.

hands on asus zenfone max pro m2
Sisi belakang Asus Zenfone Max Pro M2.

Beralih ke sisi belakang, Asus Zenfone Max Pro M2 membawa tata letak yang sama dengan pendahulunya. Kamera berkonfigurasi ganda atas-bawah serta lampu kilat LED ganda masih berada di sisi ujung kiri atas. Pemindai sidik jari dengan logo Asus di bawahnya pun masih berada di tempat yang sama, yakni di tengah atas. Hanya saja seperti yang disebutkan oleh penulis pada awal artikel, finishing pada sisi belakang smartphone ini berubah menjadi glossy yang membuatnya terlihat seperti kaca. Suka atau tidak mungkin tergantung dari selera kalian, namun penulis pribadi lebih menyukai model Max Pro M2 yang terlihat cantik dan berkelas ini jika dibandingkan dengan Max Pro M1 yang terlihat cukup kaku dan generik.

hands on asus zenfone max pro m2 hands on asus zenfone max pro m2

Kamera menjadi salah satu sektor yang ditonjolkan pada Asus Zenfone Max Pro M2. Sudah menjadi rahasia umum, performa kamera pada Zenfone Max Pro M1 kurang bisa memuaskan para pengguna. Hal tersebut sepertinya didengarkan oleh Asus yang pada akhirnya membawa ubahan yang cukup dramatis pada Max Pro M2. Kameranya membawa fitur AI Scene Detection layaknya seri jagoan mereka, yakni Zenfone 5 series. Sensor premium Sony IMX486 juga dipercayakan oleh Asus untuk menjadi mata elang pada konfigurasi kamera ganda smartphone ini. Di atas kertas, seharusnya performa kamera Max Pro M2 sekarang sudah berada jauh di atas Max Pro M1 dan mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya. Berikut beberapa hasil foto yang penulis ambil pada saat show case Asus Zenfone Max Pro M2 di acara peluncurannya kemarin.

Kamera Belakang dengan modus Auto.

hands on asus zenfone max pro m2

hands on asus zenfone max pro m2

Kamera Belakang dengan modus Depth Effect.

hands on asus zenfone max pro m2
Model: Dwi Wahyudi, penulis dari bloggerborneo.com.

Kamera Depan dengan modus Auto.

hands on asus zenfone max pro m2

Kamera Depan dengan modus Depth Effect.

hands on asus zenfone max pro m2

Bagaimana menurut kalian hasil fotonya? Menurut penulis pribadi, cukup menjanjikan sih. Apalagi foto-foto di atas diambil pada ruangan dengan pencahayaan lampu yang bisa dibilang tidak terlalu terang. Namun agar dapat menilainya lebih objektif, mungkin ada baiknya menunggu hasil jepretan lainnya pada artikel review yang akan penulis hadirkan setelah beberapa waktu pemakaian.

Sebagai gaming smartphone, kurang lengkap rasanya jika tidak berbicara mengenai jeroan yang hadir pada Asus Zenfone Max Pro M2. Kali ini, Asus mempercayakan otak dari Zenfone Max Pro M2 pada chipset Qualcomm Snapdragon 660. Chipset yang terbuat dari fabrikasi 14 nm tersebut memiliki prosesor delapan inti Kryo 260 berkecepatan maksimal hingga 2,2 GHz. Prosesor kencang tersebut ditemani oleh kartu grafis Adreno 512 yang membuatnya sangat bertenaga untuk menjalankan game dengan kualitas grafis tinggi. Tidak hanya itu, chipset anyar ini juga sudah dilengkapi dengan AI Engine yang mampu menghadirkan performa yang lebih lancar dalam kondisi apapun.

Untuk performanya sendiri, penulis memang belum sempat "menggebernya" karena memang waktu yang terbatas saat hands-on. Namun untuk pengoperasian secara umum, yakni buka-tutup aplikasi, merasakan user experience dari antarmuka Pure Android, serta menggunakannya untuk foto-foto, smartphone ini terasa sangat gegas tanpa hambatan sedikitpun. 

Baterai berdaya 5.000 mAh menjadi fitur unggulan lainnya yang dapat dijumpai pada Zenfone Max Pro M2. Klaim dari Asus, smartphone  ini mampu bertahan hidup hingga 35 hari jika dibiarkan standby di jaringan 4G. Sedangkan jika digunakan untuk nge-game secara non-stop, ponsel ini diklaim mampu bertahan hingga 10 jam. Buat kamu yang suka menonton video-video favorit di YouTube, kamu bisa mendapatkan waktu hingga 19 jam tanpa henti sebelum baterai ponsel ini terkuras habis. Untuk pembuktiannya, nanti akan penulis sajikan pada artikel review yang lebih lengkap.

Itulah sekilas hands-on dari smartphone Asus Zenfone Max Pro M2. Saat ini, smartphone yang memiliki banderol harga resmi Rp2.799.000 untuk varian 3/32 GB, Rp3.199.000 untuk varian 4/64 GB, dan Rp3.699.000 untuk varian 6/64 GB dapat dibeli di toko-toko favorit kamu, baik secara online maupun offline. Tenang saja, Asus sudah menjanjikan jika smartphone ini sudah anti-ghoib kok. Gak percaya? Coba deh kamu cek di beberapa online marketplace, sudah banyak penjual yang menjajakan smartphone ini dengan status ready stock.

Spesifikasi teknis dari Asus Zenfone Max Pro M2 dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Layar
6,3 inci dengan resolusi 1.080 x 2.280 piksel, rasio aspek 19,5:9, IPS LCD capacitive touchscreen. Dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 6.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
157,9 x 75,5 x 8,5 mm, 175 g.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 660 AIE dengan prosesor octa-core.
GPU
Adreno 512.
RAM
3/4/6 GB.
Internal Storage
32/64 GB.
External Storage
MicroSD hingga kapasitas 2 TB, slot terpisah dari kartu SIM kedua.
Kamera Belakang
Kamera utama: 12 megapiksel Sony IMX486 dengan bukaan f/1.8, phase detection auto focus.

Kamera sekunder: 5 megapiksel

Lampu kilat LED ganda.
Kamera Depan
13 megapiksel dengan bukaan f/2.0.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, BDS, microUSB 2.0.
Baterai
5.000 mAh Li-Ion.
Sistem Operasi
Android 8.1 dengan antarmuka Pure Android.









Comments

  1. Replies
    1. kalo liat jepretan dengan kondisi yang lebih proper, lebih bagus lagi lho...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.