Tips Agar Tetap Produktif dari Rumah Bersama Logitech

Semejak pandemi penyakit virus corona atau COVID-19 mewabah di Indonesia, banyak sekolah dan perusahaan yang mempraktekkan aktivitas belajar dan bekerja dari rumah. Seluruh kegiatan tersebut dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi internet yang ada saat ini. Sebagai merek teknologi peripherals dunia, Logitech turut mendukung para pengguna setianya untuk tetap produktif dari rumah dengan membagikan beberapa tips.

belajar dari rumah logitech
Gambar dari dokumen Logitech.

Pertama-tama, lakukanlah persiapan untuk bekerja atau belajar dari rumah agar aktivitasmu dapat berjalan lancar. Persiapan tersebut dapat dimulai dari menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti laptop atau desktop, mouse, keyboard, headset, hingga webcam untuk melakukan panggilan video. Semua peralatan ini tentunya dapat menunjang kegiatan belajar ataupun bekerja dari rumahmu. Tenang saja, jika kamu belum memiliki peralatan tersebut, Logitech menyediakan berbagai periphelrals dengan teknologi Swiss yang dapat mendukung kelancaran aktivitasmu.

Selanjutnya, jangan lupa untuk mempersiapkan perangkat lunak yang kamu butuhkan untuk mendukung aktivitas dari rumahmu. Salah satu yang mungkin wajib kamu unduh dan pasang adalah perangkat lunak untuk melakukan panggilan video. Kamu dapat memanfaatkan perangkat lunak seperti ZOOM ataupun Google Hangouts yang dapat diunduh secara gratis. Jika kamu menggunakan laptop, mungkin kamu dapat memanfaatkan webcam dan mic yang sudah tertanam di dalam laptop milikmu. Namun jika kamu menggunakan desktop, jangan lupa untuk menyiapkan webcam dan mic atau headset terpisah seperti yang sudah disarankan sebelumnya. Tidak lupa untuk meyiapkan juga beberapa perangkat lunak daring agar dapat berkolaborasi lebih mudah dengan teman-temanmu seperti Google Suites ataupun Trello.

tips belajar dari rumah
Gambar dari dokumen Logitech.

Salah satu kesulitan ketika ingin melakukan aktivitas belajar ataupun bekerja dari rumah adalah banyaknya gangguan dari sekitar. Maka dari itu, kamu harus menyiapkan satu ruangan khusus agar dirimu bisa melakukan aktivitas tanpa dapat diganggu oleh orang lain. Hindari bekerja dari atas kasur, yang tentunya membuat rasa malasmu akan semakin bertambah.  Tetap gunakan meja dan kursi seperti layaknya kamu belajar dari sekolah ataupun bekerja dari kantor. Tidak lupa, jangan lupa mandi dan mengenakan pakaian yang sopan ya! Malu dong kalau terlihat kusut oleh teman sekelas ataupun kolega sekantor.

Satu hal yang mungkin sering terlupakan adalah menetapkan waktu belajar ataupun bekerja. Jika kamu belajar di sekolah ataupun bekerja di kantor, tentu sudah ada waktu yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah atau perusahaan sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan. Sedangkan jika di rumah, biasanya peraturan tersebut akan menjadi tidak beraturan. Maka dari itu, sebaiknya kamu dan teman-temanmu sudah menyepakati terlebih dahulu waktu yang ingin digunakan untuk belajar ataupun bekerja sebelum memulainya. Sebab jika tidak ditentukan, aktivitas belajar ataupun bekerjamu akan menjadi tidak efektif dan optimal.

tips kerja dari rumah
Gambar dari dokumen Logitech.

Ingat ya gadgeteers, selama periode belajar ataupun bekerja dari rumah, jangan lupa untuk selalu tetap aktif berkomunikasi dengan teman dan kolega. Jangan ragu untuk menghubungi mereka beberapa kali dalam satu hari melalui panggilan telepon, pesan teks, ataupun panggilan video sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan semua kerjaanmu dapat diselesaikan secara berkolaborasi agar selesai sesuai dengan deadline yang kamu dapatkan. Jika semua tips di atas sudah kamu jalankan, jangan lupa untuk memberikan reward untuk dirimu dan orang terkasih dengan meluangkan waktu lebih bersama mereka di rumah. Lakukanlah aktivitas bersama-sama di rumah yang jarang kamu lakukan di saat normal karena kesibukan yang kamu miliki. Manfaatkan waktu yang ada untuk memberikan perhatian dan kasih sayang lebih untuk keluargamu.

Baca juga: Ini Dia 3 Hal yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis saat Kerja dari Rumah

Dengan mengikuti anjuran dari pemerintah untuk tetap  tinggal di rumah, semoga kita bisa melewati pandemi COVID-19 bersama-sama. Memang sih dibutuhkan komitmen lebih untuk terus bisa produktif meskipun aktivitas belajar ataupun bekerja dilakukan dari rumah, namun apa yang kamu lakukan tentunya akan terbayar dengan hasil yang positif di masa depan. Ingat, tetap jaga kesehatan dan selalu sebarkan semangat positif ya, gadgeteers!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?