Langsung ke konten utama

Ini Dia 3 Hal yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis saat Kerja dari Rumah

Akibat wabah penyakit virus Corona atau biasa disebut COVID-19 yang semakin menyebar di Indonesia, pemerintah pusat serta beberapa daerah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan social distancing, yakni menjaga jarak dengan orang lain dengan tinggal di rumah saja. Imbauan ini mengakibatkan sebagian perusahaan memberikan keleluasaan pada para karyawannya untuk bekerja dari rumah. Sebagai "budak korporat" yang biasa bekerja 8 jam sehari di kantor, tentu saja banyak orang menyambut hal ini dengan suka cita. Sebab, selain bisa meminimalisir terjangkit COVID-19, bekerja dari rumah juga memberikan kamu keleluasaan untuk kerja sekaligus bersantai di rumah.

Gambar oleh Manny Pantoja dari Unsplash.com.

Namun ternyata, tidak selamanya kerja dari rumah itu membahagiakan lho. Ada satu hal yang perlu kamu perhatikan selama bekerja dari rumah. Hal tersebut adalah: kuota internet. Ya, selama ini mungkin kamu tidak terlalu memperhatikan pemakaian kuota internet di rumah karena lebih sering menggunakan internet di kantor ataupun Wi-Fi gratis di tempat umum. Akan tetapi, setelah sekarang kamu akan lebih banyak waktu menghabiskan waktu di rumah, tentunya kuota internet bisa menjadi momok yang menakutkan. Memang sebenarnya,  kuota internet kamu akan terpakai seberapa banyak sih?

Berdasarkan pengalaman penulis, ada 3 hal yang membuat kuota internet cepat habis saat kerja dari rumah. Apa sajakah?

Mengunduh file kerja

Mungkin kamu tidak sadar, namun karena bekerja dari rumah, maka kamu harus mengunduh file yang kamu butuhkan untuk bekerja. Seringkali file tersebut memiliki ukuran yang tidak kecil, apalagi jika kamu adalah pekerja yang mengolah data Excel yang banyak, atau seorang desainer grafis yang harus mengunduh beragam file gambar berukuran besar. Hal ini tentunya akan memakan kuota yang kamu miliki cukup banyak.

Menonton film dan mendengarkan musik secara online streaming

Sudah menjadi rahasia umum buat kamu yang kerja dari rumah, pasti akan curi-curi waktu untuk bisa menonton film ataupun serial favorit di sela-sela pekerjaan. Atau mungkin akan memutar musik di aplikasi online streaming agar mood buat kerja semakin tinggi. Namun ternyata kedua aktivitas tersebut bisa menyedot kuota internetmu cukup besar.

Update game di komputer dan konsol

Satu hal lain yang biasanya akan kamu lakukan untuk mengisi waktu di sela-sela bekerja dari rumah adalah bermain game. Memang sih, bermain game itu sendiri tidak akan memakan kuota internemu terlalu besar, apalagi jika game yang kamu mainkan adalah single player dan offline. Namun yang perlu kamu waspadai adalah jika game tersebut melakukan update. Biasanya, tiap bulan para pengembang akan memberikan update berupa tambalan bug ataupun peningkatan fitur pada game yang mereka kembangkan. Jadi, jangan kaget kalau tiba-tiba kuota internetmu habis karena ternyata game yang ada di library-mu perlu di update semuanya.

Baca juga: Cara Membersihkan Ponsel Pintar yang Benar dari Bahaya Virus Corona

Itulah 3 hal yang membuat kuota internet cepat habis saat kerja dari rumah berdasarkan pengalaman penulis. Oh ya, hal-hal ini tidak berlaku jika kalian berlangganan internet broadband tanpa batas di rumah ya. Sebab, penulis menggunakan layanan internet broadband yang masih memiliki fair usage policy atau FUP sehingga memiliki batasan kuota.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.