Google Photos Dapatkan Penyegaran Tampilan

Google Photos dapatkan penyegaran tampilan mulai hari ini. Aplikasi penyimpanan foto yang menjadi album foto standar di sebagian ponsel Android tersebut sudah berumur lima tahun. Selama lima tahun tersebut, tentunya cara pengguna meyimpan dan melihat kembali foto juga sudah berubah. Maka dari itu, Google memberikan beberapa update pada tampilan aplikasi ini guna menyesuaikan dengan kebiasaan para pengguna saat ini.

desain baru google photos
Gambar dari blog.google.


Jika sebelumnya Google Photos memiliki empat buah tabs, yakni Photos, Albums, For You, dan Sharing, maka di update terbaru ini disederhanakan menjadi tiga saja menjadi Photos, Search, dan Library. Pada tab Photos, foto milikmu akan tampil dengan thumbnail yang lebih besar, jarak antar foto yang lebih sempit, serta video yang akan ditampilkan bergerak secara otomatis. Pada sisi atas di tab ini, terdapat sebuah carousel bernama Memories di mana berisikan kumpulan foto dari beberapa momen pentingnya dari beberapa tahun ke belakang. Kemungkinkan carousel ini akan menampilkan foto yang dikumpulkan sesuai dengan tanggal serta lokasi pengambilan foto. Selain itu, kumpulan foto yang sudah dipersonalisasi seperti movies, collages, animations, dan stylized photos yang sebelumnya dapat ditemui pada For You juga dipindahkan ke dalam carousel Memories ini.

tab baru google photos
Gambar bergerak dari blog.google.

Berlanjut ke tab Search, di mana kamu bisa menemukan sebuah peta interaktif yang dapat menampilkan kenangan yang kamu miliki. Cara kerjanya adalah peta ini mengumpulkan data lokasi dan waktu yang didapatkan dari foto yang kamu pernah ambil. Kamu dapat mencari sebuah foto dengan cara mencubit layar dan melakukan zoom pada peta atau kamu juga bisa melihat peta tersebut bergerak secara otomatis ketika kamu melakukan scrolling pada album foto.

map google photos
Gambar bergerak dari blog.google.

Tab terakhir, yakni Library, berisikan elemen-elemen penting dari sebuah galeri foto, seperti misalnya Album, Arsip, dan juga Favorit. Kamu juga bisa menemukan folder Sampah, yakni sebuah folder yang berfungsi sebagai tempat penampungan sementara foto ataupun video yang ingin kamu hapus sebelum benar-benar dihapus dari galeri milikmu. Jika kamu berdomisili di Amerika Serikat dan Eropa, kamu juga bisa menemukan Print Store pada tab ini di mana kamu bisa memesan produk yang dapat dicetak dengan gambar foto milikmu.

Baca juga: Ini Dia Fitur-Fitur Baru yang Hadir di iOS 14

Tidak hanya penyegaran tampilan di dalam aplikasi, Google Photos juga mendapatkan penyegaran logo. Masih sama-sama berbentuk kincir angin, namun kali ini logo tersebut lebih terlihat sederhana dan modern. Meskipun menurut pendapat penulis, logo ini jadi lebih menyerupai kipas angin dibandingkan kincir angin.

logo google photos
Gambar bergerak dari blog.google.

Update untuk penyegaran tampilan Google Photos ini sudah bisa kamu dapatkan hanya dengan melakukan update aplikasi Google Photos di ponsel milikmu. Jika belum tersedia, mungkin kamu harus menunggunya selama beberapa waktu ke depan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?