Xiaomi Perkenalkan MIUI 12, Bawa Sejumlah Ubahan Desain Visual

Xiaomi baru saja memperkenalkan versi terbaru dari antarmuka khas milik mereka, MIUI. Antarmuka yang bernama MIUI 12 tersebut membawa sejumlah ubahan desain visual dan user interface untuk meningkatkan pengalaman penggunaan ponsel mereka. Selain itu, antarmuka penerus MIUI 11 tersebut juga mendapatkan beberapa fitur baru seperti Dark Mode 2.0, peningkatan privasi dan keamanan, serta animasi dan wallpaper baru.

Gambar dari androidauthority.com.

Pada acara perkenalan MIUI 12 tersebut, Xiaomi juga membeberkan bahwa antarmuka racikan mereka itu sudah digunakan oleh 310 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Selain itu, mereka juga memaparkan bahwa antarmuka terbaru mereka menjadi sistem operasi mobile pertama yang telah lulus dari uji kelayakan "Android System Enhanced Privacy Protection Test" yang dilakukan oleh TUV Rheinland.

Hal pertama yang mendapatkan update di MIUI 12 ini adalah Dark Mode 2.0. Modus ini memungkinkan pengguna untuk melakukan dimming pada wallpaper di ponsel Xiaomi mereka. Fitur ini akan bekerja berdasarkan waktu siang dan malam, di mana ketika memasuki waktu malam wallpaper yang digunakan oleh pengguna akan perlahan-lahan menjadi redup. Selain itu, Xiaomi juga mengulik pemaparan teks ketika pengguna mengganti modus antara modus terang dan modus gelap. Pada pembaruan ini, perangkat akan secara otomatis melakukan penyesuaian terhadap bobot dan ketebalan dari teks untuk mengurangi efek glare ketika modus gelap dinyalakan. Hal ini dapat membuat pengguna lebih nyaman ketika membaca teks saat modus gelap aktif.

Hal kedua yang mendapatkan ubahan pada MIUI 12 terletak pada menu Settings atau Pengaturan. Di dalamnya, Xiaomi telah membuat visualisasi informasi sistem inti yang biasanya dipaparkan dalam bentuk teks. Perusahaan asal Tiongkok tersebut menyebutnya dengan "Sensory Visual Design". Sehingga, ketika pengguna nantinya membuka halaman Settings lalu masuk ke dalam informasi sistem seperti "Storage Availability", maka pengguna akan mendapatkannya dalam bentuk grafik dan diagram visual. Hal ini ditujukan agar pengguna dapat lebih mudah memahami dibandingkan jika hanya ditampilkan dalam bentuk teks yang terkadang membingungkan, terutama bagi pengguna awam.

Gambar dari androidauthority.com.

Hal ketiga yang hadir pada pembaruan MIUI 12 ini adalah animasi dan gestures baru. Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, Xiaomi berfokus kepada ubahan desain visual pada antarmuka terbaru ini. Terlihat dari animasi cuaca yang disajikan pada layar pengguna dalam bentuk video time-lapse sesuai dengan ramalan cuaca. Animasi pada icon aplikasi juga mendapatkan pembaruan. Pada penerus MIUI 11 ini, icon aplikasi akan memperlihatkan feedback secara real-time berdasarkan gestures yang pengguna berikan. Contohnya, ketika pengguna akan menghapus sebuah aplikasi, maka akan ada animasi percikan air di sekitar icon aplikasi tersebut. Selain itu, ada juga animasi baru untuk rotasi layar, tombol, pengisian daya, hingga membuka dan menutup aplikasi.

Hal keempat yang cukup menarik dari update MIUI 12 adalah kehadiran Super Wallpapers. Wallpaper ini bukanlah sembarang wallpaper, sebab Xiaomi telah berdedikasi untuk membuat animasi model tiga dimensi dengan presisi tinggi dari planet Mars dan Bumi berbasis dari data eksplorasi ruang angkasa dari NASA. Nantinya pengguna dapat memasang Super Wallpapers ini baik di home screen ataupun di lock screen. Ketika pengguna menyalakan modus gelap, maka planet yang pengguna pilih untuk juga akan menampilkan waktu malam ketika sudah memasuki waktunya untuk menambah pengalaman visual pengguna.

Hal kelima yang juga menjadi highlight pada MIUI 12 adalah peningkatan privasi dan keamanan. Pada antarmuka terbaru ini, pengguna dapat memilih untuk memberikan permissions untuk aplikasi hanya sekali atau hanya ketika pengguna menggunakan aplikasi tersebut. Permissions itu akan dibatalkan setelah pengguna telah selesai dan menutup aplikasinya. Selain itu, antarmuka ini juga mampu untuk melacak behaviour aplikasi yang digunakan oleh pengguna. Nantinya, pengguna dapat melihat rekaman dari behaviour dari aplikasi yang digunakan, informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi, atau aplikasi lain yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Pengguna juga nantinya akan mendapatkan sebuah pengingat ketika permissions yang bersifat sensitif telah digunakan oleh aplikasi. Satu hal yang cukup menarik, Xiaomi menghadirkan Mask System pada sistem privasi dan keamanan mereka. Nantinya sistem ini bisa menyediakan informasi kosong dan identitas virtual untuk aplikasi yang dianggap mencurigakan untuk melindungi data pribadi pengguna. Identitas virtual yang disediakan antara lain daftar kontak, kalender, dan daftar panggilan suara.


Xiaomi mengatakan jika versi stabil dari MIUI 12 akan mulai didistribusikan kepada para pengguna pada akhir Juni 2020. Saat ini, program pengujian open beta sedang dijalankan di Tiongkok. Untuk daftar ponsel yang akan mendapatkan update MIUI terbaru ini, bisa kamu lihat di bawah ini:

Batch pertama:

- Mi 10 Pro
- Mi 10
- Mi 10 Youth Edition
- Mi 9 Pro
- Mi 9
- Mi 9 Explorer Edition
- Redmi K30 Pro
- Redmi K30
- Redmi K30 Pro Zoom Edition
- Redmi K20 Pro
- Redmi K20

Batch kedua:

- Mi Mix 3
- Mi Mix 2S
- Mi 8
- Mi 8 Explorer Edition
- Mi 9 SE
- Redmi Note 8 Pro
- Redmi Note 7, 7 Pro
- Mi CC9, CC9 Pro

Batch ketiga:

- Mi Mix 2
- Mi Note 3
- Mi Max 3
- Mi 8 SE
- Mi 8 Youth Edition
- Mi Mix 2
- Redmi Note 8
- Redmi 6, 6A, 6 Pro
- Redmi 8, 8A
- Redmi 7, 7A
- Redmi Note 5
- Mi CC9e

Apakah ponsel Xiaomi atau Redmi milikmu masuk ke dalam daftar yang mendapatkan MIUI 12, gadgeteers? Kalau tidak ada, berminatkah kamu untuk melakukan upgrade ke ponsel Xiaomi atau Redmi terbaru? Kabar terakhir yang beredar di dunia maya, tidak lama lagi Xiaomi Indonesia akan meluncurkan flagship terbaru mereka di tanah air lho! Penasaran? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?