Skip to main content

Huawei P30 Pro Dapatkan Update EMUI 10

Setelah meluncurkan roadmap terakhir beberapa waktu yang lalu, saat ini Huawei sudah meluncurkan update EMUI 10 berbasis Android 10 versi stabil untuk Huawei P30 dan P30 Pro. Update tersebut sudah tersedia melalui metode over-the-air dan sudah dapat dinikmati oleh para pengguna kedua perangkat yang berada di Tiongkok.

Review Lenovo V330-14ARR: Laptop Bisnis dengan Opsi Baterai Tambahan

Laptop kelas mainstream yang berada di kisaran 5-7 juta saat ini cukup membanjiri pasar. Ada banyak pilihan produk dari beragam vendor yang bisa konsumen pilih. Salah satunya adalah laptop keluaran dari Lenovo ini. Lenovo V330-14ARR merupakan sebuah laptop bisnis yang cukup unik dan berbeda dari laptop lain di kelasnya. Salah satu pembedanya adalah sebuah slot bernama UltraBay yang multifungsi serta dukungan pengisian daya cepat hingga 50% lebih cepat dibanding laptop lain. Lalu, seperti apa pengalaman penulis bekerja sehari-hari menggunakan laptop ini selama lebih kurang satu minggu?

review lenovo v330-14arr

Lenovo V330-14ARR memiliki fisik yang terlihat lebih modern dan stylish jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni V310. Bodinya memang masih menggunakan bahan plastik polikarbonat, namun kualitas dari bodi tersebut patut diacungi jempol. Terdapat aksen real brush hairline yang membuat laptop ini terlihat mewah. Lekukan serba tajam dengan garis tegas juga membuat laptop ini semakin terlihat modern. Bobot dari laptop ini sekitar 1,5 kg, sedangkan charger-nya sendiri memiliki ukuran yang cukup kompak dengan bobot sekitar 200 gram. Sehingga, total bobot jika kamu membawa laptop serta charger ini sekitar 1,7 kg. Cukup ringan bukan?

Pada sektor layar, Lenovo V330-14ARR masih menggunakan panel TN berukuran 14 inci. Layar tersebut memiliki resolusi 1.366 x 768 dan memiliki lapisan anti-glare, sehingga cahaya yang memantul pada layar ini tidak terlalu mengganggu ketika kita sedang menggunakannya. Sekilas memang tidak ada yang spesial dari layar ini. Namun hal yang cukup unik bisa kita temukan di atasnya: sebuah kamera beresolusi 720p yang dilengkapi dengan camera shutter. Jika kamu takut seseorang bisa membajak kamera tersebut, maka bisa kita tutup saja dengan menggesernya ke kiri.

review lenovo v330-14arr

review lenovo v330-14arr

review lenovo v330-14arr

Keyboard merupakan salah satu elemen penting pada laptop bisnis. Beruntungnya, Lenovo membawa desain keyboard seri Ideapad ke V330-14ARR ini. Berjenis chiclet, keyboard ini cukup nyaman dan empuk saat digunakan untuk mengetik. Jarak antar tuts terasa pas, tidak terlalu dempet ataupun renggang. Kemungkinan untuk typo juga sangat kecil. Hanya saja, keyboard ini belum dilengkapi dengan backlight sehingga mungkin kamu akan kesulitan jika menggunakannya di ruangan yang gelap. Di bawah keyboard tersebut, terdapat touchpad yang terletak tepat sejajar dengan tuts space bar. Touchpad tersebut terbilang luas jika dibandingkan dengan laptop sekelasnya. Tentunya hal ini dapat memudahkan kamu untuk bernavigasi ketika sedang mengetik.

review lenovo v330-14arr


Hal lain yang tidak kalah menarik dari Lenovo V330-14ARR adalah layarnya dapat dibuka hingga 180 derajat. Buat kamu yang seringkali tidak sengaja menyenggol layar, tentunya hal ini sangat berguna karena dapat mencegah kerusakan pada engsel yang tidak diinginkan. Apalagi buat kamu yang sering bekerja di tempat umum seperti kafe maupun coffee shop, insiden senggol-menyenggol adalah hal yang tidak jarang terjadi.

