Skip to main content

ASUS Umumkan Jajaran Gaming Laptop ROG Terbaru dengan Prosesor Intel Generasi ke-10 dan Kartu Grafis NVIDIA RTX Super

Kabar yang ditunggu-tunggu oleh para ROG fans telah tiba. ASUS sebagai pemegang merek gaming laptop paling populer tersebut mengumumkan jajaran terbaru dari lini ROG yang sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core H-series generasi ke-10.  Tidak hanya itu, semua varian yang diumumkan pun juga sudah dipersenjatai dengan kartu grafis NVIDIA RTX Super yang tentunya memiliki performa gaming lebih kencang dibandingkan dengan mayoritas kartu grafis mobile saat ini. Bukan sekadar penyegaran dari model yang sudah lebih dahulu ada, perusahaan asal Taiwan ini juga meluncurkan sebuah model baru yang dapat mendefinisikan ulang sebuah gaming laptop yang juga dapat dimanfaatkan oleh para content creator.

Review Lenovo ThinkPad X395: Laptop Kantoran yang Klasik dan Ringan

Lenovo seri ThinkPad sudah sangat dikenal sebagai laptop yang dapat diandalkan oleh kalangan profesional. Maka dari itu, tidak sedikit kalangan menyebutnya sebagai laptop kantoran, di mana banyak sekali kantor yang mengandalkan laptop ini sebagai perangkat kerja pegawainya. Selama ini, laptop seri bisnis yang terkenal dengan tombol merah di tengah papan ketiknya ini mengandalkan prosesor Intel sebagai dapur pacu utama. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok tersebut mencoba untuk membenamkan AMD Ryzen Pro series pada ThinkPad X395.

review lenovo thinkpad x395

Lenovo ThinkPad X395 membawa garis desain yang sama persis dengan model ThinkPad lainnya. Hadir dengan desain klasik berwarna hitam semi karbon yang khas, seolah-olah mengingatkan kita dengan laptop zaman dahulu. Namun hal ini bukan berarti buruk, lho. Desain seperti ini menurut penulis menjadikan ThinkPad X395 terlihat profesional dan sederhana. Apalagi peruntukannya untuk para profesional yang tentunya tidak memerlukan fisik yang mencolok. Dan seperti ThinkPad pada umumnya, tersemat logo legendaris ThinkPad pada ujung kiri atas pada sisi bodi di belakang layar.

Di sektor layar, laptop ini memiliki layar seluas 13,3 inci yang membuat ukurannya terbilang ringkas dengan bobot yang ringan. Layar tersebut memiliki resolusi 1.920 x 1.080 piksel dan bisa diputar hingga 180 derajat. Satu lagi ciri khas dari ThinkPad yang hadir di laptop ini adalah keberadaan bezel di sekeliling layar yang cukup tebal untuk standar laptop masa kini. Namun hal ini patut dimaklumi, mengingat bezel tipis bukan fitur unggulan dari seri ThinkPad. Oh ya, layar tersebut berjenis IPS, sehingga viewing angle yang dihasilkan juga cukup baik. Di atas layar, terdapat sebuah webcam dengan resolusi 720p yang dilengkapi dengan ThinkShutter yang berfungsi untuk menutup kamera ketika sedang tidak digunakan.

review lenovo thinkpad x395

Keyboard merupakan salah satu elemen penting pada laptop bisnis. Sudah bukan rahasia lagi jika desain keyboard seri ThinkPad adalah salah satu desain keyboard terbaik untuk laptop. Memiliki sudut tuts yang tumpul dan adanya lengkungan pada tengah tuts, keyboard ini mampu memberikan kenyaman lebih saat mengetik. Jarak antar tuts juga terasa pas, tidak terlalu dempet ataupun renggang. Sayangnya, keyboard pada ThinkPad X395 ini belum dilengkapi dengan backlit, sehingga mungkin kamu akan kesulitan jika menggunakannya di ruangan yang gelap. Di bawah keyboard tersebut, terdapat sebuah touch pad yang terletak tepat sejajar dengan tuts space bar. Touch pad tersebut dilengkapi dengan dua buah tombol fisik untuk memudahkan kita melakukan klik kanan ataupun kiri. Tidak lupa bulatan merah di antara tuts G, H, dan B yang dapat digunakan sebagai pengganti mouse untuk kemudahan navigasi.

review lenovo thinkpad x395

review lenovo thinkpad x395

Untuk konektivitas, laptop ini memiliki port yang cukup lengkap. Di sisi kiri terdapat sebuah charger port berjenis USB Type-C untuk pengisian daya, lalu konektor khusus USB Type-C + Ethernet, sebuah USB 3.0, HDMI port, serta audio jack 3,5 mm. Sedangkan di sisi kanan terdapat sebuah kensington lock, USB 3.0 super speed, serta sebuah smart card. Lho, kok tidak ada slot SD card? Tenang saja, kamu bisa menemukannya sisi yang terletak di belakang layar. Dan layaknya laptop tipis zaman sekarang, kamu tidak akan menemukan optical drive pada laptop ini.

review lenovo thinkpad x395

review lenovo thinkpad x395

review lenovo thinkpad x395

review lenovo thinkpad x395

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Lenovo ThinkPad X395 yang diuji oleh penulis diperkuat dengan dapur pacu racikan AMD, lebih tepatnya, AMD Ryzen 7 Pro Mobile 3700U. Prosesor ini terdiri dari empat inti dan delapan threads. Dipadukan dengan RAM sebesar 16 GB DDR4 berkonfigurasi dual channel dengan dua keping 8 GB. Layaknya laptop berbasis AMD lainnya, performa yang ditawarkan oleh laptop ini sangat gegas dan minim lag untuk pemakaian sehari-hari berkat penggunaan dual channel memory tersebut.




