AMD Hadirkan Prosesor Mobile Ryzen PRO 4000 Series, Siap Meluncur pada Laptop HP dan Lenovo

AMD mengumumkan ketersediaan prosesor mobile untuk notebook komersial terbaru, yakni AMD Ryzen PRO 4000 series. Jajaran prosesor x86 berbasis manufaktur 7 nm pertama di dunia tersebut hadir dengan core dan thread paling banyak yang ada pada sebuah ultrathin notebook kelas bisnis. Prosesor baru ini sepenuhnya dioptimalkan untuk kemampuan kerja jarak jauh dan didesain untuk membawa komputasi bisnis pada tingkat yang lebih tinggi dengan performa multi-threading untuk menunjang produktivitas modern. Rencananya, prosesor ini akan siap meluncur pada laptop kelas bisnis dari HP dan Lenovo mulai pertengahan tahun 2020.

prosesor mobile AMD terbaru
Gambar dari dokumen AMD.

Saeid Moshkelani, Senior VP and General Manager Client Business Unit AMD, mengatakan bahwa dengan peluncuran prosesor mobile AMD Ryzen PRO 4000 series, AMD kembali mendefinisikan standar baru pengalaman PC, dari komputasi desktop kelas, ultrathin notebook, gaming notebook, hingga notebook bisnis modern. Dibangun di atas arsitektur Zen 2 dan proses manufaktur 7 nm, portofolio AMD Ryzen for Business mampu memberikan performa canggih, fitur keamanan yang dapat diandalkan, daya tahan baterai yang mengesankan, serta pengelolaan canggih untuk meningkatkan kemampuan ultrathin notebook secara signifikan di segala lingkungan kerja.

AMD Ryzen PRO 4000 series telah mencapai peningkatan peforma dan kemampuan dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, jajaran prosesor terbaru tersebut siap untuk memberikan pengalaman komputasi serta keamanan yang tinggi. Ada tiga prosesor yang termasuk ke dalam jajaran Ryzen PRO 4000: AMD Ryzen 3 PRO 4450U, AMD Ryzen 5 PRO 4650U, serta AMD Ryzen 7 PRO 4750U. Ketiganya memiliki spesifikasi teknis seperti yang tercantum pada tabel berikut:

MODEL

CORES/

THREADS

TDP

BOOST/BASE FREQ

GPU CORES

L2 / L3 CACHE (MB)

AMD Ryzen™ 7 PRO 4750U

8/16

15W

Up to 4.1 / 1.7 GHz

7

12

AMD Ryzen™ 5 PRO 4650U

6/12

15W

Up to 4.0 / 2.1 GHz

6

11

AMD Ryzen™ 3 PRO 4450U

4/8

15W

Up to 3.7 / 2.5 GHz

5

6


Ada dua hal utama yang menjadi titik berat peningkatan pada AMD Ryzen PRO 4000 series, khususnya untuk seri Ryzen 7 PRO 4750U. Pertama adalah performa luar biasa yang diciptakan untuk fleksibilitas di mana saja dan kapan saja. Ryzen 7 PRO 4750U adalah prosesor bisnis tercepat untuk notebook bisnis ultrathin saat ini. Dengan delapan inti dan 16 threads, prosesor ini mampu untuk menghadirkan performa multi-threaded hingga 33% lebih baik dibandingkan dengan kompetitor. Kedua, prosesor tersebut juga memiliki peningkatan efisiensi daya yang lebih baik dengan memberikan performance per watt hingga dua kali lipat lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor ini didesain mampu untuk menghadirkan daya tahan baterai hingga lebih dari 20 jam.

Selain kedua peningkatan tersebut, AMD Ryzen PRO 4000 series juga dilengkapi teknologi AMD PRO yang terdiri dari:

AMD PRO Security: Tingkatan berlapis untuk pertahanan keamanan, dari silikon melalui sistem operasi dan fitur keamanan tingkat sistem. Di dalam fitur ini terdapat AMD Memory Guard, yakni sebuah fungsi ekslusif untuk prosesor AMD Ryzen PRO yang memungkinkan perlindungan data dan identitas yang lebih baik.

AMD PRO Manageability: Mengaktifkan penuh fitur kemampuan pengelolaan untuk penerapan, imaging, dan manajemen yang disederhanakan di mana kompatibel dengan infrastruktur teknologi informasi modern. Prosesor AMD Ryzen PRO menawarkan dukungan penuh untuk Microsoft Endpoint Manager untuk memberikan solusi manajemen awan yang fleksibel dan terintegrasi.

AMD PRO Business Ready: Solusi komputasi enterprise yang dirancang untuk kualitas dan keandalan untuk daya tahan platform jangka panjang. Prosesor AMD Ryzen PRO memiliki stabilitas perangkat lunak terencana selama 18 bulan dan ketersediaan terencana selama 24 bulan.


Jajaran prosesor AMD Ryzen PRO 4000 series ini akan hadir di HP seri ProBook dan Lenono seri ThinkPad. Kedua merek tersebut siap untuk memasarkan perangkat mereka untuk menunjang aktivitas bisnis yang membutuhkan performa tinggi, keamanan yang dapat diandalkan, serta fungsionalitas yang fleksibel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?