Google Wajibkan Perangkat yang Diluncurkan Setelah 31 Januari 2020 Gunakan Android 10

Google meluncurkan Android 10 ke beberapa perangkat pada awal September kemarin. Hingga saat ini, baru perangkat Pixel dan beberapa perangkat lainnya saja yang sudah mendapatkan update tersebut. Namun, perusahaan asal Mountain View, California tersebut merencanakan aturan yang lebih ketat bagi para pabrikan ponsel untuk dapat menggunakan GMS (Google Mobile Services). Rencananya, Google akan mewajibkan perangkat yang diluncurkan setelah 31 Januari 2020 harus menggunakan sistem operasi Android 10.

sistem operasi android
Gambar dari xda-developers.com.

Dilansir dari XDA Developers, setelah tanggal yang telah ditentukan tersebut, produsen ponsel pintar wajib menggunakan Android 10 agar perangkat baru mereka bisa menggunakan GMS. Sekadar informasi, GMS adalah sebuah paket aplikasi Google seperti GMail, Google Maps, hingga Google Play Store yang menjadi aplikasi wajib bagi para pengguna Android. Hampir semua perangkat Android yang diedarkan di luar Tiongkok sudah terpasang GMS sebelum diedarkan ke pasar, terkecuali Huawei Mate 30 series yang telah menjadi "korban" perang dagang Tiongkok dan Amerika Serikat.

Langkah ini dinilai positif, sebab semua manufaktur perangkat Android secara tidak langsung "dipaksa" oleh Google untuk memberikan perangkat lunak paling terbaru bagi konsumen mereka. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat memutus masalah tidak meratanya pengguna Android yang mendapatkan update terbaru secara cepat. Apalagi seperti yang kita tahu, beberapa produsen ponsel pintar ada yang "nakal" dengan memberikan update dalam jangka waktu yang lama, atau bahkan tidak memberikan jaminan update sama sekali.

Bagaimana menurut kalian guys mengenai kebijakan Google terbaru ini? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?