Langsung ke konten utama

Qualcomm Perkenalkan Quick Charge 5: Siap Mengisi Daya hingga 50% dalam 5 Menit

Qualcomm kembali mengeluarkan inovasi dalam bidang pengisian daya dengan memperkenalkan Quick Charge 5. Metode pengisian daya ini diklaim memiliki kecepatan 10 kali lipat lebih kencang dibandingkan dengan Quick Charge generasi pertama. Hal ini merupakan lompatan yang sangat besar, di mana versi sebelumnya, yakni Quick Charge 4, hanya memiliki kecepatan 2,5 kali lipat. Tidak hanya itu, pengisian daya cepat terbaru ini juga memiliki suhu operasional yang lebih rendah dan efisien.

quick charge
Gambar dari qualcomm.com.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Qualcomm, untuk mengisi daya dari 0 hingga 50% pada perangkat dengan baterai berdaya 4.500 mAh, hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Untuk mengisi daya hingga 100%, pengguna cukup menunggu hingga 15 menit. Untuk perangkat pengisian dayanya sendiri, charger Quick Charge 5 membutuhkan dukungan voltase output minimal antara 3,3 dan 20 Volt, dengan arus 3,3 atau 5 Ampere.

Quick Charge 5 dibuat berdasarkan USB Power Delivery PPS, namun tetap memiliki kompatibilitas ke belakang dengan Quick Charge 2 dan setelahnya. Selain itu, pengisian daya cepat terbaru ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya dengan standar USB Power Delivery serta perangkat Apple, mulai dari iPhone 7 ke atas. Qualcomm mengklaim, sistem yang mereka kembangkan ini memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dari Power Delivery standar. Di dalamnya, terdapat proteksi voltase 8 tingkat, proteksi arus 3 tingkat, proteksi suhu 3 tingkat, proteksi timer 3 tingkat, serta proteksi voltase berlebih hingga 25 V.


Qualcomm merencanakan charger Quick Charge 5 sudah bisa beredar di smartphone pada kuartal ketiga tahun ini. Akan ada dua controller chip yang bisa digunakan oleh para manufaktur, yakni SMB1396 dan MSB1398. Keduanya mendukung pengisian daya cepat menggunakan kabel maupun nirkabel, serta juga dapat digunakan untuk mengisi baterai dengan 1 cell ataupun 2 cell. Khusus baterai 1 cell, modus pengisian dayanya akan dibatasi hanya hingga 45 W saja. Sebagai informasi, chipset Qualcomm 865 dan 865+ sebenarnya sudah mendukung Quick Charge 5, hanya saja perangkat yang menggunakan chipset tersebut belum tentu mendukung, karena untuk memanfaatkan fitur ini harus menggunakan chip SMB terbaru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.