Ini Dia 3 Hal Utama yang Membuat ASUS VivoBook S14 S433 Wajib Dimiliki Para Kawula Muda

ASUS seri VivoBook merupakan salah satu laptop di pasar Indonesia yang cukup sukses. Laptop yang memiliki kekuatan di spesifikasi oke, harga bersaing, dan model yang lebih stylish tersebut menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat, terutama para pelajar, mahasiswa, hingga pengguna kantoran. Kali ini, ASUS kembali menghadirkan seri VivoBook terbaru yang bernama VivoBook S14 S433. Jika melihat dari namanya, maka jelas laptop ini merupakan sebuah seri VivoBook S penerus dari seri S430 yang diluncurkan pada 2019. Di antara semua laptop seri VivoBook, bisa dibilang seri VivoBook S merupakan produk paling premium dan hadir dengan fitur terbaik di kelasnya, termasuk VivoBook S14 S433 yang baru diluncurkan ini.

asus vivobook s14 s433

Beragam pembaruan bisa ditemukan pada ASUS VivoBook S14 S433 ini. Seperti penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-10, desain baru yang lebih elegan dengan aksen warna yang tajam serta minim dekorasi. Pada sisi belakang layar laptop ini, kita juga bisa menemukan kesederhanaan dengan ruang kosong tersedia yang cukup banyak. Hanya ada logo ASUS VivoBook di sisi kanan yang juga tidak terlalu mencolok. Apakah maksud dari desain tersebut?

Agar kamu tidak penasaran, penulis akan menjabarkan 3 hal utama yang membuat ASUS VivoBook S14 S433 wajib dimiliki para generasi muda di bawah ini.


Desain modern untuk mendorong kawula muda mengekspresikan kreasi mereka

Sama seperti pendahulunya, ASUS VivoBook S14 S433 dirancang khusus untuk para kawula muda. Maka dari itu, laptop ini hadir dengan desain modern dengan konstruksi bodi yang sangat tipis dan ringan di kelasnya. Secara keseluruhan, laptop ini memiliki bobot 1,4 kg dengan ketebalan hanya 15,9 mm. Dengan dimensi tersebut, tentunya sangat menunjang mobilitas para kawula muda, baik pelajar, mahasiswa, maupun eksekutif muda yang seringkali membutuhkan perangkat kerja yang mudah untuk dibawa ke mana saja. Tidak hanya itu, laptop ini juga memiliki ukuran yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop berlayar 14 inci lainnya. Hal ini berkat penggunaan teknologi NanoEdge Display yang mampu menghadirkan bezel di sekeliling layar menjadi sangat tipis. Hasilnya, screen-to-body ratio yang dimiliki oleh layar laptop ini menjadi lebih besar hingga 85% dan ukuran bodi keseluruhan pun menjadi lebih ringkas. Tidak hanya itu, teknologi ekslusif NanoEdge Display ini juga membuat layar tampak menjadi lebih lega sehingga kamu bisa menikmati konten yang disajikan secara lebih imersif.

asus vivobook s14 s433

Jika kamu seorang content creator, desainer, ataupun fotografer, kemungkinan besar kamu juga akan menyukai layar dari ASUS VivoBook S14 S433. Selain resolusinya yang cukup tinggi, yakni Full HD 1.920 x 1.080, layar tersebut juga telah mampu mereproduksi warna pada color space sRGB hingga 100%. Dengan kata lain, warna yang akan ditampilkan pada layar laptop ini akan akurat dan sama dengan warna yang akan keluar pada perangkat cetak yang kamu gunakan. Penggunaan panel IPS juga membuat layar pada laptop ini memiliki sudut pandang yang cukup lebar, yaitu hingga 178 derajat.