Untuk konektivitas, laptop ini memiliki port yang cukup lengkap. Di sisi kiri terdapat sebuah DC-IN untuk pengisian daya, RGB port untuk menghubungkan ke monitor atau proyektor yang berumur sudah cukup tua, RJ-45 LAN port untuk mencolok kabel LAN, HDMI port, serta USB 3.0. Sedangkan di sisi kanan terdapat sebuah kensington lock, USB 3.0, USB Type-C, audio jack 3,5 mm, serta SD card reader. Kamu tidak akan menemukan optical drive pada laptop ini, sehingga jika kamu masih memerlukannya, kamu bisa membeli external optical drive tambahan.

review lenovo v330-14arr

review lenovo v330-14arr

Satu hal yang membedakan Lenovo V330-14ARR dengan laptop lain di kelasnya adalah ketersediaan UltraBay. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menambah sebuah modul pada laptop ini dengan mudah. Modul yang bisa kamu tambahkan pada UltraBay ini adalah sebuah baterai khusus. Lenovo mengklaim dengan menggunakan baterai tambahan tersebut, kita bisa mendapatkan daya tahan baterai hingga 14 jam. Sayangnya penulis tidak bisa menguji klaim tersebut dikarenakan tidak memiliki baterainya. Oh ya, di dalam slot UltraBay ini terdapat sebuah USB 2.0 Type-A yang bisa kamu manfaatkan sebagai port untuk wireless dongle milik mouse nirkabel. Lumayan kan bisa menghemat port USB yang ada di sisi kiri dan kanan laptop ini.

review lenovo v330-14arr

review lenovo v330-14arr

Seperti yang sudah disebutkan pada awal artikel, Lenovo V330-14ARR yang diuji oleh penulis diperkuat dengan prosesor AMD Ryzen 3 2200U dengan dua inti dan empat thread. Prosesor ini memiliki kecepatan dasar 2,5 GHz dan bisa melakukan boost secara otomatis bila diperlukan hingga 3,4 GHz. Dipadukan dengan RAM sebesar 4 GB DDR4 sebanyak satu keping, bisa dibilang performa sehari-harinya cukup baik. Sayangnya, kita tidak bisa menambahkan RAM lagi sebab laptop ini tidak menyediakan slot RAM tambahan. RAM yang terdapat pada laptop ini pun terpasang dengan cara disolder, sehingga tidak bisa diganti ke kapasitas yang lebih tinggi. Untungnya, RAM 4 GB tersebut bisa dibilang cukup untuk kebutuhan bisnis harian yang tidak terlalu berat. Misalnya, melakukan penyuntingan dokumen di Microsoft Office dengan ukuran file yang tidak terlalu besar, berselancar di internet dengan peramban Chrome dengan 4-5 tab, bahkan untuk memainkan game kasual seperti Counter Strike: Global Offensive dan DOTA 2.

review lenovo v330-14arr

review lenovo v330-14arr

review lenovo v330-14arr

benchmark lenovo v330-14arr

benchmark lenovo v330-14arr

Berbicara gaming, sejatinya laptop ini bukan diciptakan untuk bermain game. Namun bukan berarti kamu tidak bisa bermain game sama sekali di laptop ini, guys. Berbekal kartu grafis terintegrasi AMD Radeon Vega 3, beberapa judul game ringan masih bisa dijalankan secara lancar. Penulis sendiri hanya mencoba Counter Strike: Global Offensive dan DOTA 2 dalam pengujian kali ini. Dengan pengaturan rata kiri dengan resolusi bawaan layar, laptop ini mampu memberikan performa dalam permainan yang cukup stabil. Meskipun jika kita bermain dalam waktu yang cukup lama, akan terjadi drop FPS beberapa kali, namun cukup jarang.

performa game lenovo v330-14arr

performa game lenovo v330-14arr

Satu hal yang cukup disayangkan dari Lenovo V330-14ARR adalah media penyimpanannya masih menggunakan hard disk. Padahal, beberapa laptop dari vendor lain sudah mulai menggunakan SSD di kelas harga yang sama. Sehingga buat kamu yang sudah terbiasa menggunakan SSD, mungkin akan terganggu dengan kecepatan baca dan tulis yang ditawarkan oleh laptop ini. Penulis sendiri tidak mengetahui apakah tersedia slot tambahan untuk kita bisa menambah SSD di laptop ini.

