Unofficial Android ROM Pertama Hadir di Nintendo Switch

Kelompok pengembang perangkat lunak bernama 'switchroot' telah mengembangkan porting sistem operasi Android untuk Nintendo Switch selama beberapa waktu ke belakang. Hasil kerja mereka pun akhirnya membuahkan hasil. Beberapa hari yang lalu, terdapat bocoran yang berisikan dokumentasi dan panduan instalasi Android ROM tersebut. Ya, 'switchroot' telah merilis unofficial Android ROM untuk Nintendo Switch kepada publik.

android nintendo switch
Gambar dari androidpolice.com.

Unofficial Android ROM yang dikembangkan oleh 'switchroot' ini adalah hasil port dari LineageOS 15.1 berbasis Android 8.1 Oreo. Jika kamu sudah memiliki Nintendo Switch yang dimodifikasi menggunakan Hekate bootloader, maka kamu tinggal menyalin system image ke kartu SD, mengunduh Google Apps package, dan melakukan flashing semuanya melalui TWRP. Jika langkah-langkah tersebut berhasil, maka saat reboot Switch milikmu sudah berubah menjadi sebuah perangkat Android.

Mengingat bahwa Nintendo Switch tidak diperuntukan untuk menjalankan sistem operasi alternatif apapun, unofficial Android ROM buatan 'switchroot' ini sangat brilian. Sistem operasi tersebut berjalan sangat lancar baik dalam modus handled maupun docked. Selain itu, fungsi audio dan Joycon berjalan tanpa hambatan. Bahkan, ROM tersebut juga memiliki opsi untuk mengubah perangkat Switch kamu menjadi sebuah Nvidia Shield TV, lengkap dengan dukungan untuk Nvidia Gamestream dan juga beberapa game ekslusif Shield.

Baca juga: ASUS Luncurkan ROG Phone II, Gaming Phone dengan Layar AMOLED 120 Hz dan Snapdragon 855+

Walaupun dapat berjalan dengan lancar, namun ROM ini juga masih memiliki beberapa bug yang cukup mengganggu. Dua diantaranya adalah Wi-Fi yang belum stabil dan dukungan untuk rotasi layar. Nampaknya 'switchroot' akan memperbaiki kedua bug tersebut di update yang akan datang.

Jika kamu berminat untuk mencicipi unofficial Android ROM ini, kamu dapat mengunduhnya dari thread yang mereka buat di XDA Developers. Ingat, hal ini dapat menimbulkan risiko terhadap perangkat Switch yang kamu miliki, seperti ban dari beberapa online game.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!