Seperti yang penulis sudah sebutkan sebelumnya, ASUS VivoBook S14 S433 memiliki desain baru yang lebih elegan dengan aksen warna yang tajam serta minim dekorasi. Hal ini tercermin dari opsi warna yang diberikan dapat dicocokan dengan kepribadian masing-masing penggunanya. Jika kamu memiliki kepribadian yang berani dan tegas, kamu bisa memilih varian warna Gaia Green atau Resolute Red. Sedangkan buat kamu yang lebih menyukai warna yang terlihat elegan dan kalem, bisa memilih varian warna Dreamy White atau Indie Black. Dengan banyaknya pilihan warna, kamu bisa menyesuaikan selera dengan tampilan laptop sehingga ASUS VivoBook S14 S433 yang kamu miliki akan terasa lebih personal.

asus vivobook s14 s433

Masih ingat dengan kata-kata penulis yang bilang jika ASUS VivoBook S14 S433 memiliki sisi belakang yang terlihat sangat sederhana dengan ruang kosong yang lapang serta hanya terdapat logo ASUS VivoBook di sisi kanan yang tidak terlalu mencolok? Ternyata hal tersebut merupakan sebuah kesengajaan lho. ASUS memberikan ruang kosong atau dalam istilah desain biasa disebut negative space dengan tujuan agar kamu para kawula muda bisa mempersonalisasi laptop ini lebih jauh sesuai dengan ekspresimu. Maksudnya apa nih?

Negative space yang diberikan oleh ASUS pada VivoBook S14 S433 ternyata dapat dimanfaatkan untuk menempelkan berbagai macam stiker. Hal ini memang sangat lumrah, ketika dahulu penulis kuliah pun, penulis gemar untuk menempelkan stiker pada laptop milik penulis. Bahkan hingga saat ini, banyak teman penulis, terutama para desainer grafis dan videografer, melakukan personalisasi laptop milik mereka dengan menempelkan beragam stiker. Untuk menunjang hobi kawula muda tersebut, ASUS bahkan memberikan beberapa stiker dengan desain ekslusif di paket penjualannya. Di desain oleh desainer kenamaan asal Jakarta, yakni Muklay, stiker tersebut hanya bisa didapatkan dengan membeli ASUS VivoBook S14 S433. Dengan stiker tersebut, kamu bisa membuat laptop VivoBook milikmu tampil semakin beda.

stiker didesain oleh muklay untuk asus


Fitur premium dengan konektivitas terbaik

Sebagai seri dari VivoBook tertinggi, ASUS VivoBook S14 S433 yang merupakan laptop modern telah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik di kelasnya. Salah satunya adalah keberadaan pemindai sidik jari atau fingerprint. Fitur yang biasanya hadir pada laptop kelas bisnis ini bisa memudahkan kamu para kawula muda untuk mengakses Windows ketika laptop terkunci. Tidak hanya itu, pemindai sidik jari tersebut juga sudah terintegrasi dengan Windows Hello, yang merupakan sebuah fitur yang memudahkanmu untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. Selain kamu bisa login lebih cepat dan praktis, fitur ini juga membuat laptop milikmu menjadi aman karena tidak sembarang orang bisa mengaksesnya.

fingerprint asus vivobook s14 s433

Di sektor audio, ASUS VivoBook S14 S433 dilengkapi dengan fitur audio premium bersertifikasi harman/kardon. Fitur ini membuatnya memiliki kualitas audio terbaik untuk laptop di kelasnya.  Hal ini sangat penting, mengingat laptop ini merupakan sebuah perangkat yang menyasar kawula muda. Di mana para generasi Z dan Y saat ini sangat menyukai konten hiburan seperti musik, video musik, maupun film. Dengan keberadaan fitur audio premium tersebut, pengalaman menikmati hiburan akan semakin menyenangkan.

