Skip to main content

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?

Smartphone besutan Google, yakni lini Pixel, merupakan dambaan para pengguna Android. Lini yang menjadi penerus jajaran Nexus yang sebelumnya sangat dicintai tersebut adalah sebuah kombinasi sempurna dengan spesifikasi hardware tinggi dan racikan software ala Google yang menawan. Namun sayangnya, Pixel tidak beredar secara resmi di Indonesia. Sehingga jika kamu ingin membeli smartphone ini, kamu harus membelinya ke negara tetangga atau melalui online marketplace dengan harga yang melambung jauh jika dibandingkan dengan harga aslinya.

ASUS Luncurkan ZenFone 6 di Valencia, Andalkan Flip Camera dan Baterai Jumbo

Beberapa hari yang lalu, ASUS baru saja meluncurkan ponsel pintar premium terbaru mereka, yakni ZenFone 6. Diluncurkan di Valencia, Spanyol, ponsel tersebut hadir dengan spesifikasi flagship masa kini dan dilengkapi dengan fitur Flip Camera. Inovasi unik tersebut memperlihatkan ASUS sebagai salah satu pelopor era baru di ranah fotografi mobile.

zenfone 6 2019
Gambar dari dokumen ASUS.

ASUS ZenFone 6 memiliki layar seluas 6,4 inci tanpa notch yang dilengkapi dengan teknologi NanoEdge Display. Hal ini membuat ponsel pintar ini dapat tampil dengan bezel yang sangat tipis dengan screen-to-body ratio hingga 92%. Layar tersebut berjenis IPS LCD dengan resolusi Full HD+. Untuk perlindungannya sendiri, layar ponsel ini dilapisi oleh lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 6 yang juga digunakan oleh berbagai ponsel flagship masa kini. Satu hal yang cukup menarik, layar dari ZenFone 6 memiliki tingkat kecerahan hingga 600 nits, membuatnya dapat terlihat jelas dalam kondisi pencahayaan apapun, termasuk di luar ruangan ketika cahaya matahari sedang terik.

Flip Camera menjadi sorotan utama yang hadir pada ASUS ZenFone 6. Berkat teknologi inovatif tersebut, kamera pada ponsel pintar ini mampu berperan sebagai kamera belakang maupun kamera depan. Tidak hanya itu, modul ini juga memungkinkan ZenFone 6 memiliki layar yang lebih luas karena absennya notch yang biasanya ada untuk menampung kamera depan. Modul kamera pada ponsel ini terdiri dari dua sensor kamera, terdiri dari sensor kamera utama menggunakan Sony IMX586 beresolusi 48 megapiksel dan aperture f/1.7 serta kamera sekunder dengan lensa ultra wide beresolusi 13 megapiksel. Kamera utama tersebut dilengkapi dengan teknologi quad bayer untuk pengambilan gambar yang lebih baik saat kondisi cahaya kurang. Tidak hanya itu, dilengkapi dengan teknologi auto focus 2x1 OCL PDAF, kamera utama pada ZenFone 6 juga mampu untuk menangkap fokus lebih akurat dan cepat. Sementara kamera sekunder yang memiliki lensa ultra wide sudah dilengkapi dengan teknologi anti-distorsi yang membuat foto wide tidak terlalu terlihat cembung.

asus zenfone 6
Gambar dari dokumen ASUS.

Tidak sedikit orang yang meragukan ketahanan moving parts dari sebuah ponsel, tidak terkecuali modul Flip Camera pada ASUS ZenFone 6. Namun tenang saja, pihak ASUS  sendiri menginfokan jika kamera ganda buatan mereka tersebut dibuat menggunakan liquid metal yang merupakan sebuah bahan khusus dengan bobot 20% lebih ringan dari stainless steel, namun memiliki kekuatan empat kali lebih tangguh. ASUS juga menyematkan sebuah G-Sensor yang bertugas untuk mendeteksi jika unit ponsel terjatuh, maka secara otomatis modul Flip Camera akan kembali ke posisi yang aman.

Untuk spesifikasi lainnya, ASUS ZenFone 6 diperkuat dengan chipset anyar Qualcomm Snapdragon 855 dengan konfigurasi octa-core yang memiliki kecepatan hingga 2,8 GHz dan dibuat menggunakan arsitektur pemrosesan 7 nm yang lebih hemat daya. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM hingga 8 GB untuk performa multitasking yang brilian. Satu hal yang cukup menarik, ponsel pintar ini menggunakan antarmuka ZenUI 6 berbasis Android Pie 9.0 yang memiliki tampilan seperti Android vanilla. Buat kamu penyuka Pure Android, tentunya akan sangat senang dengan tampilan antarmuka terbaru ini. Apalagi ZenFone 6 juga masuk ke dalam program Android Q Beta, sehingga kamu dapat mencoba sistem operasi terbaru versi beta tersebut jika berminat. Baterai sebesar 5.000 mAh menjadi jantung dari ponsel ini, dan juga menjadikannya salah satu flagship dengan kapasitas baterai terbesar. Semakin penasaran bukan dengan performa daya tahan baterai ponsel ini? Apalagi ASUS menyertakan charger 18 W yang mendukung pengisian daya cepat Quick Charge 4.0.

Baca juga: ASUS ZenFone Live L2 Diluncurkan Diam-Diam, Siap Penuhi Permintaan Pasar Ponsel Terjangkau Jelang Ramadan

ASUS ZenFone 6 sudah dapat dipesan untuk pasar Eropa. Banderol harganya pun cukup menarik, mulai dari EUR 499 atau sekitar 8 juta rupiah untuk varian terendah dengan konfigurasi 6/64 GB, sendangkan varian menengah dengan konfigurasi 6/128 GB dibanderol EUR 559  atau sekitar 9 juta rupiah, dan varian tertinggi dengan konfigurasi 8/256 GB dibanderol EUR 599 atau sekitar 9,7 juta rupiah. Belum ada kabar mengenai banderol harga maupun peluncuran resmi untuk pasar Indonesia. Namun biasanya, ASUS memiliki banderol harga jauh lebih murah di Indonesia ketimbang di pasar Eropa.






Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.