Periksa Keamanan Akunmu dengan Firefox Monitor

Beberapa hari yang lalu, warganet Indonesia dikagetkan dengan sebuah kasus pembobolan data sebuah e-commerce besar tanah air. Diberitakan oleh berbagai sumber, sebuah file berisi 91 juta data akun yang terdaftar di e-commerce tersebut telah bocor dan dijual oleh seorang hacker di sebuah forum. Kabar ini pun langsung membuat heboh dan panik warganet, terutama yang menjadi pengguna setia dari e-commerce tersebut. Penulis pribadi juga merupakan pengguna setia platform jual beli daring tersebut sejak lama. Tentunya penulis cukup cemas dengan kasus pembobolan data tersebut, apalagi penulis juga menyimpan data pribadi seperti alamat tempat tinggal, nomor telepon, alamat surel, nomor rekening, hingga data kartu kredit yang digunakan untuk bertransaksi.

belanja online
Gambar oleh rupixen dari Unsplash.com.

Hal pertama yang dilakukan oleh penulis ketika mengetahui kabar tersebut adalah mengganti kata kunci atau password dari akun e-commerce tersebut. Selain itu, penulis juga mengganti password dari surel yang terdaftar di akun terkait, sebab alamat surel sudah terekspos dari data hasil pembobolan yang diperjual belikan itu. Walaupun sebenarnya kedua hal ini tidak wajib dilakukan, sebab penulis sendiri sudah mengaktifkan fitur keamanan 2FA (two-factor authentication), di mana jika penulis ingin masuk ke dalam akun, maka penulis harus mengisi kode yang dikirimkan oleh penyedia layanan melalui pesan teks ataupun surel. Jika ada orang lain yang mencoba untuk masuk ke dalam akun penulis secara ilegal, maka ia akan kesulitan masuk karena ia tidak mengetahui kode 2FA tersebut.

Berkat kasus pembobolan tersebut, penulis pun bertanya-tanya, apakah akun-akun lain milik penulis yang berada di penyedia layanan daring, baik itu situs media sosial, e-commerce, hingga layanan daring lainnya aman dari hal serupa? Atau jangan-jangan pernah kebobolan juga namun penulis tidak tahu karena tidak ada yang memberitakan? Tenang saja gadgeteers, untuk memastikan hal tersebut kita bisa melakukan pemeriksaan keamanan akun menggunakan layanan yang diberikan oleh Firefox. Ya, perusahaan yang dikenal dengan aplikasi peramban Mozilla ini memiliki layanan pengecekan keamanan akun daring bernama Firefox Monitor.

firefox
Gambar dari monitor.firefox.com.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengisi kolom yang terdapat pada laman depan Firefox Monitor dengan alamat surel yang kamu daftarkan di berbagai penyedia layanan. Setelah klik pada tombol "Check for Breaches", nanti akan keluar daftar penyedia layanan yang pernah kebobolan, lengkap dengan tanggal kejadian serta data apa saja yang terbobol. Situs ini dapat mendeteksi kasus kebobolan hingga tahun 2007 silam. Sumber data yang dimiliki oleh situs ini berasal dari Have I Been Pwned, yakni sebuah proyek yang digagas oleh Troy Hunt, Direktur Regional Microsoft. Dirinya juga pernah mendapatkan penghargaan dari perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates tersebut sebagai Most Valuable Professional untuk pengembang keamanan. Selain itu, dirinya juga aktif menulis di blog pribadi miliknya yakni troyhunt.com. Troy membuat proyek ini untuk menyediakan layanan kepada publik agar lebih sadar terhadap keamanan data yang mereka miliki.


Bagaimana gadgeteers, sudahkah kamu mengecek apakah akun milikmu aman dari kebobolan data? Jika kamu mendapati ada layanan yang pernah kebobolan, segera lakukan penggantian password dan nyalakan fitur 2FA jika tersedia. Penulis menyarankanmu untuk membuat password berbeda di tiap akun yang kamu miliki. Jika dirimu merasa tidak bisa menghapal dengan baik, gunakanlah aplikasi password manager seperti LastPass atau 1Password. Beberapa peramban ternama seperti Chrome dan Mozilla Firefox juga memiliki password manager yang bisa kamu manfaatkan secara cuma-cuma.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?