MSI Alpha 15: Gaming Laptop Pertama AMD dengan Radeon RX 5000 Series

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak inovasi baru hadir di dalam dunia teknologi. Inovasi tersebut juga mendorong berbagai produsen laptop untuk mengembangkan produk sesuai dengan permintaan pasar saat ini. Salah satu kategori yang sedang naik daun adalah gaming laptop. Kategori ini memiliki pasar yang cukup luas, dikarenakan selain para gamers yang menjadi konsumen utama, banyak konsumen non-gamers juga yang mencari gaming laptop. Alasannya utamanya terletak pada spesifikasi gaming laptop yang tinggi membuat laptop kategori ini dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan profesional,  misalnya pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis, arsitektur, hingga content creation.

laptop gaming msi
Gambar dari dokumen AMD.


MSI sebagai salah satu pemain lama dalam dunia periperal komputer dan laptop saat ini menawarkan sebuah lini gaming laptop baru di luar seri G yang sudah cukup dikenal oleh para gamers sebelumnya. Bekerja sama dengan AMD, perusahaan asal Taiwan ini melahirkan MSI Alpha 15. Seri yang memiliki lambang burung gryphon berwarna hijau ini hadir dengan platform AMD dengan teknologi 7 nm. Teknologi tersebut terdapat pada kartu grafis terdedikasi yang ada pada gaming laptop ini, yaitu Radeon RX5500M. Dikombinasikan dengan prosesor AMD Ryzen 7 3750H, kartu grafis tersebut mampu menawarkan performa setara dengan gaming laptop dengan kelas harga di atasnya.

Seri Alpha 15 ini memiliki desain yang cukup elegan. Desainnya bisa dibilang lebih sederhana jika dibandingkan dengan MSI seri G, namun tetap mempertahankan elemen-elemen unik dari sebuah gaming laptop. Salah satunya adalah keyboard dengan fitur per-key RGB yang mampu menampilkan beragam warna sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, layar seluas 15,6 inci beresolusi Full HD yang dimiliki oleh laptop ini juga sudah memiliki refresh rate hingga 144 Hz dengan dukungan teknologi AMD Radeon FreeSync. Pada sektor audio, laptop ini dibekali dengan ruang speaker 5x lebih besar dibandingkan dengan rata-rata laptop lain, sehingga mampu menghasilkan keluaran suara yang lebih lantang. Hal ini tentunya akan semakin membuat permainanmu jadi lebih seru dan menegangkan. Jikalau kamu ingin menikmati permainan menggunakan headset, laptop ini juga memiliki fitur Hi-Res Audio jika headset kamu sudah mendukung fitur tersebut.

Gambar dari dokumen AMD.

Soal performa, jeroan MSI Alpha 15 ini tidak perlu diragukan lagi. Prosesor AMD Ryzen 7 3750H yang dibawa oleh gaming laptop ini memiliki empat inti dan delapan threads dengan rating RDP 35W mampu memberikan performa lebih untuk keperluan gaming-mu. Jika diperlukan, prosesor ini akan di-boost dengan kecepatan hingga 4 GHz. Sedangkan untuk kartu grafis terdedikasinya sendiri, sudah disebutkan di awal bahwa menggunakan Radeon RX 5500M terbaru dengan teknologi fabrikasi 7 nm. Kartu grafis ini memiliki memory 4GB GDDR6 yang memberikan bandwith lebih optimal untuk menghasilkan pengalaman bermain yang lebih lancar. Untuk RAM bawaannya memang hanya diberikan 8 GB DDR4 sebanyak satu keping, namun disarankan untuk menambah satu keping 8 GB DDR4 lagi untuk menjadikannya berjalan di konfigurasi dual-channel. Sebab, sudah menjadi rahasia umum jika platform berbasis AMD akan berjalan dengan lebih optimal jika menggunakan RAM dengan konfigurasi tersebut. Pada pengujian yang dilakukan oleh tim internal, gaming laptop ini mampu menghasilkan skor hingga 786 untuk Cinebench R15. Sedangkan pada PC Mark 10, laptop ini mendapatkan skor 4.414. Pada benchmark performa grafis menggunakan 3DMark Fire Strike, laptop ini sanggup menghasilkan skor hingga 12.361m di mana skor ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan rival sekelasnya.

Untuk performa penggunaan sehari-hari, laptop ini mampu menjalankan aplikasi kelas berat seperti Adobe Premier CC atau Photoshop CC dengan lancar tanpa kendala. Sedangkan untuk melakukan render sebuah gambar 3D dengan aplikasi Blender 2.8, laptop ini mampu menyelesaikannya dalam waktu 8 menit 20 detik. Bagaimana untuk gaming? Namanya saja gaming laptop, tentunya tidak masalah untuk menjalankan berbagai game di Alpha 15. Game kelas atas seperti Battlefield V, Shadow of the Tomb Raider, Ghost Recon, hingga Borderlands mampu mendapatkan frame rate di atas 60 FPS dengan pengaturan grafis high di resolusi Full HD. Sedangkan ketika menjalankan game kelas esport seperti Counter Strike: Global Offensive atau DOTA 2, laptop ini memiliki frame rate stabil di atas 90 FPS.

Untuk spesifikasi lainnya, gaming laptop ini sudah menggunakan media penyimpanan internal berupa SSD NVMe PCIe dengan kapasitas 512 GB. Media penyimpanan ini tentunya siap menghadirkan kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih kencang jika dibandingkan dengan HDD biasa. Sedangkan di sektor konektivitas, laptop ini memiliki sebuah USB 3.2 Gen 1 berjenis Type-C, tiga buah USB 3.2 Gen 1 berjenis Type-A, sebuah RJ-45, sebuah Micro SD reader, sebuah HDMI dengan dukungan resolusi hingga 4K 60 Hz, sebuah mini display port, dan headphone serta microphone jack terpisah. Dalam paket penjualannya, laptop ini sudah dibekali dengan sistem operasi Windows 10 Home sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan kocek lebih lagi untuk membeli sistem operasi original.

Spesifikasi MSI Alpha 15.

MSI Alpha 15 memiliki dua varian, yang pertama adalah MSI Alpha 15 A3DD dengan spesifikasi yang sudah dijelaskan dengan detail pada artikel ini. Sedangkan varian yang satu lagi, yakni MSI Alpha 15 A3DC, memiliki perbedaan di kartu grafis terintegrasi yang digunakan. Jika A3DD menggunakan Radeon RX 5500M, A3DC menggunakan Radeon RX 5300M. Namun tenang saja, keduanya mampu untuk memberikan performa lebih untuk kebutuhan gaming-mu kok. Jika memang memiliki budget lebih, penulis sarankan untuk memilih MSI Alpha 15 A3DD dengan banderol harga Rp15.499.000. Sedangkan jika budget kamu sedikit terbatas, maka tidak ada salahnya untuk melirik MSI Alpha 15 A3DC dengan banderol harga Rp13.999.000. Kedua produk ini sudah bisa kamu beli di toko komputer langgananmu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?