Pixel 4 Akan Miliki Fitur Motion Sense dan Face Unlock

Google nampaknya tidak ingin disalip oleh para leakster di media sosial. Hal ini dibuktikan dengan pengumuman yang mereka lakukan mengenai Pixel 4 pada sebuah artikel blog. Dilansir dari laman blog.google, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut menginfokan bahwa flagship jagoan mereka akan dilengkapi dengan dua fitur canggih masa kini, yakni Motion Sense dan Face Unlock.

google pixel 4
Gambar dari blog.google.

Motion Sense

Fitur ini adalah salah satu fitur yang diunggulkan pada Pixel 4. Berbasis dari Soli, sebuah radar motion-sensing yang dikembangkan oleh tim Advanced Technology and Project (ATAP). Teknologi tersebut dibenamkan di dalam Pixel 4 yang mampu untuk mendeteksi gerakan ringan kecil di sekitar perangkat. Mengombinasikan dengan algoritma perangkat lunak dengan sensor perangkat keras canggih, Motion Sense dapat mengenai gestures pengguna dan juga dapat mendeteksi ketika pengguna sedang berada di dekat perangkat.


Perlu diketahui, Pixel 4 akan menjadi perangkat pertama yang memiliki teknologi Soli. Dengan fitur Motion Sense, pengguna dapat dengan mudah melakukan berbagai hal, misalnya untuk melewati lagu, menunda alarm, dan mematikan panggilan masuk hanya dengan lambaian tangan. Ke depannya fitur ini akan terus dikembangkan agar dapat dimanfaatkan lebih banyak aktivitas.

Face Unlock

Fitur membuka kunci layar dengan menggunakan sebenarnya sudah cukup umum di berbagai ponsel pintar, baik Android maupun iPhone. Namun, fitur yang dibenamkan pada Pixel 4 memiliki mekanisme yang sedikit berbeda dibandingkan dengan perangkat lainnya. Jika perangkat lain mengharuskan pengguna untuk menghadapkan wajah sejajar dengan layar, lalu menunggunya untuk membuka kunci, atau bahkan harus menyapu layar lagi sebelum kunci layar terbuka, maka Pixel 4 akan memiliki mekanisme yang lebih ringkas. Seperti apakah mekanisme tersebut?

Ketika pengguna menyentuh Pixel 4, Soli secara proaktif menyalakan sensor Face Unlock, mengenali jika pengguna mungkin ingin membuka kunci ponselnya. Jika sensor dan algoritma perangkat mengenali pengguna, maka kunci layar perangkat akan secara otomatis terbuka saat pengguna menyentuh dan mengangkat perangkat. Semuanya dilakukan dalam satu gerakan saja. Satu hal lagi yang membuat fitur ini menjadi lebih menarik di Pixel 4 adalah pengguna dapat menggunakan fitur ini pada semua orientasi layar, baik ketika portrait maupun landscape, bahkan jika layar sedang menghadap terbalik. Pengguna juga dapat menggunakan fitur ini sebagai otentikasi aplikasi maupun pembayaran digital.

Dengan hadirnya kedua fitur canggih tersebut, lalu bagaimana dengan keamanan dari Pixel 4? Tenang saja, Google menjamin bahwa data pengguna tetap aman. Fitur Face Unlock menggunakan teknologi pengenalan wajah yang diproses pada perangkat, sehingga data gambar pengguna tidak akan berpindah tangan ke perangkat lain. Gambar tersebut juga tidak akan disimpan ataupun dibagikan dengan layanan Google lainnya. Hal ini juga berlaku dengan data yang dimiliki oleh sensor Soli. Tidak hanya itu, Google juga membenamkan chip keamanan Titan M pada Pixel 4, sehingga privasi dan keamnan pengguna akan lebih terjaga.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?