Masuk ke sektor audio, bisa dibilang laptop ini tidak memiliki gimmick audio apapun. Namun keluaran suara dari speaker stereo yang sisi kiri dan kanan pada laptop ini cukup oke. Keluaran suaranya terdengar lantang dan tidak pecah, meskipun memang bass-nya agak kurang. Penulis menyarankan agar kamu menggunakan headset saja ketika ingin menikmati konten maupun bermain game di laptop ini.

Seperti biasa, suhu menjadi salah satu pertimbangan ketika kita akan membeli laptop. Bagaimana dengan suhu pada Lenovo V330-14ARR ini? Penulis mengujinya dengan menjalankan perangkat lunak synthetic benchmark Cinebench R20 sebanyak 10 kali untuk suhu prosesor dan 3DMark Fire Strike untuk suhu kartu grafis. Hasilnya, dalam keadaan idle atau menganggur, laptop ini memiliki suhu prosesor di kisaran 43-44 derajat celcius, sedangkan kartu grafisnya di kisaran 37-38 derajat celcius. Ketika sudah digunakan dalam keadaan load, suhu prosesornya meningkat hingga maksimal 86 derajat celcius, sedangkan kartu grafisnya hanya naik ke angka maksimal 58 derajat celcius. Suhu yang cukup adem tersebut kemungkinan karena kartu grafis AMD Radeon Vega 3 hanyalah merupakan integrated GPU yang tidak memerlukan power berlebih.

review lenovo v330-14arr

Untuk daya tahan baterainya sendiri, penulis mengujinya dengan menggunakan laptop ini untuk bekerja. Diatur ke pengaturan power Better Performance, dengan pemakaian browsing internet, mendengarkan lagu dari Spotify, dan membuka dokumen menggunakan Microsoft Word dan Excel, penulis mendapatkan waktu pemakaian hingga 3 jam 45 menit. Sedangkan jika digunakan untuk bermain game, setelah bermain DOTA 2 selama lebih kurang satu jam penulis mendapatkan penurunan daya baterai dari 100% menjadi 20%. Bisa dibilang, daya tahan baterainya terbilang standar saja. Tidak istimewa namun juga tidak jelek.

Lenovo V330-14ARR merupakan salah satu laptop bisnis kelas mainstream yang dapat kamu pertimbangkan untuk dibeli saat ini. Hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, laptop ini rasanya sangat memadai sebagai penunjang kebutuhan bisnis kamu. Ya, karena masuk ke dalam jajaran laptop bisnis, laptop ini memang cocoknya untuk para pelaku bisnis, tepatnya bisnis kecil-menengah. Keyboard-nya yang enak digunakan tentunya dapat membuatmu nyaman untuk mengolah dokumen kerjaan sehari-hari. Meskipun dengan sedikit catatan, kamu tidak bisa menambah RAM lebih besar sehingga mungkin aktivitas multitasking akan terbatas. Atau kecepatan baca/tulis yang tidak cukup kencang karena masih menggunakan hard disk.

review lenovo v330-14arr

Jika kamu ingin membawa pulang Lenovo V330-14ARR, kamu bisa menemukannya online marketplace dengan harga sekitar 5,2 - 5,4 juta rupiah. Oh ya, siapkan budget lebih untuk membeli sistem operasi Windows ya, sebab laptop ini dijual tanpa terpasang sistem operasi Windows di dalamnya.

Spesifikasi teknis dari Lenovo V330-14ARR bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Prosesor
AMD Ryzen 3 2200U Dual-core dengan kecepatan 2,5 GHz dan boost hingga 3,4 GHz.
GPU
AMD Radeon Vega 3 Mobile Graphics.
Memory RAM
4 GB DDR4 single-channel.
Storage
1 TB 5400 RPM HDD.
Layar
14 inci berjenis TN Anti-Glare dengan resolusi 1.366 x 768.
Sistem Operasi
DOS.
Optical Drive
Tidak tersedia.
Konektivitas
1 x COMBO audio jack 
1 x USB Type-C 3.0 Gen 1
2 x USB Type-A 3.0 Gen 1
1 x USB Type-A 2.0 (UltraBay)
1 x HDMI 1.4
1 x RJ-45 LAN port
1 x RGB port

Integrated 802.11a/b/g/n/ac
Bluetooth 4.2
2-in-1 card reader (SD/SDHC)
Dimensi (Panjang x Lebar x Tebal)
34,3 x 24,7 x 2,3 cm
Bobot
Sekitar 1,8 kg dengan baterai

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.