Amazon Salip Apple Jadi Merek Paling Berharga di Dunia

Perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon, saat ini berhasil menjadi merek paling berharga di dunia. Ritel daring yang sudah berdiri sejak 12 tahun silam tersebut menyalip Apple dan Google yang sebelumnya berada diperingkat pertama dan kedua di klasmen BrandZ Top 100 Most Valuable. Di tahun sebelumnya, Amazon berada di peringkat ketiga.

most valuable brand 2019
Gambar dari kantar.com.

Merek Amazon saat ini memiliki brand value sebesar 315 triliun dolar Amerika Serikat. Sedangkan Apple dan Google yang berada di peringkat kedua dan ketiga masing-masing memiliki brand value sebesar 309 triliun dolar Amerika Serikat dengan selisih diantara keduanya 527 miliar dolar Amerika Serikat. Microsoft duduk diperingkat keempat dengan perolehan brand value sebesar 251 triliun dolar Amerika Serikat.

Jika dilihat pada tabel di atas, 8 dari 10 perusahaan yang berada di klasmen tersebut brasal dari Amerika Serikat. Hanya ada 2 perusahaan, yakni Alibaba Group dan Tencent, yang berasal dari luar Amerika Serikat, tepatnya dari Tiongkok. Untuk peningkatan brand value, tentunya Amazon sang juara memiliki peningkatan yang paling tinggi, yakni 52% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan untuk penurunan tertinggi ada pada Tencent, yakni turun hingga -27%.

Perlu diingat, ranking ini hanya mengukur brand value dari sebuah perusahaan. Jika kita ingin melihat perusahaan paling besar jika diukur dengan menggunakan market cap, maka raksasa teknologi yang didirkan oleh Bill Gates, yakni Microsoft, masih menjadi pemimpin klasmen dengan pangsa pasar 1.000 triliun dolar Amerika Serikat, diikuti oleh Amazon sebesar 916 triliun dolar Amerika Serikat, dan Apple sebesar 751 triliun dolar Amerika Serikat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?