Skip to main content

Logitech Luncurkan G604 Lightspeed, Wireless Gaming Mouse dengan Baterai Tahan Lama

Logitech baru saja meluncurkan G604 Lightspeed Wireless, sebuah gamingmouse dengan baterai yang tahan lama. Perangkat yang masuk ke dalam jajaran Logitech G tersebut diperuntukan bagi para gamers yang membutuhkan sebuah mouse nirkabel yang dapat diandalkan dalam permainan serta bisa juga difungsikan sebagai mouse sehari-hari. Apalagi pada mouse ini tersedia enam tombol yang bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Review HP Joy 2: Laptop Murah Dengan SSD 128 GB

Membahas laptop memang tidak ada habisnya. Sama seperti smartphone, saat ini laptop di kelas pemula dengan harga di bawah 5 juta sudah seperti kacang goreng. Ada banyak pilihan produk yang bisa dibeli oleh konsumen awam yang membutuhkan laptop untuk menunjang aktivitas sehari-sehari. Salah satunya laptop yang dimiliki oleh HP ini. HP 14-CM0091AU atau yang bisa disebut HP Joy 2 adalah sebuah laptop murah hasil kerja sama HP dengan JD.ID, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Dilengkapi dengan media penyimpanan SSD sebesar 128 GB, seberapa menarik laptop murah yang dibanderol tidak lebih dari 4 juta rupiah ini?

review hp joy 2

HP Joy 2 adalah sebuah laptop multifungsi yang memiliki spesifikasi kelas pemula dan dibalut dengan desain modern serta minimalis. Penampilannya terlihat cukup mewah dengan case plastik berwarna perak di sisi luar da hitam di sisi dalam. Ketebalannya pun cukup tipis, sebab laptop ini tidak memiliki optical drive yang biasanya bikin tebal. Bobotnya sekitar 1,5 kg membuatnya sangat ringan dan mudah untuk dibawa ke mana saja.

Laptop berbasis AMD A-series ini menggunakan prosesor A4-9125 dual-core dengan kecepatan 2,3 GHz yang secara otomatis dapat ditingkatkan hingga 2,6 GHz ketika dibutuhkan. Prosesor ini ditemani oleh kartu grafis onboard Radeon R3 Graphics dan RAM sebesar 4 GB. Dan hal yang paling menarik dari laptop ini adalah internal storage-nya yang berupa SSD berkapasitas 128 GB. Seperti yang sudah kita ketahui, SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Selain itu, SSD juga lebih aman terhadap guncangan karena tidak menggunakan komponen mekanik. Hal ini cukup penting karena saat menggunakan laptop, kemungkinan kita berpindah-pindah posisi ketika laptop dalam posisi menyala akan lebih sering.

review hp joy 2

review hp joy 2

Untuk pelajar ataupun mahasiswa yang sering melakukan pembuatan dokumen, baik untuk tugas maupun ujian, keyboard yang ada di laptop ini cukup mengakomodir kenyamanan saat mengetik. Feel-nya terasa cukup empuk dan nyaman. Memiliki jenis chiclet, jarak antar tuts cukup renggang sehingga kemungkinan untuk typo lebih kecil. Sama seperti laptop kelas pemula lainnya, keyboard ini belum dilengkapi dengan backlight sehingga kamu akan kesulitan untuk menggunakannya di tempat yang gelap. Di bawah keyboard tersebut, terdapat sebuah trackpad yang cukup besar. Tidak ada yang istimewa dari trackpad tersebut, namun tenang saja tersedia gesture standar seperti scroll dua jari atau pinch to zoom yang bisa dilakukan dengan cukup mudah.

review hp joy 2

review hp joy 2

review hp joy 2

review hp joy 2

Seperti yang sudah penulis infokan sebelumnya, HP Joy 2 yang diuji oleh penulis dipersenjatai AMD A4-9125 yang memiliki dua inti. Prosesor tersebut berjalan pada kecepatan normal 2,3 GHz serta dapat di-boost lagi hingga 2,6 GHz. Sedangkan untuk kartu grafisnya diperkuat oleh Radeon R3 Graphics yang performanya lebih kurang sama dengan onboard graphics dari kubu seberang. RAM sebesar 4 GB DDR4 dan SSD berkapasitas 128 GB turut menemani dapur pacu yang ada pada laptop ini. Bagaimana dengan performanya? Digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, seperti membuka Chrome dengan banyak tab, mengolah dokumen dengan Microsoft Office, sembari mendengarkan musik via aplikasi Spotify dapat dijalankan cukup lancar. Perpindahan aplikasi menggunakan kombinasi Alt+Tab pun tidak ada masalah. Satu hal yang penulis suka, waktu booting saat menyalakan laptop ini relatif cepat dan tidak perlu waktu lama untuk laptop ini siap digunakan.

review hp joy 2
Prosesor AMD A4-9125 pada HP Joy 2.

review hp joy 2
Memory RAM pada HP Joy 2.

review hp joy 2
Kartu grafis onboard AMD Radeon R3 Graphics pada HP Joy 2.

review hp joy 2
Hasil pengujian Cinebench R15 pada HP Joy 2.

review hp joy 2
Hasil pengujian 3D Mark dengan modus Sky Diver pada HP Joy 2.

review hp joy 2
Pengaturan Heaven Benchmark pada HP Joy 2.

