Skip to main content

Huawei P30 Pro Dapatkan Update EMUI 10

Setelah meluncurkan roadmap terakhir beberapa waktu yang lalu, saat ini Huawei sudah meluncurkan update EMUI 10 berbasis Android 10 versi stabil untuk Huawei P30 dan P30 Pro. Update tersebut sudah tersedia melalui metode over-the-air dan sudah dapat dinikmati oleh para pengguna kedua perangkat yang berada di Tiongkok.

Review Lenovo IdeaCenter AIO 520-24ARR: All-in-One untuk Segala Keperluan Bisnis dan Komersial

Personal computer desktop atau PC desktop saat ini memang sedang menurun popularitasnya. Selain tergerus oleh komputer jinjing atau laptop yang lebih mengkomodir mobilitas masyarakat modern, PC desktop juga harus rela berbagi kue dengan kecanggihan ponsel pintar masa kini. Namun bukan berarti perangkat tersebut telah dilupakan, lho. Tidak sedikit orang yang masih membutuhkan PC desktop untuk menunjang kebutuhannya, terutama bagi para perusahaan yang memiliki bisnis dan sektor komersial lainnya.


Melihat peluang tersebut, Lenovo sebagai salah satu merk komputer kenamaan di dunia memiliki sebuah produk yang dirasa cocok untuk diandalkan oleh para pelaku bisnis. Lenovo IdeaCenter AIO 520-24ARR adalah sebuah PC desktop dengan all-in-one form factor, di mana semua komponen komputer yang biasanya dipisah antara desktop, layar monitor, dan speaker menjadi satu di dalam sebuah perangkat. Hal ini membuatnya sangat ringkas dan dapat difungsikan untuk berbagai situasi.

Saat pertama kali melihat perangkat ini, penulis cukup terpukau dengan layar seluas 24 inci yang dimilikinya. Layar dengan panel IPS tersebut memiliki resolusi full HD 1.920 x 1.080 yang terlihat borderless, alias bezel yang dimiliki sangat tipis. Dilapisi dengan lapisan anti-glare, cahaya yang memantul pada layar ini tidak terlalu mengganggu ketika kita sedang menggunakannya. Berada di sisi atas layar tersebut, terdapat sebuah webcam beresolusi 720p yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan video ataupun live di media sosial.



Untuk menyalakan Lenovo IdeaCenter AIO 520-24ARR, kita cukup menekan tombol power yang berada di sisi kanan. Di atas tombol tersebut, agak ke belakang sedikit, terdapat sebuah optical drive yang mampu untuk membaca maupun menulis kepingan DVD. Beralih ke sisi kiri, ada sebuah port USB 3.1 Gen 1. Ingin mendengarkan musik ataupun menonton film dengan headset favorit? Kamu bisa menyoloknya di audio jack 3,5 mm yang terdapat di sisi bawah, sejajar dengan sebuah card reader.

Konektivitas yang lebih lengkap dapat kita temui pada sisi belakang dari perangkat ini. Tedapat sebuah power port untuk menghubungkan perangkat ini ke aliran listrik, sebuah LAN port untuk kabel LAN, sebuah HDMI out, tiga buah port USB 2.0, sebuah port USB 3.1 Gen 1, dan yang paling unik adalah tersedia sebuah port HDMI in, sehingga kita bisa menyambungkan perangkat lain seperti laptop untuk ditampilkan pada layar perangkat ini.






Lenovo IdeaCenter AIO 520-24ARR diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen 3 2200GE. Prosesor ini terdiri dari empat inti dan delapan threads, dengan kecepatan dasar 3,2 GHz dan kecepatan boost hingga 3,6 GHz. Satu hal yang menarik dan yang membedakannya dengan Ryzen 3 2200 yang biasa kita temui di laptop adalah penggunaan intergrated graphic Radeon Vega 8, di mana tentunya integrated graphic ini lebih bertenaga dibandingkan dengan Radeon Vega 3 yang biasa ditemui pada Ryzen 3 2200 non GE. Dipadukan dengan RAM sebesar 4 GB DDR4 sebanyak satu keping, performanya bisa dibilang sudah cukup sebagai komputer all-in-one komersil. Menurut lembar spesifikasi teknis yang penulis dapatkan, memory komputer ini bisa di-upgrade hingga 2 x 8 GB DDR4. Jika memang membutuhkan performa lebih, tentunya pilihan yang sangat bijak untuk melakukan upgrade tersebut. Apalagi seperti yang kita tahu jika prosesor Ryzen akan berjalan lebih optimal di konfigurasi dual channel memory.