Berbicara soal konektivitas, ASUS VivoBook S14 S433 juga telah dilengkapi dengan beragam konektivitas modern terkini yang membuatnya berbeda dari laptop di kelasnya. Sebut saja WiFi 6 yang akan menjadi standar baru dalam teknologi komunikasi data nirkabel. WiFi generasi terbaru tersebut tersedia di laptop ini berkat penggunaan modul WiFi 802.11ax. Berbeda dengan generasi sebelumnya, WiFi 6 menjanjikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi hingga tiga kali lipat, kapasitas jaringan hingga empat kali lipat lebih banyak, serta latency yang lebih rendah hingga 75%.

konektivitas asus vivobook s14 s433
konektivitas asus vivobook s14 s433

Bagaimana dengan konektivitas lainnya yang ada di ASUS VivoBook S14 S433? Tenang saja, laptop ini sudah dilengkapi dengan beragam port yang tentunya bisa memenuhi kebutuhanmu kok! Bisa dilihat pada foto di atas, di sisi kiri kamu bisa menemukan sebuah DC-IN untuk pengisian daya perangkat, sebuah HDMI untuk mengoneksikannya dengan perangkat lain seperti proyektor atau televisi, sebuah USB 3.2 Type-A yang bisa dihubungkan ke berbagai perangkat dengan kecepatan transfer data yang kencang, sebuah USB 3.2 Type-C yang saat ini sedang menjadi tren untuk mengoneksikan ke perangkat mobile lainnya, baik untuk pengisian daya cepat ataupun untuk transfer daya yang kencang, serta audio combo jack 3,5 mm untuk mengoneksikan headset. Beralih ke sisi kanan, kamu bisa menemukan dua buah USB 2.0 Type-A yang bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan perangkat mouse ataupun keyboard tambahan, serta sebuah card reader yang bisa membaca kartu memori berjenis microSD.

Performa hebat untuk segala aktivitas

Seperti yang penulis sudah sebutkan di awal artikel, ASUS VivoBook S14 S433 ini sudah menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-10 terbaru. Varian yang penulis coba kali ini menggunakan prosesor Intel Core i5-1021U yang memiliki konfigurasi empat inti dan delapan threads. Prosesor terbaru dari Intel tersebut tidak hanya memiliki performa yang kencang, namun juga dengan penggunaan daya yang lebih hemat. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menggunakan software penguji Cinebench R20 dan PCMark 10, laptop ini menghasilkan skor yang cukup tinggi dan tentunya dari hasil tersebut memperlihatkan jika VivoBook S14 S433 siap memberikan performa hebat untuk segala aktivitas yang dilakukan oleh para kawula muda. Mulai dari mengerjakan berbagai dokumen, mengolah foto dan gambar, mengolah video, hingga menikmati konten hiburan serta bermain game kasual. Khusus untuk poin terakhir, hal ini ditunjang oleh penggunaan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 yang memiliki performa cukup kencang untuk bermain game kelas esport seperti DOTA 2 atau CSGO.

benchmark asus vivobook s14 s433

benchmark asus vivobook s14 s433

benchmark asus vivobook s14 s433

benchmark asus vivobook s14 s433

Ada hal lain yang menarik dari ASUS VivoBook S14 S433, yakni penggunaan media penyimpanan internal berjenis PCIe SSD dengan kapasitas 512 GB. Namun berbeda dengan laptop lain di kelasnya, VivoBook yang satu ini dilengkapi dengan SSD khusus dari Intel yang telah dilengkapi dengan Optane Memory berkapasitas 32 GB. Penggunaan Optane Memory yang merupakan teknologi ekslusif dari Intel tersebut, dapat memanfaatkan memori tambahan sebagai cache. Dan dengan adanya cache, SSD mampu mengakses data secara lebih cepat yang tentunya akan mempengaruhi pengalaman pengunaanmu menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, laptop ini juga masih menyediakan satu slot M.2. Artinya, kamu bisa menambah satu lagi media penyimpanan berjenis SSD M.2 jika SSD yang tersedia masih kurang memadai untuk memenuhi kebutuhanmu.

