Skip to main content

Motorola Razr Terbaru: Ponsel Lipat Mahal dengan Spesifikasi Kelas Menengah?

Setelah hilang dari peredaran lebih dari 10 tahun lamanya, Motorola Razr hadir kembali. Ponsel lipat yang sempat menjadi ikon di tahun 2000an tersebut dihidupkan oleh Motorola dengan mengikuti tren masa kini: menggunakan layar sentuh seluas 6,2 inci yang dapat dilipat. Ketika dilipat, kita juga dapat melihar sebuah layar kecil yang disebut dengan Quick View berukuran 2,7 inci.

Apa Saja Hal Baru yang Hadir di iPhone 11 Pro?

Apple baru saja meluncurkan lini terbaru dari iPhone yang terdiri dari iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Ketiganya merupakan penerus dari iPhone X series yang diluncurkan pada tahun lalu. Masih memiliki garis desain serupa, ketiga ponsel pintar generasi ke-11 ini membawa sejumlah hal baru yang bisa dibilang cukup menarik. Pada artikel ini, penulis akan mengkhususkan pada apa saja hal baru yang hadir di iPhone 11 Pro.

apple iphone 11 series
Gambar dari idownloadblog.com.

Salah satu hal baru yang paling terlihat secara fisik dari iPhone 11 Pro adalah kamera. Mengikuti jejak ponsel Android, iPhone terbaru ini memiliki konfigurasi triple camera yang terdiri dari kamera utama, kamera sekunder telephoto, dan kamera tersier ultra wide-angle. Kamera yang disebut terakhir merupakan tambahan terbaru dengan sensor 12 megapiksel dan sudut lebar 120 derajat. Tidak hanya itu, kamera tersebut juga mampu melakukan 0,5x optical zoom serta melakukan perekaman video dalam resolusi 4K dan frame rate 60 fps dengan Extended Dynamic Range.

Kamera sekunder dari iPhone 11 Pro juga mendapatkan peningkatan. Kali ini, kamera 12 megapiksel dengan lensa telephoto tersebut memiliki aperture yang lebih besar, yakni f/2.0. Selain itu, kamera tersebut juga memiliki fokus otomatis yang lebih baik dengan focus pixels. Selanjutnya, kamera utama 12 megapiksel dari ponsel ini akhirnya mengadopsi sistem Dual Pixel AF seperti yang digunakan oleh Samsung pada Galaxy S-series.

Masih dari fitur kamera, Apple akhirnya memiliki lawan dari HDR+ yang dimiliki oleh ponsel Android yang bernama Deep Fusion. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menangkap foto dengan hasil warna yang lebih hidup. Hal ini dilakukan dengan menggunakan Neural Engine terbaru yang mengkombinasikan empat foto short exposure dan sebuah foto long exposure.

Peningkatan juga dihadirkan oleh Apple pada kamera depan. Kamera yang disebut sebagai The TrueDepth Selfie Camera tersebut sekarang memiliki sensor 12 megapiksel yang mampu merekam video 4K dengan frame rate 60 fps dan juga dilengkapi dengan fitur Extended Dynamic Range. Fitur Smart HDR yang sebelumnya hadir pada jajaran XS juga mendapatkan peningkatan kinerja. FaceID yang menjadi fitur keamanan andalan pada jajaran iPhone masa kini juga memiliki kecepatan pindai 30% lebih cepat.

aksesoris iphone
Gambar dari gsmarena.com.

Baterai dan aksesoris menjadi hal baru lainnya yang hadir di iPhone 11 Pro. Meskipun Apple tidak menyebutkan secara pasti berapa kapasitas daya baterai di ponsel terbaru mereka ini, namun perusahaan asal Cupertino tersebut mengkalim bahwa 11 Pro memiliki daya tahan 4 jam lebih lama dibandingkan dengan XS. Jika dirasa kurang, tenang saja, kali ini Apple telah menyertakan power adapter dengan kemampuan pengisian daya cepat 18W.


Terakhir namun menjadi yang paling penting, terutama bagi para pemuja spesifikasi, yakni peningkatan performa. iPhone 11 Pro menggunakan chipset terbaru Apple, yakni A13 Bionic. Chipset tersebut dipercaya memiliki performa yang lebih tinggi dan efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan dengan A12. Tidak hanya itu, performa single core dan kartu grafisnya juga yang paling kencang dibandingkan dengan chipset lainnya.

iPhone 11 Pro hadir dalam tiga varian media penyimpanan: 64, 256, dan 512 GB. Masing-masing dibanderol seharga USD 999, USD 1149, dan USD 1349. Sayangnya tidak tersedia varian 128 GB yang biasanya menjadi varian terpopuler di dunia ponsel pintar. Berminat untuk memiliki iPhone terbaru ini? Ditunggu saja kehadirannya secara resmi di Indonesia paling cepat akhir tahun ini.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.