Langsung ke konten utama

Bernostalgia dengan Ponsel Jadul Nokia di IFA Berlin 2019

Nokia menjadi salah satu merek ponsel pintar yang hadir pada acara tahunan IFA Berlin 2019. Pada Kamis (5/9) kemarin, mantan penguasa pasar ponsel di tahun 2000an tersebut meluncurkan beberapa jajaran produk baru. Tiga diantaranya adalah ponsel yang sepertinya mampu mengajak kita untuk bernostalgia ke zaman kejayaan Nokia dahulu. Berambisi untuk menghubungkan jutaan masyarat ke internet, HMD Global memanfaatkan sistem operasi KaiOS serta dukungan konektivitas 4G LTE.

ifa berlin 2019
Gambar dari b2b.ifa-berlin.com.

Nokia 800 Tough


Salah satu ponsel yang menjadi jagoan HMD adalah Nokia 800 Tough. Digadang-gadang sebagai penerus dari Nokia 3310, yang menurut "legenda" ponsel tersebut tidak bisa hancur. Mungkin bukan sekadar isapan jempol, sebab ponsel ini memiliki rating IP68 dan sertifikasi MIL-STD-810G. Ponsel ini juga bisa bertahan di dalam air dengan maksimal kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit serta tahan terhadap debu, ayunan, dan benturan. Pada bodi fisiknya terdapat lapisan anti-slip dan di sisi ujungnya juga diberikan karet.

nokia ifa berlin
Gambar dari gsmarena.com.

Untuk spesifikasi teknis, Nokia 800 Tough dibekali dengan konektivitas 4G dengan VoLTE,Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 4.1, dan GPS+GLONASS. Berjalan dengan sistem operasi KaiOS, ponsel ini bisa menjalankan beberapa aplikasi populer seperti WhatsApp, Facebook, dan Google Maps. Tersedia juga fitur Google Assistant dengan tombol terdedikasi. Kamera 2 megapiksel di sisi belakang menjadi pelengkap yang manis untuk ponsel ini. Ruang penyimpanan internal seluas 4GB dan sebuah slot microSD juga ada di ponsel ini untuk kebutuhan penyimpanan pengguna.

Nokia 800 Tough akan mulai dipasarkan pada Oktober 2019 dengan banderol harga EUR 110 atau sekitar 1,7 juta rupiah. Tersedia dua pilihan warna: Black Steel dan Desert Sand.

Nokia 2720 Flip


Kangen dengan ponsel flip? Tenang saja, HMD sudah punya obatnya dengan meluncrkan Nokia 2720 Flip. Ponsel dengan layar seluas 2,8 inci QVGA ini memiliki desain yang mirip dengan ponsel Nokia pada zaman dahulu. Papan ketik numerik, tombol terima/menutup telepon, hingga tombol navigasi empat arah. Namun tidak sampai di situ, HMD juga menambahkan layar di sisi luar seluas 1,3 inci agar pengguna dapat mengecek jam dan notifikasi tanpa harus membuka ponsel.

nokia ifa berlin
Gambar dari gsmarena.com.

Sama seperti Nokia 800 Tough, ponsel flip ini juga berjalan dengan KaiOS yang mampu menjalankan aplikasi populer. Terdapat juga konektivitas 4G LTE, Wi-Fi b/g/n, serta Bluetooth 4.1. Kamera 2 megapiksel juga dapat ditemukan pada ponsel ini. Pengguna dapat menyimpan foto, musik, maupun file lainnya di ruang penyimpanan internal seluas 4 GB yang dapat diekspansi menggunakan microSD.

Nokia 2720 Flip akan segera hadir di bulan ini dengan banderol harga EUR 90 atau sekitar 1,4 juta rupiah. Tersedia dua pilihan warna: Black dan Grey.

Nokia 110


Buat kamu yang masih mencari ponsel feature untuk sekadar menerima telepon, HMD juga meluncurkan Nokia 110. Ponsel yang dibanderol seharga USD 20 atau setara dengan 280 ribu rupiah ini hadir menjadi saudara kandung dari Nokia 105. Ponsel ini mampu untuk memutar musik dengan dukungan kartu microSD hingga kapasitas 32 GB. Tersedia juga game klasik seperti Snake dan Doodle Jump.

nokia ifa berlin
Gambar dari gsmarena.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.