Android Tinggalkan Nama Makanan Penutup, Dimulai dari Android 10

Google baru saja mengumumkan bahwa sistem operasi Android terbaru mereka, yakni Android Q, akan memiliki nama resmi Android 10. Tidak hanya itu, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga memperkenalkan perubahan desain pada logo dan maskot dari Android. Dengan pengumuman ini, maka Google telah meninggalkan nama makanan penutup untuk penamaan sistem operasi Android.

Gambar dari blog.google.

Apakah alasan Google meninggalkan nama makanan penutup? Menurut mereka, penggantian nama menjadi angka akan lebih memudahkan Android untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Penamaan sebelumnya dianggap membuat sistem operasi populer tersebut kurang dikenal oleh banyak pengguna awam. Dengan penyederhanaan nama ini, Google berharap pengguna akan lebih mudah untuk mengenal sistem operasi Android.

Selain mengganti penamaan, raksasa internet tersebut juga mengganti logo dan maskot Android. Robot Android yang digunakan dari awal sistem operasi tersebut dirilis kini memiliki warna hijau yang lebih gelap, dari yang sebelumnya lebih terang. Alasan Google mengganti warna logo tersebut adalah untuk estetika dan sejalan dengan kebijakan perusahaan yang ingin membuat Android lebih mudah digunakan dan dikenal banyak orang. Warna sebelumnya dianggap sulit untuk dikenali oleh pengguna yang menderita buta warna, terutama yang tidak dapat melihat warna hijau-merah. Dengan menambah warna biru ke hijau, yang menjadikan warna logonya menjadi lebih tua, logo robot tersebut akan lebih mudah dikenali.

Gambar dari blog.google.

Sedangkan untuk font yang digunakan oleh logo Android, berubah menjadi lebih membulat yang menyatu dengan lekuk dari logo robot itu sendiri. Kepala obot Android juga saat ini menjadi menyatu dengan logo utama, sehingga kepala robot tersebut akan dimunculkan baik dalam posisi horizontal berada di sisi kanan, maupun posisi vertikal berada di atas tulisan "Android".

Semua ubahan ini dapat mulai kita temukan pada update Android 10 yang akan hadir tidak lama lagi di penghujung tahun ini. Bagaimana pendapatmu mengenai perubahan nama dan logo serta maskot dari Android? Sampaikan di kolom komentar yuk!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?