Langsung ke konten utama

Seberapa Penting Fungsi NFC Buat Orang Indonesia?

Near Field Communication atau biasa disingkat dengan NFC adalah salah satu fitur konektivitas yang ada di ponsel pintar modern saat ini. Fitur ini ramai digunakan sebagai pendukung alat pembayaran aplikasi digital, seperti yang diaplikasikan oleh Apple Pay maupun Samsung Pay. Selain itu, fitur konektivitas medan dekat ini juga kerap digunakan untuk menyambungkan dua perangkat, seperti kamera digital ataupun speaker nirkabel.

Gambar oleh Jonas Leupe dari Unsplash.com.

Untuk dapat menggunakan NFC, kamu membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel satu sama lain. Satu perangkat bertindak sebagai transmitter yang mengirim sinyal, satu perangkat lainnya bertindak sebagai receiver atau penangkap sinyal. Dalam skenario pembayaran digital, ponsel milikmu akan menjadi transmitter yang mengirimkan data ke mesin EDC yang bertindak sebagai receiver. Selain itu, NFC juga memiliki dua jenis perangkat: aktif dan pasir. Perangkat aktif contohnya seperti yang tertanam pada ponsel, sedangkan perangkat pasif contohnya seperti yang tertanam di dalam kartu uang elektronik.

NFC menggunakan teknologi RFID (radio-frequency identification) yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi. Teknologi ini sebenarnya mirip dengan Bluetooth ataupun Wi-Fi yang mengandalkan gelombang radio, hanya saja NFC memiliki jarak yang lebih sempit dibandingkan dua teknologi konektivitas lainnya. Salah satu keunggulan NFC dibanding konektivitas lainnya adalah kecepatan penghubungan perangkat. Dengan menggunakan koneksi nirkabel ini, hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk menghubungkan dua perangkat. Hal ini membuatnya sangat efisien jika digunakan untuk melakukan pembayaran yang menuntut kecepatan transaksi.

Di Indonesia sendiri, NFC masih memiliki fungsi yang terbatas. Selain untuk menghubungkan perangkat lain, seperti kamera digital dan speaker nirkabel yang juga belum semua jajaran produknya memiliki fitur konektivitas tersebut, NFC juga lazim digunakan untuk mengisi uang elektronik. Beberapa online marketplace sudah menyediakan pengisian uang elektronik secara mudah dan praktis, sehingga kamu tidak perlu lagi mengisi uang elektronik melalui mesin ATM ataupun gerai minimarket. Namun setelah melakukan isi ulang, kamu wajib untuk melakukan update saldo dengan cara menempelkan kartu yang elektronikmu ke perangkat ponsel ber-NFC yang kamu miliki.

Gambar dari transjakarta.co.id.

Bagaimana dengan NFC sebagai alat pembayaran? Khusus di Indonesia, nampaknya hal ini masih menjadi tebing yang terjal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan fitur konektivitas ini belum populer. Pertama, populasi ponsel pintar yang memiliki NFC sangat terbatas. Hanya sebagian ponsel kelas atas (flagship) dan kelas menengah saja yang memiliki fitur ini. Kedua, pembayaran digital menggunakan Bluetooth, pindai QR, ataupun OTP (one time password) saat lebih lebih berkembang di platform dompet digital yang populer di Indonesia.

Lalu pentingkah fungsi NFC buat orang Indonesia? Berkaca pada pengamatan penulis, saat ini NFC tidak terlalu dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat, terutama yang tinggal di luar kota besar. Penulis sendiri sangat merasakan manfaat dari konektivitas nirkabel ini, di mana dalam kesehariannya penulis menumpang transportasi umum TransJakarta yang menggunakan uang elektronik sebagai metode pembayaran. Selain itu, penulis juga sesekali harus membayar parkir dan tol menggunakan uang elektronik tersebut. Dengan adanya NFC, penulis bisa melakukan isi ulang dari mana saja, menggunakan metode pembayaran apa saja, dan kapan saja selama masih tersedia koneksi internet tanpa harus mencari ATM ataupun gerai minimarket.

Meskipun NFC masih memiliki fungsi yang terbatas, semoga saja ke depannya semakin banyak ponsel pintar yang hadir dengan fitur ini. Penulis berharap, jika semakin banyak perangkat yang mendukung fitur konektivitas ini, maka semakin banyak juga aplikasi pembayaran digital yang tentunya akan memanfaatkan NFC untuk menggantikan metode Bluetooth, pindai QR, ataupun OTP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.