Rekomendasi Aplikasi untuk Tingkatkan Produktivitasmu saat Kerja dari Rumah

Tidak sedikit masyarakat saat ini sedang melakukan kerja dari rumah atau bisa juga disebut dengan istilah work from home. Hal ini dilakukan untuk mencegah menyebaran penyakit virus corona atau COVID-19 yang saat ini sedang mewabah di Indonesia. Pada prakteknya di lapangan, ternyata aktivitas bekerja dari rumah seringkali membuatmu kurang produktif jika dibandingkan dengan kerja secara normal dari kantor. Apalagi jika kamu tidak memiliki perangkat kerja yang memadai, seperti komputer desktop atau laptop, wah jadi tambah sulit deh untuk bekerja secara optimal.

tips kerja dari rumah
Gambar oleh Corinne Kutz dari Unsplash.com.

Namun tenang saja gadgeteers, kamu sebenarnya punya lho sebuah perangkat yang cukup powerful untuk digunakan bekerja. Ya, ponsel pintar yang sehari-hari kamu buka dan kunci layarnya itu memiliki segudang potensi untuk dijadikan alat kerja. Apalagi saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang dapat menunjangmu untuk meningkatkan produktivitas, termasuk saat kamu kerja dari rumah. Mau tahu apa aja aplikasinya? Yuk cek di bawah ini!

Google Keep

Gambar dari Google Play Store.

Google Keep adalah sebuah aplikasi pencatatan yang multifungsi. Tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk mencatat teks saja, tapi juga kamu bisa membubuhkan gambar, rekaman audio, serta membuat daftar kerjaan yang akan kamu lakukan. File yang kamu catat nantinya akan tersimpan secara daring di dalam akun Google milikmu, sehingga kamu bisa membuka file Google Keep ini dari perangkat apa saja dan di mana saja. Kabar baiknya lagi, aplikasi ini biasanya sudah terpasang secara default di dalam ponsel Android. Jika di ponselmu tidak ada, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store ataupun Apple App Store.

Microsoft Office

Gambar dari Google Play Store.

Pekerjaan kantor biasanya berkaitan dengan penggunaan Microsoft Office. Aplikasi yang sering digunakan untuk membuat dokumen (Word), presentasi (PowerPoint), dan mengolah data (Excel) ini memang sudah menjadi aplikasi  penunjang produktivitas sebagian besar pekerja kantoran dari dulu hingga sekarang. Tidak hanya di sistem operasi Windows saja, aplikasi ini juga tersedia di Google Play Store dan Apple App Store secara gratis lho. 

Trello

Gambar dari Google Play Store.

Sering mengerjakan kerjaan proyek bareng tim atau rekan sekantor? Pastinya sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini dong. Ya, Trello ada sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengorganisir pekerjaanmu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat daftar perkerjaan yang harus dikerjakan, timeline dari pekerjaan, hingga menunggah hasil pekerjaan dalam bentuk dokumen, gambar, maupun video. Jika dibutuhkan, kamu juga dapat mengoneksikan aplikasi ini dengan aplikasi lainnya seperti Google Drive ataupun Dropbox.

Pushbullet

Gambar dari Google Play Store.

Pushbullet adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan antara ponsel pintar milikmu dengan komputer desktop atau laptop yang kamu gunakan. Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi yang sangat membantu, seperti mengirimkan file antar perangkat, mengirimkan notifikasi dari ponsel ke komputer, hingga membalas pesan masuk.

Google Drive

Gambar dari Google Play Store.

Tanpa perlu direkomendasikan lagi, pasti kalian sudah menggunakan aplikasi ini. Google Drive adalah media penyimpanan awan yang dimiliki oleh Google. Kamu bisa menyimpan berbagai file di sini, mulai dari dokumen, gambar, audio, hingga video. Aplikasi ini juga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan aplikasi lainnya, seperti Trello misalnya. Pada versi gratisnya, kamu akan mendapatkan ruang sebesar 15 GB. Jika membutuhkan ruang lebih, kamu bisa berlangganan secara tahunan mulai dari 269 ribu rupiah untuk kapasitas 100 GB. Sangat terjangkau bukan?


Itulah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantumu untuk meningkatkan produktivitas saat kerja dari rumah. Semoga gadgeteers sehat selalu ya, agar tidak berkendala dalam mengejakan pekerjaannya sehari-hari. Stay safe!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?