Langsung ke konten utama

Cara Membersihkan Ponsel Pintar yang Benar dari Bahaya Virus Corona

Virus corona atau yang sekarang sering disebut COVID-19 saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Update terakhir ketika penulis sedang menulis artikel ini, sudah 96 orang terjangkit virus ini di nusantara. Virus yang awalnya ditemukan di Wuhan, Tiongkok ini dikabarkan bisa bertahan hidup tanpa inang di benda mati hingga sembilan hari, termasuk pada permukaan ponsel pintar yang sehari-hari kamu gunakan.

Gambar oleh Jamie Street dari Unsplash.com.

Lalu apa yang harus kamu lakukan? Saat ini cara yang paling ampuh dalam mencegah penularan COVID-19 adalah dengan mencuci tangan dengan sabun selama lebih kurang 20 detik untuk menghilangkan bakteri dan virus yang mungkin menempel di tangan. Namun bagaimana jika kamu sering menggunakan ponsel pintar tiap menit? Tidak mungkin kan harus cuci tangan terus sehabis memegang ponsel. Maka dari itu, selain tangan, kamu juga harus rajin-rajin untuk membersihkan bodi ponsel milikmu.

Perlu diingat, ponsel pintar adalah benda elektronik. Kamu tidak boleh sembarangan menggunakan cairan ataupun bahan pembersih untuk mengelap bodi ponsel. Apalagi, ponsel modern saat ini memiliki lapisan oleophobic dan hydrophobic yang berguna untuk melindungi bodi ponsel dari bekas sidik jari, debu, maupun air. Menggunakan cairan atau bahan pembersih secara sembarangan bisa menghilangkan kedua lapisan tersebut, yang tentunya dapat mengakibatkan kerusakan komponen. Beberapa cairan yang tidak direkomendasikan antara lain: cairan alkohol 70%, hand sanitizer, aceton, make up remover, dan pembersih kaca.

Sehingga apa yang harus kamu lakukan untuk membersihkan bodi ponsel pintar milikmu? Apple merekomendasikan pengguna perangkatnya untuk membersihkan perangkat yang dimiliki menggunakan tisu disinfektan. Secara spesifik, perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut menyebut tisu disinfektan yang dapat digunakan adalah merek Clorox. Selain Apple, belum ada produsen lainnya yang menyarankan cara pembersihan ini.

Gambar oleh Kelly Sikkema dari Unsplash.com.

Cara lainnya datang dari operator seluler kenamaan asal Amerika Serikat, AT&T. Mereka menyebut jika disinfektan berbasis isopropyl 70% dapat disemprotkan ke permukaan bodi ponsel pintar dan diseka menggunakan kain lembut, seperti micro fiber. AT&T tidak menyarankan pengguna untuk menyeka bodi ponsel dengan tisu karena dapat menyebabkan lecet atau goresan halus.

Alternatif lain untuk membersihkan ponsel pintar dari bahaya virus corona adalah menggunakan ultra violet sterilizer. Alat yang biasanya digunakan untuk mensterilkan perlengkapan bayi ini bisa menghilangkan bahaya yang ditimbulkan oleh bakteri dan virus yang tidak diiinginkan. Permasalahannya, saat ini belum ada pihak yang membuktikan apakah UV sterilizer tersebut bisa membunuh virus corona secara efektif atau tidak.

Baca juga: Review Lenovo ThinkPad X395: Laptop Kantoran yang Klasik dan Ringan

Penulis sendiri hingga saat ini masih melakukan cara tradisional saja untuk membersihkan ponsel pintar. Menggunakan cipratan air mineral dan sabun cuci tangan, lalu diseka dengan lap micro fiber. Cara ini diperkenalkan oleh Dr. Lena Ciric, seorang mikrobiologis dari University College London. Jika ingin melihat videonya secara lebih jelas, bisa kamu lihat pada tautan berikut. Semoga saja kita semua terhindar dari bahaya virus corona, gadgeteers!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.