Ini Dia Fitur-Fitur Baru yang Hadir di iOS 14

Apple baru saja memperkenalkan iOS 14, sistem operasi terbaru untuk perangkat iPhone mereka. Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, update tersebut membawa sejumlah fitur baru yang bisa meningkatkan pengalaman para pengguna. Sebut saja widgets pada home screen, App Library, notifikasi panggilan telepon yang lebih sederhana, hingga modus Picture in Picture. Terasa tidak asing di telinga? Sejalan dengan omongan para warganet, terutama di linimasa Twitter, memang fitur-fitur tersebut pastinya familiar bagi para pengguna Android dan Windows Mobile yang sudah almarhum.

tampilan ios 14
Gambar dari apple.com.

Namun bukan Apple namanya jika tidak secara cerdas memodifikasi dan mempresentasikannya sebagai sesuatu yang baru kepada para pecinta teknologi. Fitur widgets pada home screen yang ramai diolok-olok oleh para warganet tersebut bernama Smart Stack. Widgets dapat digeser dari halaman Today dan dapat di-pinned dalam beragam ukuran. Fitur ini juga dapat membuat widgets secara pintar disesuaikan dengan waktu, lokasi, dan aktivitas dari pengguna. Tiap halaman home screen dapat menampilkan widgets yang dikostumisasikan untuk kerja, jalan-jalan, olahraga, dan lainnya. Halaman Today di mana menjadi "rumah" dari widgets tersebut juga mendapatkan desain yang baru. Kamu juga bisa menemukan galeri widgets yang berisikan beragam widgets baru dari aplikasi dan melakukan kostumisasi widgets tersebut.

smart stack ios 14
Gambar dari macrumors.com.

Pada akhirnya, sekarang kamu bisa menikmati app drawer yang biasa kamu temukan pada perangkat Android di iPhone milikmu. Apple melabelinya dengan nama App Library, di mana pada halaman ini kamu bisa melihat semua aplikasi yang terpasang pada iPhone milikmu. Aplikasi-aplikasi tersebut terorganisir ke dalam sistem folder, namun terdapat juga folder yang dibuat oleh Apple seperti folder Suggestions dan Apple Arcade. Jika kamu mengunduh sebuah aplikasi baru, nantinya kamu dapat memilih apakah aplikasi tersebut akan ditambahkan ke dalam home screen ataupun tetap disimpan ke dalam App Library untuk membuat home screen milikmu terasa lebih bersih. Menurut pendapat pribadi penulis, hal ini merupakan sebuah peningkatan yang sangat baik, di mana penulis pribadi lebih menyukai home screen yang lebih terlihat bersih dari aplikasi ataupun widgets agar wallpaper yang terpasang menjadi latar belakang terlihat lebih jelas dan cantik.

app library ios 14
Gambar dari macrumors.com.

Merasa sebal karena tiap ada panggilan telepon masuk, layar kamu akan tertutupi dengan layar panggilan masuk? Tenang saja, Apple sudah punya solusi untuk hal tersebut di iOS 14 ini. Tiap ada panggilan telepon yang masuk, termasuk dari FaceTime ataupun panggilan VoIP serta aktivasi Siri, kamu hanya akan mendapatkan sebuah notifikasi sederhana yang terletak di sisi atas pada layar iPhone milikmu. Sedangkan untuk aktivasi Siri, nantinya akan ditunjukan dengan sebuah icon Siri beranimasi dalam ukuran kecil yang muncul di sisi bawah layar.

notifikasi siri ios 14
Gambar dari macrumors.com.

Suka menonton video sambil melakukan panggilan FaceTime ataupun scrolling linimasa media sosial? Apple mengakomodir kebutuhan kamu tersebut dengan menyematkan modus Picture in Picture. Nantinya video yang sedang kamu tonton ataupun layar panggilan FaceTime dapat ditampilkan dalam sebuah icon kecil yang dapat dipindah-pindah posisinya sesuka hatimu.

