Google Siapkan Fast Share untuk Gantikan Android Beam

Google telah menghilangkan dukungan untuk fitur Android Beam pada sistem operasi Android Q. Namun tidak perlu khawatir, sebab perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut sedang mempersiapkan penggantinya bernama Fast Share. Rencananya, fitur ini akan memiliki teknologi yang saat ini dimiliki oleh aplikasi Google Files dan Apple AirDrop.

Gambar dari 9to5google.com.

Fast Share dapat berfungsi tanpa menggunakan koneksi internet. Sama seperti ketika ingin menyambungkan aksesoris nirkabel ke ponsel, pengguna diharuskan untuk memilih sendiri ke perangkat mana ia akan mengirimkan file yang diinginkan. Proses ini mengharuskan pengguna untuk menyalakan Bluetooth dan Location Service. Setelah pengguna memilih perangkat penerimam, file akan langsung dikirimkan menggunakan jaringan Wi-Fi.

Ada beberapa tipe file yang bisa kamu kirimkan, seperti gambar, URL, serta penggalan teks pendek. Satu hal yang menarik, Fast Share tidak hanya dapat digunakan untuk berbagi file sesama perangkat Android saja, tapi juga berbagi file dengan perangkat berbasis Chrome OS dan iPhone. Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna harus menyalakan fitur Fast Share agar perangkat yang dimiliki olehnya dapat terlihat oleh perangkat pengguna.

Fitur Fast Share saat ini sudah dapat digunakan oleh perangkat Google seri Pixel yang sudah menjalankan sistem Android Q beta. Beberapa perangkat lain dikabarkan juga akan menerima fitur ini melalui update Google Services. Belum ada info resmi kapan fitur ini akan resmi diluncurkan oleh Google.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?