Langsung ke konten utama

Pertumbuhan Bisnis Qlue Naik Pesat di Atas 50% Selama 2019, Angin Segar untuk Ekosistem Smart City di Indonesia?

Qlue, perusahaan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, menutup akhir tahun 2019 dengan pertumbuhan bisnis hingga di atas 50%. Pertumbuhan ini naik pesat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pencpaian positif Qlue didorong oleh tiga faktor, yaitu fokus kepada pengembangan produk solusi smart city, ekspansi bisnis di dalam dan luar negeri, serta kolaborasi dengan mitra bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi.

Gambar dari dokumen Qlue.

Rama Raditya, Founder dan CEO Qlue, menjelaskan bahwa di tahun 2019 ini, Qlue memiliki strategi untuk mengembangkan solusi smart city berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence), internet of things (IoT), dan mobile workforce. Ketiga basis tersebut membawa perkembangan positif bagi perusahaan, yang menjadikan Qlue sebagai market leader yang menawarkan solusi komprehensif di industri smart city. Selanjutnya, Rama mengatakan bahwa perusahaannya memiliki jumlah klien yang meningkan 89% dibanding periode sebelumnya. Klien yang berjumlah 85 instansi tersebut terdiri dari pihak pemerintah maupun swasta. Pencapaian ini tentunya adalah hasil dari usaha tiap QlueWarga yang telah bekerja dengan sepenuh hati dan terus berinovasi.

Andre Hutagalung, Co-Founder dan CTO Qlue, menjelaskan jika saat ini pengguna aplikasi Qlue telah mencapai lebih dari 750 ribu orang di seluruh Indonesia. Aplikasi smart city tersebut telah melayani di lebih dari 40 provinsi, kota, dan kabupaten. Sepanjang 2019, Qlue telah membawa dampak positif di lebih dari 30 kota dan kabupaten baru, antara lain Minahasa, Tarakan, Kupang, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Belitung. Solusi CCTV dan Video Analytics QlueVision juga telah digunakan oleh tiga Balai Besar Jalan Nasional untuk mendapatkan analisis mengenai jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan nasional di Banten, Mataram, dan Papua. Analisis tersebut juga digunakan oleh Kementerian PUPR untuk menganggarkan perbaikan jalan secara akurat. Selain itu, Qlue juga telah mengembangkan aplikasi Polisiku dan command center yang telah diterapkan di 22 Polda dan 5 Polres yang ada di seluruh Indonesia. Aplikasi dan command center tersebut telah digunakan di lebih dari 86 ribu personel kepolisian.

Melengkapi penjelasan dari Rama dan Andre, Maya Arvini, CCO Qlue, mengatakan bahwa ekspansi bisnis di dalam dan luar negeri yang dilakukan oleh perusahaannya didukung oleh performa dari tim pengembangan bisnis yang melakukan penjualan secara langsung dan dibantu oleh mitra bisnis yang memiliki kesamaan visi dengan Qlue. Mitra tersebut terdiri dari integrator sistem, penyedia platform dan perangkat keras, hingga firma konsultan. Dari 85 klien Qlue saat ini, sebesar 55% merupakan instansi pemerintah dan 45% merupakan instansi swasta. Pada tahun 2020 mendatang, Qlue akan fokus untuk terus melakukan ekspansi di sektor swasta dengan meningkatkan target hingga 60% untuk instansi swasta dan 40% untuk instansi pemerintah. Ditargetkan, Qlue akan melakukan implementasi di lebih dari 100 kota di Indonesia dan lima kota di Asia serta Eropa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.