Tidak Seheboh Saudaranya, Masihkah Redmi Note 8 Layak Dipinang?

Pada Kamis (17/10) kemarin, Xiaomi secara resmi meluncurkan dua perangkat terbaru seri Redmi, yakni Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Kedua ponsel pintar yang sudah lama dinanti-nantikan oleh para Mi Fans tanah air tersebut datang dengan spesifikasi yang menawan serta dengan banderol harga yang terjangkau. Kehadiran keduanya seakan-akan menjawab keraguan para penggemar gadget di Indonesia, sebab belakangan ini perusahaan asal Tiongkok tersebut dirasa kalah agresif jika dibandingkan dengan kompetitornya yang masih dari negara yang sama.

Gambar dari dokumen Xiaomi.

Satu hal yang menarik dari acara peluncuran kali ini adalah hadirnya varian Pro dari seri Redmi Note. Ya, sebelumnya Xiaomi juga pernah memasukkan Redmi Note 6 Pro ke Indonesia, namun karena tidak ada perbedaan yang berarti dengan varian non-Pro, ponsel tersebut gagal merebut hati konsumen pada saat itu. Dengan kehadiran Redmi Note 8 Pro, mungkin sebagian dari kalian ada yang bertanya-tanya: masihkah Redmi Note 8 layak dipinang? Untuk dapat menjawab pertanyaan itu, penulis mencoba menjabarkan beberapa poin yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbanganmu.

1. Teknologi layar yang sama dengan Redmi Note 8 Pro


Gambar dari dokumen Xiaomi.

Redmi Note 8 mengadopsi teknologi layar yang sama dengan saudaranya yang lebih heboh. Ya, keduanya sama-sama menggunakan layar LTPS LCD dengan resolusi 2.340 x 1.080 Full HD+. Layar Redmi Note 8 pun juga sudah dilapisi oleh lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5 sama seperti Redmi Note 8 Pro. Hanya ukuran layarnya saja yang membedakan antara kedua ponsel tersebut, di mana Redmi Note 8 memiliki ukuran layar lebih kecil 0,2 inci jika dibandingkan dengan saudara kandungnya.

2. Chipset yang tidak kalah kencang dan ramah "oprek"

qualcomm snapdragon 665 aie
Gambar dari dokumen Xiaomi.

Meskipun Redmi Note 8 tidak memiliki skor AnTuTu hingga 280 ribu seperti saudaranya, namun bukan berarti chipset yang tertanam pada ponsel ini jelek, lho. Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang menjadi otak pada Redmi Note generasi kedelapan ini diprediksi memiliki performa dan efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan Snapdragon 660 pada Redmi Note 7. Sebab, Snapdragon 665 ini sudah dibuat menggunakan fabrikasi 11 nm. Tidak hanya itu, para "modder" yang suka melakukan modifikasi para perangkatnya juga lebih menyukai chipset buatan Qualcomm dibandingkan MediaTek. Hal ini dikarenakan chipset Snapdragon mudah untuk di-oprek sehingga banyak modifikasi bisa dilakukan. Salah satunya yang paling populer di kalangan MiFans adalah memasang GCam untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik.

3. Konfigurasi quad camera pada kamera belakang

Gambar dari dokumen Xiaomi.

Redmi Note 8 membawa konfigurasi quad camera untuk kamera belakangnya, sama seperti Redmi Note 8 Pro. Hanya saja, kamera utamanya "hanya" memiliki resolusi 48 megapiksel, tidak sebesar saudaranya yang hingga 64 megapiksel. Ada tiga kamera lainnya yang menemani kamera utama tersebut, yakni sebuah lensa ultra wide-angle dengan resolusi 8 megapiksel, sebuah lensa depth sensor dengan resolusi 2 megapiksel, dan yang paling menarik adalah kehadiran lensa makro dengan resolusi 2 megapiksel yang dilengkapi dengan fokus otomatis. Keempat kamera ini memungkinkan kamu sebagai pengguna Redmi Note 8 dapat mengeksplorasi berbagai modus foto sama seperti ketika kamu memakai Redmi Note 8 Pro.

4. Charger Quick Charge 3.0 di dalam paket penjualan

charger quick charge 3.0
Gambar dari dokumen Xiaomi.

Baterai yang tertanam pada Redmi Note 8 ini masih sama dengan generasi sebelumnya, yakni 4.000 mAh. Namun sama seperti Redmi Note 8 Pro, ponsel ini juga dibekali dengan charger yang mendukung pengisian daya cepat 18 W Quick Charge 3.0 dalam paket penjualannya. Hal ini membuatmu lebih hemat karena tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli charger dari pihak ketiga.

5. Harga lebih murah

varian redmi note 8
Gambar dari dokumen Xiaomi.

Terakhir namun yang menjadi elemen yang paling penting jika berbicara mengenai perangkat Xiaomi adalah harga. Ya, selama ini Xiaomi terkenal akan harganya yang sangat terjangkau. Termasuk harga dari Redmi Note 8. Dengan spesifikasi dan penampilan yang tidak kalah keren dibandingkan dengan Redmi Note 8 Pro, ponsel ini memiliki banderol harga yang sangat menarik.


Untuk varian terendah dengan RAM 3 GB dan internal 32 GB, Xiaomi hanya mematok Rp2.099.000 untuk harga normal atau Rp1.999.000 untuk harga perkenalan jika kamu membelinya saat penjualan perdana pada 23 Oktober mendatang. Sedangkan untuk varian tertinggi dengan RAM 6 GB dan internal 128 GB, kamu cukup merogoh kantong Rp2.899.000 atau Rp2.799.000 untuk harga perkenalannya. Buat kamu yang memiliki budget pas-pasan, rasanya Redmi Note 8 menjadi alternatif yang menarik dari Redmi Note 8 Pro.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?