Pada pengujian kali ini, penulis mencoba melakukan beberapa pekerjaan ringan seperti mengolah dokumen menggunakan Microsoft Office, streaming video di YouTube dan Netflix, hingga membuka banyak tab di peramban internet. Perangkat ini mampu untuk diajak kerja dengan cukup nyaman dan tanpa hambatan. Hanya saja memang RAM 4 GB saat ini sudah sangat terasa limitasinya ketika melakukan multitasking. Penulis juga mencoba untuk bermain game pada perangkat ini. Hasilnya, komputer ini cukup enak untuk memainkan e-sports game seperti Counter Strike: Global Offensive dan DOTA 2 dengan pengaturan grafis yang disesuaikan.








Satu hal yang cukup disayangkan dari Lenovo IdeaCenter AIO 520-24ARR adalah media penyimpanannya masih menggunakan hard disk. Padahal, saat ini harga dari SSD sendiri sudah cukup terjangkau, apalagi mengingat performa baca tulisnya jauh menungguli hard disk. Sehingga buat kamu yang sudah terbiasa menggunakan SSD, mungkin akan terganggu dengan kecepatan baca dan tulis yang ditawarkan oleh komputer ini. Jika merujuk pada lembar spesifikasi, komputer ini memiliki slot tambahan untuk kita bisa menambah SSD jenis M.2 di perangkat ini. Saran penulis, sebaiknya kamu memanfaatkan slot tersebut.

Masuk ke sektor audio, komputer ini dibekali dengan gimmick Dolby Audio. Keluaran suara dari speaker yang terletak di bawah layar ini cukup lantang dan tidak pecah. Bass-nya pun cukup terasa nendang jika kita bandingkan dengan speaker dari perangkat laptop. Untuk menikmati konten multimedia ataupun bermain game ringan sih, penulis rasa speaker yang tertanam pada komputer ini sudah lebih dari cukup. Jikalau kamu mau menggunakan headset, kamu dapat dengan mudah mencolok kabelnya yang berada di sisi bawah layar komputer ini.

Seperti biasa, suhu menjadi salah satu pertimbangan ketika kita akan membeli perangkat komputer. Bagaimana dengan suhu pada Lenovo IdeaCenter AIO 520-24ARR ini? Penulis mengujinya dengan menjalankan perangkat lunak synthetic benchmark Cinebench R20 sebanyak 10 kali untuk suhu prosesor dan 3DMark Fire Strike untuk suhu kartu grafis. Hasilnya, dalam keadaan idle atau menganggur, laptop ini memiliki suhu prosesor di kisaran 32 derajat celcius, sedangkan kartu grafisnya di kisaran 30 derajat celcius. Ketika sudah digunakan dalam keadaan load, suhu prosesornya meningkat hingga maksimal 63 derajat celcius, sedangkan kartu grafisnya hanya naik ke angka maksimal 50 derajat celcius. Suhu yang cukup adem tersebut kemungkinan karena kartu grafis AMD Radeon Vega 8 hanyalah merupakan integrated graphic yang tidak memerlukan power berlebih.


Lenovo IdeaCenter AIO 520-24ARR merupakan salah satu PC desktop all-in-one yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli saat ini. Hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, komputer in rasanya sangat memadai untuk digunakan sebagai penunjang kebutuhan bisnis kamu. Tidak hanya untuk kantoran atau komersil saja lho, perangkat ini juga bisa kamu andalkan sebagai multimedia center di rumah. Performanya yang cukup untuk segala kebutuhan multimedia, ditambah speakernya juga cukup maknyus. Meskipun dengan sedikit catatan, di mana RAM wajib di upgrade jika ingin merasakan perfoma yang lebih maksimal serta menambah SSD, sebab kecepatan baca/tulis komputer ini masih agak lambat karena menggunakan hard disk.

Jika berminat untuk membawa pulang komputer ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar 7 jutaan. Untuk spesifikasi teknis dari Lenovo IdeaCenter AIO 520-24ARR, kamu bisa melihatnya pada tabel di bawah ini.

Prosesor
AMD Ryzen 3 2200GE quad-core dengan kecepatan 3,2 GHz dan boost hingga 3,6 GHz.
GPU
AMD Radeon Vega 8 Integrated Graphics.
Memory RAM
4 GB DDR4 single-channel. Tersedia 2 buah slot yang mampu menampung maksimal 2 x 8 GB DDR4 dual-channel.
Storage
1 TB 7.200 RPM HDD.
Layar
23,8 inci berjenis IPS Anti-Glare dengan resolusi 1.920 x 1.080.
Sistem Operasi
DOS.
Optical Drive
DVD-RW
Konektivitas
1 x COMBO audio jack 
2 x USB Type-A 3.0 Gen 1
3 x USB Type-A 2.0
1 x HDMI out
1 x HDMI in
1 x RJ-45 LAN port
1 x RGB port

Integrated 802.11a/b/g/n/ac
Bluetooth 4.0
2-in-1 card reader (SD/SDHC)
Dimensi (Panjang x Lebar x Tebal)
54,1 x 41,6 x 21,2 cm (panjang x lebar x tebal).
Bobot
-

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.