Pada sektor daya tahan baterai, ASUS VivoBook S14 S433 siap memberikan performa lebih untuk dapat menunjang beragam aktivitas kawula muda. Mengadopsi baterai 50 Whrs, di mana kapasitas baterai ini lebih besar jika dibandingkan dengan laptop sekelasnya, laptop ini mampu bertahan hingga 12 jam saat diuji menggunakan PCMark 10 Battery pada mode Modern Office. Hasil ini juga ditunjang oleh penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-10 yang terkenal hemat daya.

benchmark asus vivobook s14 s433
benchmark asus vivobook s14 s433

Kesimpulan

ASUS VivoBook S14 S433 terbukti tidak hanya sekadar sebuah laptop yang fokus pada penampilan dan gaya saja. Meskipun secara penampilan laptop ini ditujukan pada kawula muda, seperti dari aksen warnanya, keberadaan stiker ekslusif, serta desain modern, namun laptop ini juga bisa digunakan oleh beragam segmen masyarakat umum. Apalagi performa yang ditawarkan juga tidak main-main, cukup tinggi dan mampu menunjang berbagai aktivitas yang kamu lakukan. Mulai dari mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, mengolah file multimedia seperti gambar dan video, hingga bermain game secara kasual.  Dengan banderol harga resmi Rp13.999.000 untuk varian Intel Core i5-10210U seperti yang penulis coba, atau varian Intel Core i7-10510U seharga Rp15.999.000 untuk kamu yang membutuhkan performa lebih, VivoBook S14 S433 yang memiliki daya tahan baterai hingga 12 jam ini siap untuk menunjang beragam aktivitasmu dengan penampilan yang lebih gaya.

tampilan depan asus vivobook s14 s433

Satu hal yang perlu kamu ketahui, ASUS VivoBook S14 S433 juga telah dilindungi oleh garansi istimewa bernama ASUS Perfect Warranty. Layanan ini merupakan wujud kepedulian dari ASUS kepada para pengguna setianya di Indonesia. Dengan ASUS Perfect Warranty, kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada laptop mereka yang disebabkan oleh kelalaian pribadi, seperti laptop terjatuh, layar yang pecah, hingga tersiram oleh air. Jika kamu masih dalam masa garansi dan mereparasinya di ASUS Service Center, maka kamu cukup membayar 20% dari total tagihan biaya perbaikan. Sisa 80% dari tagihan tersebut akan ditanggung oleh pihak ASUS. Keren banget kan, gadgeteers! Tapi ingat ya, layanan ini hanya berlaku satu tahun masa garansi setelah tanggal pembelian dan hanya berlaku untuk satu kali klaim saja.

Spesfikasi teknis dari ASUS VivoBook S14 S433 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Main Spec. 

ASUS VivoBook S14 S433

CPU 

Intel® Core™ i7-10510U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.9 GHz) 

Intel® Core™ i5-10210U Quad Core Processor (6M Cache, up to 4.2 GHz) 

Operating System 

Windows 10 

Memory 

8 GB DDR4 RAM 

Storage 

512 GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD with 32 GB Intel® Optane™ Memory 

Display 

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) NanoEdge Display, 100% sRGB 

Graphics 

NVIDIA GeForce MX250 with 2 GB GDDR5 VRAM 

Integrated Intel HD Graphics 520 

Input/Output 

1x USB 3.2 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, HDMI, Audio Jack, MicroSD card reader 

Camera 

720p HD camera 

Connectivity 

Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2 

Audio 

Built-in speaker, Built-in microphone, Audio by ICEpower®//harman/kardon (Mainstream) 

Battery 

50 WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion 

Dimension  

32.40 x 21.30 x 1.59 ~ 1.59 cm 

Weight 

1.4 kg with battery 

Colors 

Gaia Green, Resolute Red, Dreamy White, Indie Black 

Warranty 

2 tahun garansi global 




Komentar

  1. Kayaknya yang merah menyala itu cocok deh buat aku yang selalu ingin gembira. Apalagi main spec yang kencang wajib punya ini laptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sih suka warna hijaunya mas, kalem tapi elegan

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?