Hasil pengujian Heaven Benchmark pada HP Joy 2.

Penulis menebak, pasti akan muncul pertanyaan "laptop-nya bisa dipakai buat main game gak?". Jawabannya: bisa! Tapi game apa? Nah ini yang mesti penulis infokan ke kalian. Perlu diingat, laptop ini masuk ke kategori kelas pemula dengan segmen pasar pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan laptop sebagai penunjang aktivitas mereka. Secara spesifikasi, laptop ini hanya memiliki kartu grafis terintegrasi Radeon R3 Graphics. Untuk memainkan game AAA terkini, sudah pasti tidak bisa. Tapi untuk memainkan game kasual seperti Modern Warfare 5 yang ada di Windows Store ataupun game lawas seperti Age of Empires 2, laptop ini cukup mumpuni dan bisa menjalankannya dengan lancar.

Fitur hiburan untuk mendengarkan musik dan menonton film adalah salah satu aktivitas yang dapat dinikmati dengan cukup nyaman menggunakan HP Joy 2. Suara yang dihasilkan oleh speaker yang terletak tepat di bawah layar ini bisa dibilang cukup baik, walaupun kurang nyaring. Penulis mencoba untuk menikmati musik dan film seri favorit via Spotify dan Netflix. Hasilnya, suara vokal dan instrumen cukup terdengar jelas, hanya saja bass-nya tidak nendang. Ketika volume-nya ditinggikan hingga maksimal, suara tidak terdengar terlalu pecah. Penulis sih lebih menyarankan untuk menggunakan headset saja untuk kedua aktivitas tersebut.

Suhu dan daya tahan baterai merupakan salah satu pertimbangan ketika ingin membeli laptop. Seperti apakah suhu dan daya tahan baterai pada HP Joy 2? Ketika sedang idle atau melakukan pekerjaan ringan seperti mengolah dokumen, browsing internet dengan sedikit tab, ataupun mendengarkan musik menggunakan Spotify hanya sekitar 36-37 derajat celcius saja kok. Sedangkan jika laptop ini digunakan untuk pekerjaan yang lebih berat seperti bermain game, menjalankan emulator, ataupun membuka lebih banyak tab pada browser, suhunya masih terjaga di angka maksimal 55 derajat celcius. Adem banget gak sih? Penulis sih cukup impresif ya dengan suhu operasional dari laptop ini.

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Jika digunakan untuk pemakaian ringan pada dengan modus balance, laptop ini bertahan hingga 5,5 jam. Sedangkan untuk pemakaian berat dengan modus high performance, laptop ini bertahan sekitar 3,5 jam saja. Hasil tersebut cukup baik, apalagi charger yang disediakan oleh HP tergolong ringkas sehingga tidak repot untuk dibawa dan digunakan di mana saja.

review hp joy 2
Suhu idle HP Joy 2.

review hp joy 2
Suhu full load HP Joy 2.

HP Joy 2 merupakan salah satu laptop kelas pemula yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli pada awal 2019 ini. Datang dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, fitur yang lengkap, dan bobot yang cukup ringkas, laptop ini bisa kamu gunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari bagi para pelajar ataupun mahasiswa. Dengan harga tidak sampai 4 juta, kamu sudah bisa membawa pulang laptop ini. Apalagi JD.ID seringkali memberikan promo ataupun diskon yang menarik, sehingga kamu bisa membelinya dengan harga yang lebih murah.

Spesifikasi teknis dari HP Joy 2 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Prosesor
AMD A4-9125 Dual-core 2,3 GHZ,boost up to 2,6 GHz.
GPU
AMD Radeon R3 Graphics.
Memory RAM
4GB DDR4.
Storage
128 GB SSD M.2.
Layar
14 inci berjenis TN (SVA) dengan resolusi 1.366 x 768.
Sistem Operasi
Windows 10 Home Single Language 64-bit.
Optical Drive
Tidak tersedia.
Konektivitas
1 x COMBO audio jack 
2 x USB 3.1 Gen 1 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
1 x RJ-45 LAN port

Integrated 802.11 b/g/n
Bluetooth 4.2
2-in-1 card reader (SD/SDHC)
Dimensi (Panjang x Lebar x Tebal)
33,5 x 23,4 x 1,99 cm
Bobot
Sekitar 1,5 kg dengan baterai

Comments

  1. Laptop HP saya juga pakai tetapi menurut saya kelemahannya adalah tidak adanya ketahanan jika laptop ini sering dipakai, seperti kelemahannya terletak pada cepat panas karena mungkin ketika pertama kali dirilis laptop ini belum memiliki teknologi pendingin pada processor maupun VGA. nah perlu diperhatikan nih hal yang seperti ini sebelum membeli laptop HP.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.