Samsung Rilis Update Celah Keamanan Sidik Jari

Belum lama ini, para penggemar gadget dihebohkan oleh celah keamanan sidik jari yang melanda ponsel pintar Samsung. Celah keamanan tersebut memungkinkan sidik jari yang membekas pada screen protector yang terbuat dari gel membuka kunci layar. Lebih spesifik, celah keamanan ini ditemui pada ponsel pintar Samsung yang menggunakan pemidai sidik jari jenis ultrasonik. Beberapa diantaranya adalah Samsung Galaxy S10 series dan Note 10 series. Untungnya, tidak lama setelah kehebohan tersebut ramai di internet, perusahaan asal Korea Selatan tersebut merilis update untuk menambah celah keamanan tersebut.

Gambar dari dokumen pribadi.

Update untuk menambal celah keamanan dengan nama Fingerprint 2.0.24.20 tersebut berukuran 4,2 MB dan sudah diedarkan di Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh penulis sendiri yang sudah mendapatkan update tersebut sejak Sabtu (26/10) kemarin. Sayangnya, penulis tidak dapat membuktikan apakah update tersebut berhasil memperbaiki issue sidik jari tersebut, sebab penulis sendiri tidak mengalaminya karena tidak menggunakan screen protector berjenis gel. Dalam keterangan yang tertulis pada update, Samsung mengimbau kepada para penggunanya untuk sementara tidak menggunakan screen protector terlebih dahulu.

Celah keamanan ini mengingatkan kita bahwa tidak ada sistem yang tidak bisa dibobol. Seketat apapun keamanan yang telah dibuat, masih ada kemungkinan untuk dapat ditembus meskipun kemungkinan tersebut sangat minim. Namun patut kita acungi jempol respon dari Samsung terkait masalah ini, sebab belum tentu vendor ponsel lain dapat merespon masalah serupa dalam waktu yang bisa dibilang sangat cepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!