Skip to main content

Google Wajibkan Perangkat yang Diluncurkan Setelah 31 Januari 2020 Gunakan Android 10

Google meluncurkan Android 10 ke beberapa perangkat pada awal September kemarin. Hingga saat ini, baru perangkat Pixel dan beberapa perangkat lainnya saja yang sudah mendapatkan update tersebut. Namun, perusahaan asal Mountain View, California tersebut merencanakan aturan yang lebih ketat bagi para pabrikan ponsel untuk dapat menggunakan GMS (Google Mobile Services). Rencananya, Google akan mewajibkan perangkat yang diluncurkan setelah 31 Januari 2020 harus menggunakan sistem operasi Android 10.

Ini Dia Alasan Paris Dipilih Huawei Sebagai Lokasi Peluncuran P30 Series

Huawei, vendor smartphone terkemuka kenamaan asal Tiongkok dijadwalkan akan meluncurkan smartphone terbarunya, yakni Huawei P30 Series pada hari ini (26/3). Mereka memilih kota Paris di Perancis sebagai lokasi untuk memperkenalkan smartphone berteknologi tinggi tersebut kepada dunia. Kira-kira apa ya alasannya?

louis daguerre
Boulevard du Temple pada 1839. (Foto: Louis Daguerre). Sumber: dokumen dari Huawei Indonesia.

Seperti yang sudah diketahui oleh khalayak umum, Paris sudah lama dikenal sebagai "ibukota fesyen dunia", "kota cinta", serta "kota cahaya". Sebagai kota yang menjadi pusat keindahan, budaya, seni, dan sejarah sejak zaman renaissance, tentunya masuk akal jika Huawei memilih ibukota Perancis tersebut sebagai lokasi untuk meluncurkan smartphone terbaru mereka yang menawarkan fitur unggulan pada kamera yang telah diakui kualitasnya selama beberapa tahun terakhir.

Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, mengatakan bahwa Huawei sebelumnya juga mempertimbangkan untuk memilih kota-kota lain seperti Barcelona dan London. Namun ternyata ada fakta lain yang membuat perusahaan Tiongkok tersebut akhirnya memilih Paris untuk peluncuran P Series, mulai dari P20 Series dan kali ini P30 Series. Fakta tersebut tentunya berkaitan dengan fitur kamera berteknologi tinggi yang ditanamkan pada smartphone tersebut.

Sekadar informasi, Paris merupakan kota yang penting dalam sejarah perkembangan fotografi. Foto tertua yang diketahui di dunia, diambil di Paris. Gambar Boulevard du Temple yang terletak di Paris, diambil oleh seniman asal Perancis bernama Louis Daguerre. Dirinya juga dianggap sebagai salah satu bapak fotografi dan penemu proses fotografi daguerreotype. Proses tersebut adalah proses fotografi umum yang digunakan hingga tahun 1860-an dan sebagian besar digunakan untuk menangkap potret atau pemandangan lansekap.

Tidak hanya itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Paris juga dikenal dengan sebutan "kota cahaya". Sebutan tersebut berasal dari dua saudara laki-laki yang terkenak dengan julukan Lumiere Bersaudara. Lumiere (yang berarti cahaya dalam bahasa Perancis) yang terdiri dari Auguste dan Louise telah mematenkan teknologi yang bernama Autochrome Lumiere (Autochrome Light) pada tahun 1903 dan menemukan pelat warna yang penting untuk kemajuan bidang fotografi. Mereka juga salah satu pembuat film pertama dengan sinematografi yang dipatenkan sendiri dan melakukan pemutaran publik pertama dari sepuluh film pendek berdurasi 50 detik pada tahun 1895 di Salon Indien du Grand Cafe di Paris.

Lumières La Sortie de l'Usine Lumière à Lyon 1895. Sumber: en.wikipedia.org.

Terakhir yang tidak kalah penting, Paris seringkali menjadi tuan rumah pameran seni internasional tahunan terbesar yang didedikasikan untuk fotografi. Salah satunya adalah Paris Photo yang didirikan pada tahun 1997. Lebih dari 64.500 pengunjung menghadiri pameran yang diadakan pada 2017 kemarin dan dihadiri oleh para kolektor fotografi. Huawei pun ikut andil dengan memamerkan foto-foto pemenang dari "2018 Huawei Next Image Awards" pada pagelaran Paris Photo 2018.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan Huawei memilih kota Paris sebagai lokasi peluncuran P30 Series. Saat artikel ini tayang, acara peluncuran tersebut sedang berlangsung dan kamu dapat menyaksikannya melalui kanal YouTube Huawei Mobile.


Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.