Cara Mengatasi OEM Unlocking Terkunci pada Google Pixel XL

Salah satu keunikan dari sebuah ponsel pintar Android adalah kebebasan untuk memodifikasi oleh penggunanya. Tidak jarang, pengguna ponsel Android suka untuk mengotak-ngatik perangkat miliknya, baik itu mengubah tampilan antarmuka, membuka akses root, hingga mengganti firmware bawaaan menjadi custom ROM. Salah satu ponsel Android yang menjadi primadona bagi para pengguna yang gemar memodifikasi adalah Google Pixel XL.

pixel xl


Ponsel pertama dari seri Pixel yang dibuat oleh HTC ini memang masih cukup memikat. Hadir dengan spesifikasi kelas flagship di zamannya, seperti chipset Qualcomm Snapdragon 821, memori RAM sebesar 4 GB dan memori internal seluas 128 GB, serta kamera belakang 12 megapiksel yang hingga saat ini masih sangat mumpuni. Penulis sendiri masih menggunakan ponsel ini sebagai ponsel kedua untuk penggunaan foto-foto dan media sosial.

Sayangnya, Google sudah menghentikan dukungan pemuktahiran secara resmi untuk Pixel XL. Terakhir ponsel ini mendapatkan update adalah patch keamanan untuk Android 10 bulan Desember 2019. Meskipun hal ini cukup dimaklumi, mengingat pertama kali keluar perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat di tahun 2016. Maka dari itu, penulis memutuskan untuk menggunakan custom ROM agar perangkat milik penulis tetap mendapatkan update terkini hingga perangkat ini rusak ataupun tidak bisa digunakan lagi.

Langkah awal agar dapat memodifikasi ponsel Android adalah dengan melakukan unlock bootloader. Untuk dapat melakukan hal tersebut, penulis harus membuka akses OEM Unlocking yang terdapat pada pengaturan opsi pengembang (Developer Options). Namun sialnya, akses OEM Unlocking terkunci pada Google Pixel XL milik penulis terkunci, sehingga penulis tidak bisa menyalakan opsi tersebut dan tidak bisa melakukan unlock bootloader.

oem unlocking google pixel xl


Selidik punya selidik, unit ponsel milik penulis memiliki nomor seri G-2PW2100, yang di mana unit ini dipasarkan di Amerika Serikat. Kabar buruknya, mayoritas unit dari Amerika Serikat dipasarkan oleh Verizon, yakni salah satu operator telekomunikasi terbesar di negeri paman Sam tersebut. Sudah menjadi rahasia umum, ponsel Android yang dipasarkan oleh operator tersebut dijual dalam keadaan terkunci dan sulit untuk dimodifikasi. Sehingga, kemungkinan besar inilah penyebab menu OEM Unlocking yang terkunci pada Google Pixel XL milik penulis.

Namun penulis tidak menyerah, setelah mencari sana-sini, penulis pun menemukan sebuah cara mengatasi OEM Unlocking terkunci pada Google Pixel XL. Cara ini dibagikan di forum XDA Developers oleh pengguna bernama burdulli. Pengguna tersebut mengklaim, bahwa cara ini bisa diaplikasikan untuk perangkat Google Pixel dan Pixel XL. Penulis sudah mencoba melakukannya di ponsel milik penulis, dan ternyata berhasil. Buat kalian pengguna Google Pixel atau Pixel XL yang memiliki masalah yang sama, bisa dicoba dengan langkah-langkah berikut:

  1. Hapus akun Google dari perangkat serta matikan fungsi kunci layar.
  2. Keluarkan kartu SIM dari perangkat.
  3. Lakukan Factory Reset perangkat.
  4. Ketika masuk ke sistem pertama kali, lewati semua langkah awal dan jangan hubungkan perangkat ke internet.
  5. Buka Opsi Developer (Developer Option) pada menu Pengaturan, nyalakan opsi USB Debugging.
  6. Sambungkan perangkat dengan PC/laptop.
  7. Bukalah command prompt/CMD di folder adb yang ada di PC/laptop, lalu ketik: adb shell pm uninstall --user 0 com.android.phone.
  8. Restart perangkat milikmu.
  9. Setelah masuk ke sistem, nyalakanlah konektivitas WiFi, lalu bukalah sebuah situs pada browser Chrome (disarankan google.com).
  10. Buka Opsi Developer (Developer Option) pada menu Pengaturan, seharusnya menu OEM Unlocking tersebut sudah terbuka dan kamu bisa menyalakannya.
  11. Jika sudah bisa dinyalakan, lakukan reboot pada perangkat milikmu ke modus fastboot.
  12. Ketika sudah masuk fastboot, ketiklah: fastboot oem unlock atau fastboot flashing unlock.
  13. Jika berhasil, maka perangkatmu statusnya sudah unlock bootloader dan kamu bebas untuk memodifikasinya sesuka hati.

Ingat ya gadgeteers, lakukanlah langkah-langkah di atas dengan menanggung risiko sendiri. Penulis tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan seperti brick, bootloop of death, ataupun kerusakan sistem lainnya pada perangkat milikmu. Sebab dari pengalaman penulis mencoba cara di atas, penulis langsung berhasil untuk membuka OEM Unlocking yang terkunci dan setelah itu juga bisa melakukan unlock bootloader secara lancar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?