Cinebench R20 (All Threads)
Run 1
Run 2
Run 3
Run 4
Run 5
Run 6
Run 7
Run 8
Run 9
Run 10
961
920
877
930
974
928
983
970
1026
954

3D Mark Fire Strike (Graphics Score)
Run 1
Run 2
Run 3
Run 4
Run 5
Run 6
Run 7
Run 8
Run 9
Run 10
2816
2609
2613
2611
2604
2611
2595
2606
2604
2605

Penat dengan pekerjaan? Kamu juga bisa bermain game di laptop ini dengan pengaturan grafis yang disesuaikan. Berikut hasil pengujiannya.

Game
Min FPS
Max FPS
Avg FPS
DOTA 2 (720P, Fastest)
41
107
75
Counter Strike: Global Offensive (720P, All Low, AA Off)
7
61
20

Masuk ke sektor audio, bisa dibilang laptop ini tidak memiliki gimmick audio apapun. Hal ini wajar mengingat laptop ini ditujukan untuk penggunaan profesional/bisnis. Namun keluaran suara dari speaker pada laptop ini cukup oke. Keluaran suaranya terdengar lantang dan tidak pecah. Namun penulis lebih menyukai untuk pakai headset saja ketika ingin menikmati konten maupun bermain game di laptop ini.

Seperti biasa, suhu menjadi salah satu pertimbangan ketika kita akan membeli laptop. Bagaimana dengan suhu pada Lenovo ThinkPad X395 ini? Penulis mengujinya dengan menjalankan perangkat lunak synthetic benchmark Cinebench R20 sebanyak 10 kali untuk suhu prosesor dan 3DMark Fire Strike untuk suhu kartu grafis. Hasilnya, dalam keadaan idle atau menganggur, laptop ini memiliki suhu prosesor di kisaran 39-40 derajat celcius, sedangkan kartu grafisnya di kisaran 42-43 derajat celcius. Ketika sudah digunakan dalam keadaan load, suhu prosesornya meningkat hingga maksimal 79 derajat celcius, sedangkan kartu grafisnya hanya naik ke angka maksimal 60 derajat celcius. Suhu tersebut bisa dibilang sangat adem untuk prosesor dengan daya yang cukup kencang tersebut.

Suhu Lenovo ThinkPad X395
Idle
Load
CPU
39-40
78-79
GPU
42-43
59-60

Untuk daya tahan baterainya sendiri, penulis mengujinya dengan menggunakan laptop ini untuk bekerja. Diatur ke pengaturan power Better Performance, dengan pemakaian browsing internet, mendengarkan lagu dari Spotify, serta mngolah dokumen menggunakan Microsoft Office, penulis mendapatkan waktu pemakaian hingga sekitar 7 jam 15 menit. Sedangkan jika digunakan untuk bermain game, setelah bermain DOTA 2 selama lebih kurang satu jam penulis mendapatkan penurunan daya baterai dari 100% menjadi 40%. Bisa dibilang, daya tahan baterainya terbilang sangat baik. Jika hanya untuk pekerjaan ringan yang mungkin kamu kerjakan sembari minum kopi di kafe, kamu tidak perlu khawatir kehabisan daya untuk pergi tanpa membawa charger.

Lenovo ThinkPad X395 merupakan salah satu laptop bisnis kelas atas yang dapat kamu pertimbangkan untuk dibeli saat ini. Hadir dengan spesifikasi yang sangat mumpuni di kelasnya, laptop ini mampu memenuhi segala kebutuhan profesionalmu. Keyboard ala ThinkPad yang sangat enak untuk digunakan tentunya dapat membuatmu nyaman untuk mengolah dokumen kerjaan sehari-hari. Apalagi bobotnya ringan dan ukurannya yang sangat ringkas, membuat laptop ini sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana sembari bekerja secara mobile. Jika ingin mencari-cari kekurangannya, mungkin hanya terletak pada absennya port Thunderbolt 3 yang mungkin belum terlalu banyak pengguna yang menggunakannya serta posisi slot kartu SD yang kurang lazim.

review lenovo thinkpad x395

Jika kamu ingin membawa pulang laptop ini, kamu bisa menemukannya di online marketplace dengan harga sekitar 13 juta rupiah.

Spesifikasi teknis dari Lenovo ThinkPad X395 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.


Prosesor

AMD Ryzen 7 Pro Mobile 3700U.


GPU

AMD Radeon Vega 10 Mobile Graphics.


Memory RAM

16 GB DDR4 dual-channel.


Storage

512 GB NVMe M.2 SSD.


Layar

13,3 inci IPS dengan resolusi 1.920 x 1.080 Full HD.


Sistem Operasi

Windows 10.


Optical Drive

Tidak tersedia.


Konektivitas

1 x COMBO audio jack 
1 x USB Type-C + Ethernet
1 x USB Type-C + Power Port
1 x USB Type-A 3.0 Gen 1
1 x USB Type-A 3.0 Gen 2
1 x HDMI 2.0

Intel 9260 Wireless-AC 2 x 2 AX
Bluetooth 5.0
MicroSD card reader.


Dimensi (Panjang x Lebar x Tebal)


31,9 x 21,7 x 1,7 cm.


Bobot

Sekitar 1,3 kg dengan baterai.



Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.