Skip to main content

Inikah Penampakan dari Redmi Note 8 Pro?

Redmi, sub-brand dari Xiaomi saat ini sedang sibuk mempersiapkan generasi terbaru dari ponsel kelas menengah mereka. Ponsel yang akan memasuki seri ke-8 tersebut akan hadir dalam varian Redmi dan Redmi Note. Baru-baru ini, sebuah bocoran beredar dari akun Twitter @xiaomishka. Dalam cuitannya, akun tersebut mengunggah sebuah foto yang menunjukkan seseorang sedang memegang perangkat seri Redmi. Perangkat tersebut diduga sebagai Redmi Note 8 Pro.

Nokia 9 PureView: Kembalinya Sang Raja Ponsel dengan Lima Kamera Belakang

Setelah sekian lama ditunggu oleh para penggemarnya, Nokia 9 PureView akhirnya diluncurkan. Smartphone yang rumornya sudah beredar secara masif di dunia maya tersebut diperkenalkan pada pagelaran Mobile World Congress 2019 di Barcelona kemarin. Tidak jauh berbeda dari info yang sudah ada sebelumnya, smartphone kelas flagship ini diperkuat dengan kamera belakang berkonfigurasi lima kamera dengan lensa Zeiss.


nokia flagship 2019
Gambar dari gsmarena.com

Ya, kamu tidak salah dengar. Kekuatan utama pada Nokia 9 PureView adalah kamera belakang dengan konfigurasi lima kamera. Kelimanya memiliki resolusi sebesar 12 megapiksel dengan lensa Zeiss ber-aperture f/1.8. Dua diantaranya memiliki sensor RGB dan tiga lainnya memiliki sensor monokrom. Kelimanya ditemani oleh sebuah lampu kilat LED dual-tone dan sensor Time of Flight. Walaupun kelima kamera tersebut tidak memiliki lensa ultra-wide angle ataupun telephoto, namun smartphone ini mampu untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat baik jika dibandingkan dengan kompetitornya. Bagaimana cara kerja dari kelima kamera tersebut?

Hasil jepretan dari kelima kamera yang ada pada Nokia 9 PureView digabungkan ke dalam satu gambar, sehingga mampu menciptakan gambar dengan dynamic range yang spektakular. Bahkan, gambar yang dihasilkan mampu untuk menampilkan 12,4 perbedaan cahaya, setara dengan kamera dengan sensor besar. Secara keseluruhan, sistem yang ada pada Nokia PureView ini menjanjikan deteksi kedalaman gambar terbaik dengan dynamic range yang belum bisa diraih oleh mayoritas kamera pada smartphone.

nokia flagship 2019
Gambar dari gsmarena.com.

Tidak hanya itu, Nokia 9 PureView juga sudah dioptimalkan untuk pengguna yang gemar mengulik foto RAW mereka dengan post processing. Sebab, para pengembang yang ada di legenda dari Finlandia tersebut bekerja sama dengan Adobe untuk mendukung secara penuh editing gambar berjenis RAW yang diambil menggunakan kamera dari perangkat ini. Tentunya kamu cukup untuk menggunakan aplikasi Adobe Lightroom secara gratis. Dikarenakan smartphone ini bagian dari Android One yang hadir tanpa bloatware, Nokia tidak memasang aplikasi tersebut secara "paksa" dengan memberikan kamu opsi untuk memasangkan ketika kamu baru melakukan pengaturan untuk pertama kalinya.

Selain dengan Adobe, Nokia juga bekerja sama dengan Google sehingga aplikasi Google Photos dapat membaca foto-foto yang ditangkap oleh lima kamera smartphone ini secara native. Nantinya, Google Photos juga mampu untuk mengatur focal point setelah foto ditangkap, mengatur intensitas bokeh, serta mampu untuk menampilkan foto RAW dengan format DNG.

Di luar senjata utama tersebut, Nokia 9 PureView juga membawa spesifikasi lainnya yang cukup menarik. Seperti Qualcomm Snapdragon 845, RAM sebesar 6 GB, media penyimpanan internal seluas 128 GB, serta kamera depan 20 megapiksel. Layarnya berjenis P-OLED seluas 5,99 inci dengan resolusi QHD+. Layar tersebut juga sudah mendukung fitur always-on, HDR10, serta dilindungi oleh lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

nokia flagship 2019
Gambar dari nokiamob.net.

Fisik dari smartphone ini terbuat dari bahan logam yang diapit oleh dual-glass. Dengan rating IP67, perangkat ini juga memiliki ketahanan yang lebih baik untuk air dan debu. Di sektor keamanan, Nokia menghadirkan pemindai sidik jari bawah layar serta face unlock yang didukung dengan AI. Baterai berdaya 3.320 mAh menjadi jantung dari smartphone ini. Fitur pengisian daya cepat QuickCharge 3, USB Power Delivery, serta 10W pengisian daya nirkabel juga melengkapi fitur canggih yang ada pada flagship ini. Sayangnya, audio jack 3,5 mm tidak tersedia sehingga kamu wajib menggunakan headset nirkabel.


Nokia 9 PureView dibanderol seharga 699 dolar Amerika Serikat atau setara 9,8 juta rupiah. Harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan flagship kompetitor lainnya. Dikabarkan HMD Global hanya memproduksi smartphone ini dalam jumlah yang terbatas, sehingga ada kemungkinan mereka tidak memproduksinya kembali jika stok yang tersedia sudah habis.



Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.