Preview Nokia 3.1 Plus: Ponsel Terjangkau dengan NFC

HMD Indonesia secara resmi telah meluncurkan Nokia 3.1 Plus untuk pasar tanah air. Ponsel Nokia berlayar besar tersebut diluncurkan dalam acara bertajuk "Go Big, Improve Your Productivity" yang bertempat di Co-Hive Filateli, Jakarta Pusat pada Selasa (19/3) malam kemarin. Acara tersebut turut dihadiri oleh beberapa petinggi dari HMD Indonesia serta Asia Pacific.

nokia indonesia

Pada acara peluncuran tersebut, penulis sempat mencoba Nokia 3.1 Plus. Jika dilihat sekilas, ponsel ini terlihat kukuh dan gagah. Meskipun bodinya menggunakan plastik polikarbonat, namun tidak mengurangi rasa mewah dan kualitas fisik khas Nokia. Kabar gembira buat kamu yang tidak menyukai notch, ponsel ini hadir tanpa "poni" tersebut. Sehingga pengalaman kamu dalam menikmati konten pada layar HD+ seluas 6 inci ini tidak akan terganggu. Tepat di atas layar, terdapat sebuah kamera depan yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi 8 megapiksel.

nokia indonesia

nokia indonesia

Pada sektor dapur pacu, Nokia 3.1 Plus diperkuat oleh chipset MediaTek Helio P22 yang terdiri dari prosesor delapan inti Cortex-A53 berkecepatan 2 GHz. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM sebesar 3 GB dan ruang penyimpanan internal seluas 32 GB. Buat kamu yang membutuhkan ruang lebih, tersedia juga slot kartu memory eksternal yang mampu membaca microSD hingga 400 GB. Perlu diperhatikan, slot tersebut berjenis hybrid yang artinya kamu harus rela memilih antara menggunakan nomor seluler pada SIM kedua atau memasang microSD.

Terdapat dua buah kamera dan sebuah pemindai sidik jari pada sisi belakang Nokia 3.1 Plus. Kamera tersebut terdiri atas sebuah kamera utama 13 megapiksel dengan aperture f/2.0 serta kamera sekunder 5 megapiksel yang berfungsi sebagai pemindai kedalaman untuk membuat efek bokeh. Sisi belakang yang berbahan polikarbonat ini cukup licin, sehingga jika kamu ingin membeli ponsel ini pastikan untuk menggunakan aksesoris case tambahan.

nokia indonesia

nokia indonesia

Baterai berdaya 3.500 mAh menjadi salah satu kekuatan utama pada Nokia 3.1 Plus. Dipadukan dengan layar beresolusi HD+ dan chipset fabrikasi 22 nm, ponsel ini diklaim dapat bertahan hingga 2 hari. Meskipun pada realitanya daya tahan tersebut akan berbeda-beda sesuai dengan pola penggunaan kamu. Satu hal yang disayangkan, ponsel ini masih menggunakan konektor microUSB. Akan lebih dinamis rasanya jika Nokia sudah memberikan USB Type-C. Oh ya, ponsel ini juga sudah menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie. Seperti ponsel Nokia lainnya yang mengadopsi program Android One, ponsel ini mendapatkan jaminan firmware update hingga 2 tahun ke depan.

Satu kekuatan lainnya yang dimiliki oleh Nokia 3.1 Plus adalah ketersediaan fitur NFC. Buat kamu yang tinggal di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya, sudah pasti sangat memerlukan fitur ini untuk mengisi ulang e-money. Apalagi yang tiap harinya melakukan perjalanan menggunakan bus Trans Jakarta yang mewajibkan kartu pembayaran elektronik tersebut, pastinya ketersediaan NFC sangat memudahkan ketika ingin mengisi saldo dari mana saja dan kapan saja.

nokia indonesia

nokia indonesia

Nokia 3.1 Plus saat ini sudah bisa dipesan dengan metode pre-order dan memiliki banderol harga Rp2.399.000. Jika berminat untuk meminangnya, kamu bisa memburu cashback hingga Rp300.000 dan free unlimited YouTube selama 1 tahun di beberapa e-commerce yang bekerja sama seperti Tokopedia, Shopee, Dinomarket, JD.ID, dan Erafone.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?