Selamat Tinggal BlackBerry!

Kabar menyedihkan kembali hadir di dunia teknologi. BlackBerry baru saja mengumumkan kerja sama dengan TCL Communication, yang selama ini memegang lisensi untuk membuat desain, memproduksi, dan menjual perangkat dengan merek dagang "BlackBerry" akan berakhir pada 31 Agustus 2020 mendatang. Setelah tanggal tersebut, perusahaan asal Tiongkok itu tidak akan menjual ataupaun mengeluarkan perangkat BlackBerry terbaru. Namun, TCL akan tetap menyediakan layanan aftersales hingga 31 Agustus 2022.

Gambar dari akun Twitter resmi @BBMobile.

Melalui akun Twitter resmi BlackBerry, yakni @BBMobile, perusahaan tersebut mengumumkan perpisahan ini sekaligus mengucapkan terima kasih kepada TCL Communication. Kerja sama diantara keduanya terjalin mulai tahun 2016 silam, ketika TCL meluncurkan tiga buah perangkat yang cukup populer saat itu, yakni DTEK50, DTEK60, dan KEYone. Ketiga perangkat tersebut didesain dan dibuat oleh TCL, sedangkan sistem operasi berbasis Android yang ditanamkan adalah racikan BlackBerry.

Perlu diketahui, meskipun kerja sama diantara keduanya telah berakhir bukan berarti BlackBerry akan hilang begitu saja. Perusahaan asal Kanada tersebut masih menjalankan bisnis dengan menawarkan layanan keamanan untuk solusi perusahaan. Selain itu, perusahaan yang dahulunya bernama Research in Motion (RIM) itu juga masih mengembangkan QNX, yakni sebuah sistem operasi populer yang dikembangkan untuk aplikasi di dunia otomotif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?