Selanjutnya, Apple juga menambahkan fitur baru pada iOS 14 bernama App Clips. Mereka mendeskripsikan fitur ini sebagai bagian kecil dari pengalaman menggunakan aplikasi, di mana pengguna bisa memanfaatkan sebuah fitur dari sebuah aplikasi tanpa harus mengunduh dan memasang aplikasi tersebut. Fitur ini dapat berjalan ketika mengguna memindai kode App Clips yang didesain oleh Apple, NFC tags, ataupun kode QR. Kode tersebut juga bisa dibagikan melalui Messages ataupun Safari.

apple app clips
Gambar dari macrumors.com.

Ngomongin soal Messages, ternyata Apple juga memodifikasi aplikasi berkirim pesan ini. Di iOS 14, kamu bisa melakukan pin untuk percakapan penting yang nantinya akan berada selalu di posisi paling atas. Untuk melakukan pin tersebut, kamu hanya tinggal menyapu percakapan ke arah kanan. Selain itu, terdapat juga inline replies di mana fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membalas sebuah pesan spesifik yang ada di sebuah percakapan.

Fitur @mention pada akhirnya juga diperkenalkan pada percakapan grup di Messages ini. Nantinya kamu bisa melakukan mute pada sebuah percakapan grup, namun tetap mendapatkan notifikasi jika ada yang melakukan mention kepadamu di grup tersebut. Selain itu, foto percakapan grup juga dapat dikostumisasi menggunakan sebuah gambar ataupun emoji. Sebuah icon di atas sebuah percakapan juga dihadirkan untuk kemudahan identifikasi siapa yang terakhir mengirimkan pesan di grup tersebut.

messages app iphone
Gambar dari macrumors.com.

Satu fitur yang menurut penulis sangat fungsional dari iOS 14 adalah kunci mobil digital. Ya, nantinya kamu bisa membuka ataupun mengunci mobil hanya dengan menggunakan iPhone milikmu. Tidak hanya itu, Apple juga menyertakan dukungan membuka serta membuka kunci pintu dengan Apple Watch. Rencananya, di tahun depan bahkan kamu bisa membuka kunci mobil tanpa perlu mengeluarkan iPhone dari kantong dengan bantuan chip U1. Fitur ini sangat berguna sekali bukan? Namun sayangnya, sementara ini baru beberapa tipe mobil saja yang bisa memanfaatkannya. Namun ke depannya, tentu akan semakin banyak mobil yang bisa terintegrasi dengan fitur ini.

ios 14 digital car keys
Gambar dari macrumors.com.

Itulah fitur-fitur baru yang hadir di iOS 14 dari Apple. Sebenarnya masih ada lagi beberapa fitur lainnya seperti update untuk CarPlay, update uintuk Home app, serta beberapa fitur dan fungsi lainnya. Namun menurut penulis, hal-hal yang sudah dijabarkan dalam artikel ini sudah mencakup keseluruhan fitur-fitur penting yang dapat kamu nikmati saat update iOS 14 ini meluncur ke iPhone milikmu. Pertanyaan selanjutnya, iPhone tipe mana sajakah yang akan mendapatkan update sistem operasi terbaru ini? Jawabannya ada di bawah ini:
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11
  • iPhone SE (2020)
  • iPhone XS Max
  • iPhone XS
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone 6s
  • iPhone SE (2016)
  • iPod touch generasi ke-7
Melihat daftar penerima update iOS 14, membuat penulis percaya jika Apple benar-benar memanjakan konsumennya. iPhone yang sudah berumur empat tahun seperti iPhone 6s, 6s Plus, dan SE (2016) saja masih mendapatkan major update seperti ini. Meskipun mungkin secara performa tidak akan terlalu maksimal mengingat spesifikasi teknis yang dimiliki oleh perangkat tersebut juga sudah mulai uzur. Namun tetap saja, hal dasar seperti ini sangat baik jika ditiru oleh para produsen ponsel Android lainnya.


Bagaimana gadgeteers, fitur apa yang menurutmu paling menarik dari update iOS 14 ini? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!